Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah

Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah

Selingkaran.com – Beras merah, mungkin banyak orang yang sudah banyak mendengar tentang beras yang satu ini, namun tak banyak orang yang ingin mencobanya. Kenapa? bagi yang belum pernah mencobanya pasti penasaran bagaimana rasanya, namun bagi yang pernah mencobanya, pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka dengan rasanya. Apalagi mencoba ketika beras merah dimasak dengan cara yang kurang benar.

Beras merah ini selalu dikaitkan dengan para pendiet mania atau orang yang sedang menjalani program diet, mereka beralasan karena beras merah memiliki indeks gilemik yang rendah dibandingkan dengan  nasi putih biasa.

Dalam proses penggilingan, beras merah ini tidak melalu proses penggilingan sampai pengelupasan kulit, lapisa kulit beras merah inilah atau sering disebut  dengan sekam yang sudah diuji secara klinis mengandung beragam nutrisi yang penting dan juga serat yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lain halnya dengan nasi putih, yang sudah melalui proses penggilingan hingga kulitnya mengelupas, sehingga membuat nasi putih tidak memiliki kandungan serat dan malah dapat mengakibatkan kalori meningkat serta gula darah pun meningkat.

Hal inilah membuat beras merah menjadi menu favorit oleh para orang yang sedang melakukan program diet, karena mengkonsumsi nasi merah lebih sehat dibandingkan nasi putih biasa.

Selain itu, terdapat manfaat-manfaat lain ketika kita mengkonsumsi Manfaat Beras Merah ini, apat itu? yuk disimak.

Dapat Kenyang Lebih Lama

Dipercaya mengkonsumsi beras merah itu dapat membuat perut kenyang lebih lama, ini dikarenakan beras merah memiliki serat yang tinggi dan merupakan sumber karbohidrat kompleks yang mampu menyuplai energi untuk tubuh anda.

British Journal of Nutrition menyatakan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, gandum, dan beras merah dapat membuat seseorang cepat kenyang dan kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari pola makan yang rakus.

Sangat Baik untuk Pencernaan

Penelitian menyebutkan, kandungan serat yang terdapat pada beras merah adalah 6kali lipat lebih tinggi dadipada nasi putih biasa, dan seperti yang kita ketahui pada umumnya serat memilki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya :

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menurunkan risiko kanker kolon
  • Membantu mengendalikan insulin dan gula darah
  • Mencegah timbulnya timbunan plak akibat kolesterol jahat
  • Mengurangi risiko wasir dan iritasi pada usus, dan masih banyak lagi.
  • Mengendalikan Gula Darah

Beras merah memiliki nilai GI (Glikemik indeks) yang lebih rendah dari nasi putih biasa, sehingga dapat membantu mengendalikan gula darah dan produksi insulin dalam tubuh.

Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebuah penelitian juga menyebutkan, beras merah kaya akan mineral penting seperti halnya zat besi, zinc dan juga mangan. Sefangkan Zat besi sendiri berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah sehingga dapat menekan resiku anemia atau kurang darah. Untu Zinc, berfungsi untuk membantu dalam proses penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan atau imun tubuh, serta dapat meningkatkan kesuburan pria. Lalu untuk mangan, ini sangat bermanfaat untuk mengaktifkan enzim yang pentik dalam pembentukan tulang, yang berkaitan dalam produksi hormon diroid, serta membantu menjaga kesehatan saraf.

Membantu Produksi Sel-sel DNA

Selain manfaat-manfaat diatas, beras merah dikenal kaya akan vitamin B6, vitamin ini tentunya sangat dibutuhkan tubuh  yang berguna untuk menjaga keseimbangan produksi hormon serotomin, apa itu hormon serotomin? yakni hormon yang mempengaruhi suasana hati, sel darah merah serta dapat membantu produksi sel-sel DNA manusia.

Sudah tau manfaat beras merah?

Baca juga :

Cara Menurunkan Berat Badan

Alasan Tidak Perlu Mengkonsumsi Nasi Tiga Kali Sehari

Optimalkan Diet dengan Olahraga

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook