Cara Mempartisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang

Partisi hardisk merupakan cara yang dilakukan untuk membagi hardisk pada PC agar pengelolaan data dapat menjadi lebih efektif. Cara mempartisi hardisk windows 10 harus dilakukan dengan hati-hati, agar semua data yang ada pada PC tetap aman. Hal ini dikarenakan jika terdapat kekeliruan dan kesalahan dalam mempartisi hardisk, maka semua data akan hilang.

Partisi pada sebuah PC berarti memberikan ruang-ruang untuk diisi dengan data. Jumlah partisi yang akan dilakukan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika jumlahnya berlebih, maka akan membuat windows menjadi lebih lemot saat digunakan. Berikut cara mempartisi hardisk windows 10 tanpa install ulang, diantaranya :

Bacaan Lainnya

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Tiktok Lemot dan Tips Mudah Mengatasinya

1. Klik Start

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengklik start atau logo windows yang berada di bagian pojok bawah pada layar PC.  Kemudian memilih dan mengklik control panel, sehingga halaman tersebut terbuka. Setelah halaman terbuka, pengguna harus mencari system dan security. Klik pada bagian yang telah dicari tersebut.

2. Pilih Administrative Tools

Administrative tools digunakan untuk membuat halaman baru. Kemudian dapat mencari pilihan computer management. Setelah ketemu, dapat diklik dua kali pada bagian tersebut. Selanjutnya memilih disk management pada bagian panel yang berada disebelah kiri layar PC. Disk management menjadi bagian dari storage untuk melanjutkan sebagai cara mempartisi hardisk windows 10.

3. Pilih New Simple Volume

Untuk memilih new simple volume dapat dilakukan dengan mengklik kanan bagian yang tidak terisi hardisk. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, maka dapat memilih new simple volume. Setelah mengklik bagian tersebut, new simple volume wizard terbuka dan hanya perlu mengklik next untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Ukuran volume yang dapat digunakan yaitu MB. Pengguna tidak dapat memilih ukuran volume GB, karena penggunaan ukuran volume GB tidak memungkinkan dan terlalu besar. Ukuran juga dapat dipilih sesuai dengan default maksimum yang tersedia di PC. Setelah ukuran dipilih, maka dapat mengklik next.

4. Pilih Huruf

Cara mempartisi hardisk windows 10 selanjutnya adalah dengan memilih huruf. Huruf yang dipilih dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Namun, huruf yang dipilih tidak boleh huruf yang telah digunakan sebelumnya. Huruf dapat dipilih dengan mencari pada drive default yang telah tersedia. Setelah memilih huruf yang sesuai, dapat mengklik next.

5. Mengisi Dialog Partition Format

Setelah menentukan huruf yang akan digunakan dan mengklik next, selanjutnya akan muncul partition format. Pengguna dapat memilih salah satunya dengan mengisi dibagian dialog partition format. Pengguna yang akan melakukan format volume menggunakan pengaturan default, maka dapat dilakukan dengan mengklik next. Namun, jika tidak akan melakukan format, maka dapat memilih Do Not Format This Volume untuk kemudian mengklik next.

Setelah semua selesai, cara mempartisi hardisk windows 10 adalah dengan memeriksa ulang semua pilihan yang telah dibuat. Pilihan tersebut berupa nama alamat, huruf, ukuran dan format volume. Jika dirasa sudah yakin dengan apa yang dipilih, maka dapat langsung mengklik finish. Dengan demikian, semua cara telah dilakukan dan partisi hardisk windows 10 telah selesai serta siap digunakan.

Itulah beberapa cara mempartisi hardisk windows 10 yang dapat dilakukan tanpa perlu menginstall ulang. Cara di atas dapat dilakukan dengan baik, agar data yang ada pada PC tidak hilang. Ukuran partisi harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar hal buruk tidak terjadi pada PC pengguna. Partisi hardisk dapat dilakukan sendiri atau meminta tolong pada jasa service laptop agar lebih aman.

Pos terkait