Fakta Dibalik Nasi yang Kita Makan

Fakta Dibalik Nasi yang Kita Makan

Selingkaran.com – Nasi atau beras adalah makanan yang wajib bagi masyarakat Indonesia, bisa dibilang ini adalah makanan pokok yang musti ada ketika kita menyantap makanan baik itu untuk sarapan, makan siang, ataupun untuk makan malam.

Banyak varian dari beras ini, kualitasnya pun bermacam-macam, mulai dari beras kualitas rendah, menengah sampai beras yang memiliki aroma wangi dan bisa dibilang beras ini memiliki tekstur yang lembut atau pulen tentunya disesuaikan dengan harga beras per kilo gram nya.

Namun pernahkah anda bertanya Kenapa sih harus Nasi? Apa Fakta dibalik Nasi?

Sudah banyak diketahui, nasi adalah sumber energi yang sangat atau rutin kita konsumsi, namun bukan berarti satu-satunya loh ya. Vitamin dan mineral yang terdapat didalam nasi dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan yang terjadi karena radikal bebas.

Tak hanya itu, nasi juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang tentunya kandungan ini sudah banyak yang mengetahui adalah berfungsi sebagai pengatur reaksi kimia didalam tubuh dan dapat mengubah makanan menjadi energi. Didalam nasi juga mengandung protein yang pentung untuk perbaikan jaringan-jaringan tubuh Anda.

Namun, sebenarnya beras akan lebih baik atau memiliki kandungan yang lebih dari beras biasa adalah beras yang masih memiliki sekam yang menempel pada beras. Dan beras ini biasnaya disebut dengan beras merah. Namun, hal ini akan terasa aneh jika dikonsumsi karena dari segi rasa tentunya berbeda, dan cara memasaknyapun sedikit berbeda.

Tapi, tetap saja nasi mengandung fosfor dan juga magnesium yang penting untuk kekuatan tulang anda.

Walaupun beras memiliki manfaat yang begitu beragam, didalamnya tetap mengandung kalori dan juga karbohidrat. Untu itu, anda disarankan agar lebih pintar dalam mengontrol porsi Anda dalam mengkonsumsi nasi dan memilih jenis beras yang sesuai, apalagi jika anda ingin melaksanakan program diet.

Sekedar informasi, berikut ini adalah jenis beras serta kandungan kalori yang dimiliki :

• Beras merah: 1 katori = 207.7 kalori
• Beras kukus (biasa): 1 katori = 203.5 kalori
• Nasi goreng sayur: 1 mangkuk = 643.7 kalori

Catatan:
-Katori adalah istilah lain yang digunakan untuk menyebut mangkuk
-Katori idealnya berukuran diameter 4 inci dan tingi 2 inci
-Katori menampung kapasitas untuk cairan 295ml

Nah, untuk anda ketahui sebenarnya salah satu cara sehat dalam memasak nasi adalah dengan cara mengukusnya. Kenapa? karena dengan cara ini, nutrisi yang terkandung tidak akan hilang begitu saja lain halnya dengan cara lainnya. Dan jangan lupa untuk memilih beras dengan kualitas terbai apalagi jika anda sedang dalam program penurunan berat badan atau seorang penderita diabetes.

Jika anda sedang melakukan program diet, anda sebaiknya mencoba mengganti beras putih dengan beras merah, karena beras merah sudah terbukti memiliki indeks gilemik yang rendah sehingga dapat mengontrol kada gula dalam darah, serta kalori terjaga.

Selain itu, untuk menambah asupan protein anda dapat mengkonsumsi daging putih seperti dada ayam, dengan cara memasaknya direbus atau dibakar, dan jangan digoreng ya ne

Dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan rutin berolahraga.

Baca Juga :

Cara Menurunkan Berat Badan

Optimalkan  Diet dengan Olahraga 

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook