Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kelebihan & Kekurangan Cairan
Cairan Pada Tubuh

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kelebihan & Kekurangan Cairan

Selingkaran.com – Air adalah unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Bayangkan jika tidak ada air dibumi ini? mungkin kita juga tidak akan hidup ya netizen. Terlebih lagi 80% tubuh manusia adalah terdiri dari air, jadi pastinya anda tahu dong pentingnya air bagi manusia.

Oleh sebab itu, kita tidak boleh kekurangan dalam mengkonsumsi air dan juga tak boleh berlebihan, karena hal ini akan mengganggu kesehatan tubuh manusia. Jika tubuh kita kekurangan maupun kelebihan air, maka akan mengakibatkan seperti yang di paparkan oleh dokter spesialis penyakit dalam – konsultan ginjal dan hipertensi ini, Parlindungan Siregar.

Tubuh Kekurangan air

Volume cairan pada tubuh manusia sebenarnya bervariasi ini tergantung dari usia dan juga pria atau wanita, biasnaya kekurangan cairan pada tubuh kita kenal sebagai dehidrasi.

“Volume asupan air yang cukup penting bagi kelangsungan hidup normal individu,” kata Parlindungan.

Parlin menerangkan, kekurangan cairan tubuh 1 persen saja dari berat badan, maka dapat menimbulkan gangguan kognitif. Terlebih dari itu jika kekurangan cairan sebanyak 2 persen atau lebih, anda akan merasa lelah, kemudian sulit berkonsentrasi serta mengalami gangguan visual.

Dan lebih parah nya lagi jika tubuh mengalami kekurangan cairan diatas 10 persen dari berat badan. Hal ini dapat membahayakan, karena tubuh akan mengalami gangguan ginjal akut serta tekanan darah menurun.

Tubuh Kelebihan air

Tidak hanya dehidrasi saja yang membahayakan, konsumsi air secara berlebihan juga dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan tubuh kita.

Ini dikarenakan, ginjal yang sehat hanya mampu mengeluarkan 400-600 ml air per jamnya. Saat tubuh mengalami kelebihan cairan, malah hal ini akan menyebabkan hiponatremia atau kekurangan natrium dalam darah. Dan mengakibatkan, kesadaran akan menurun dan tubuh akan terasa lemas.

Bahaya dalam kelebihan air juga sering terjadi apda orang yang melakukan olahraga berat. Menurut Parlin, kelebihan air pula bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, orang yang gemar berolahraga berat tidak mengkonsumsi air minum secara berlebihan saat ia berolahraga. “Jadi kalau haus minum. Minumlah air seperlunya,” imbuh Parlindungan.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook