Sudah Tau Kebutuhan Air Saat Olahraga ?
Olahraga

Sudah Tau Kebutuhan Air Saat Olahraga ?

Selingkaran.com – Anda suka ber olahraga? jika ya makan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terutama saat anda merasakan haus atau dahaga. Sudah pasti dong, setiap kita berolahraga maka tenggorokan terasa haus atau kering.

Namun apakah anda tahu, berapa cairan yang dibutuhkan tubuh saat kita ber olahraga?

Kenapa muncul pertanyaan tersebut, hal ini karena ada dua kondisi dimana tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi atau kondisi tubuh mengalami kelebihan cairan overhidrasi. Tentunya kedua kondisi tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

“Minum secukupnya secara bertahap, tidak sekaligus banyak saat berolahraga untuk menghindari dehidrasi maupun overhidrasi,” ujar pakar fisiologi olahraga Departemen Fisiologi FKUI, dokter Ermita Ilyas dalam diskusi “Kenali dan Pahami Overhidrasi di RSCM, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Menurut informasi dari American College of Sport Medicine (ACSM) 2011, Ermita mengatakan, alangkah lebih baik kita mengkonsumsi 500-600 cc air putih pada empat jam sebelum melakukan olahraga. Kemudian, bisa minum kembali sebanyak 250-300 cc saja pada 10-15 menit sebelum olahraga. Dan pada waktu olahraga, cukup konsumsi minum 100-250 m L setiap 15-20 menit jika olahraga dilakukan kurang dari satu jam.

Setelah berolahraga, sebaiknya kita minum 600-700 cc secara bertahap dan jika terjadi penurunan berat badan sebesar 0,5 kg. “Jangan pernah langsung minum satu liter per jam, ” ungkapnya.

Ermita juga menyarankan untuk mengecek dahulu berat badan pada sebelum dan setelah olahraga. Jika kelebihan cairan, berat badan justru akan bertambah. Dan jika sempat, anda juga dapat mengecek warna urine anda, jika urine berwarna gelap, itu mengindikasikan anda kurang minum, namun jika berwarna jerni, berarti tubuh anda cukup cairannya.

Yang sedikit mengejutkan, gejalah overhidrasi ini agak sulit jika dilihat dari warna urine. Ermita mengatakan, overhidrasi ini sangat rentan terjadi pada olahragawan. Olahraga yang berat dan juga dibarengi dengan cuaca yang cukup panas terkadang memicu seseorang mengkonsumsi air terlalu banyak.

Walaupun tak terlihat layaknya dehidrasi, namun menurut Ermita, overhidrasi ini pun perlu untuk diwaspadai bagi mereka yang gemar berolahraga. Pada kasus yang berat, overhidrasi juga bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga :

Cara Menurunkan Berat Badan

Optimalkan Diet dengan Olahraga

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook