Tips Menurunkan Berat Badan
Cara Menurunkan Berat Badan - Selingkaran

Tips Menurunkan Berat Badan

Selingkaran.com – Banyak orang yang mengidam-idamkan memiliki tubuh yang ideal, jika wanita ingin tubuhnya ramping dan yang laki-laki ingin memiliki tubuh yang ideal dan berisi dengan penuh otot. Namun tak banyak juga yang ingin mendapatkan hal tersebut dengan serius, mereka hanya mengandalkan berbagai macam jenis ramuan yang konon dapat membuat bentuk tubuh secara ideal dalam waktu sekejap.

Apakah tercapai? mungkin untuk beberapa saat berat badan mereka turun, namun akan kembali lagi kebentuk semula, kenapa hal tersebut bisa terjadi? ini dikarenakan pola hidup yang kurang sehat, dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat layaknya junk food ditambah lagi tidak ada aktivitas tubuh yang berarti seperti Olahraga (Baca juga: Optimalkan Diet dengan Olahraga).

Hal ini pasti terjadi karena tubuh tidak mengalami pembakaran lemak yang berarti, jika anda mengkonsumsi banyak karbohidrat secara berlebihan dan tanpa ada pembakaran lemak, sudah bisa dipastikan tubuh akan terus menumpuk lemak, karena karbo yang sebenarnya digunakan untuk energi tubuh namun tidak digunakan.

Sumber karbohidrat tinggi yakni antara lainnya dari Nasi, Makanan/Minuman manis dan juga Asin, oleh sebab itu jika anda ingin menurunkan berat badan anda harus mengurangi konsumsi makanan/minuman seperti yang disebutkan diatas, dan anda juga dapat melakukan hal-hal berikut ini.

Tips Menurunkan Berat Badan

1. Diet Secara Konsisten

Diet

Untuk bisa menurunkan berat badan memang seharusnya kita mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kalori, karena kalori inilah yang membuat tubuh kita selalu meumpuk lemak, apalagi jika kalori dalam tubuh selalu berlebih dalam artian tidak pernah dibakar sama sekali. Makanan tinggi kalori banyak terkandung didalam Nasi Putih, Gorengan, Makanan Asin, dan juga Makanan Manis serta Minuman manis.

Nasi putih memiliki indeks gilemix yang cukup tinggi, sehingga kurang baik jika dikonsumsi dengan porsi yang cukup besar, oleh sebab itu banyak orang berdiet yang beraling mengkonsumsi Nasi Merah, sudah tau apa itu Nasi Merah? baca dulu Manfaat Nasi Merah.

Selaing menggantinya dengan Nasi Merah, anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, sepertihalnya sayuran, namun sayuran ini juga sebaiknya tidak dicampur dengan apa-apa seperti gula dan garam. Ini biasanya di namakan Diet Mayo.

Diet Mayo ini hanya mengkonsumsi, buah dan sayuran tanpa campuran gula dan juga garam, untuk sayuran diolahnya dengan cara direbus tanpa campuran apapu, jadi jika ditanya rasanya bagaimana? pastinya rasanya kurang sedap, namun Diet jenis ini diyakini mampu menurunkan berat badan secara cepat hingga 5-10kg dalam waktu 1-2 minggu, namun anda harus benar-benar menghilangkan  gula & garam selama berdiet ini.

Tak usah kawatir sakit, hal ini malah justru menyehatkan tubuh kita, karena kita menyerap kandungan alami yang ada pada sayur dan buah, serta kesehatan usus lebih terjaga karena serat yang dikandung dalam sayuran cukup tinggi.

2. Olahraga yang Konsisten

Olahraga Lompat Tali - Selingkaran

Olahraga

Jika anda ingin memiliki tubuh ideal tapi tak ingin kerja keras, sebaiknya jangan membaca artikel ini, karena pada dasarnya untuk mendapatkan tubuh yang ideal anda harus melakukan hal yang cukup berat. Bagaimana tidak, untuk menggemukan badan anda memang melakukan hal yang begitu enak, mulai dari makan yang enak, tidur yang enak sampai-sampai tak melakukan hal apapun dan hanya beraktifitas di atas tempat tidur aja.

Ya, untuk menurunkan berat badan secara maksimal anda harus melakukan olah fisik yakni olahraga, olahraga macam apa? ya pastinya olahraga yang banyak membakar kalori, olahraga apapun sebenarnya dapat membakar kalori namun terkadang ada juga olahraga yang khusus untuk membentuk otot tubuh.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya olahraga yang dilakukan adalah kardio, olahraga ini diantaranya adalah Lari, berenang, senam dan masih banyak lagi. Tapi, biasanya yang paling mudah dilakukan adalah berlari, olahraga yang satu ini memang cukup efektif untuk menurunkan berat badan, anda dapat melakukannya di pagi hari dan juga siang hari.

Tapi jika anda memang ingin memboost penurunan berat badan, anda dapat melakukannya dengan lari di siang hari, antara jam 1-3 siang hari, disini tubuh sedang aktif-aktifnya mengolah energi yang ada didalam tubuh.

3. Lancarkan Metabolisme

Cairan Pada Tubuh

Banyak orang yang berfikiran, aku cuma makan 1 kali sehari kok tidak kurus-kurus, sedangkan dia makan 3 kali sehari degan porsi besar juga tidak gemuk gemuk. Pada dasarnya ada 2 perbedaan antara kedua orang ini, yup metebolisme mereka berdua berbeda.

Jika dibedakan, maka metabolisme yang sangat baik atau sangat bekerja akan lebih mudah mengolah kalori yang ada pada tubuh manusi sebagai energi, walaupun mereka tidak banyak beraktifitas. Dan bagi yang memiliki metabolisme tubuh buruk, makanan sedikit apapun akan sulit diolah menjadi energi. Ibarat mesin, metabolisme yang buruk ini adalah mesin yang kurang produktif.

Untuk memperbaikinya bagaimana? konsumsi makanan sehat diimbangi dengan olahraga rutin setiap hari minimal 30menit/hari. Dan rasakan bedanya setelah beberapa bulan.

Jika ingin mendapatkan tubuh ideal, ya usaha dong.. jangan percaya dengan ramuan-ramuan yang beredar dipasaran, bukan sehat yang didapat malah sakit nanti yang hadir. Jika dibandingkan kan sudah jelas mana yang lebih sehat? jika dalam 2 bulan tubuh tidak ada perubahan, terus lakukan rutin hingga 1 tahun dan jangan bosen, pasti anda akan sukses.

Biasanya sih, tubuh mulai terlihat hasilnya dalam waktu 5 bulan, namun ada yang lebih cepat dan juga lambat.

Baca Juga :

Optimalkan Diet dengan Olahraga

Cara Menunrunkan Berat Badan dengan Cepat

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook