Alasan Kenapa Kita Tidak Harus Konsumsi Nasi Tiga Kali Sehari

Alasan Kenapa Kita Tidak Harus Konsumsi Nasi Tiga Kali Sehari

Selingkaran.com – Mengkonsumsi Nasi Putih adalah suatu kebiasaan atau malah sudah suatu kewajiban bagi masyarakat Indonesia, sampai-sampai ada selentingan “Kalo gak makan nasi, bukan makan namanya” ya begitulah biasanya yang kita dengar.

Ini juga menjadi suatu hal yang wajib, dan banyak orang befikiran bahwa nasi adalah sumber karbohidrat yang paling tepat dan penting, karena dapat memberi energi serta mengatasi rasa lapar lebih lama ketimbang mengkonsumsi makanan lainnya. Padahal, tidak benar jika harus makan nasi tiga kali dalam sehari.

Jadi tak heran jika konsumsi beras di Indonesia mengalami peningkatan pada setiap tahunnya, konsumsi beras masyarakat Indonesia juga merupakan tertinggi di dunia. Menurut dari data Badan Pusat Stastistik (BPS) pada 2015 menyatakan, konsumsi beras dari masyarakat indonesia 114 kg/kapita/tahunnya atau jika dirata-rata sekitar 312g/kapita/hari.

Padahal sebenarnya, di Indonesia sendiri banyak memiliki sumber makanan yang kaya akan karbohidrat lain seperti halnya jagung, singkong, serta umbi-umbian laiinya. Dan juga itu sama pentingnya bagi tubuh manusia.

Menurut Dokter Gizi Dr Luciana B Sutanto, MS. SpGk yang ditemui di kawasan Sudirman beberapa waktu lalu, nasi sudah selayaknya diposisikan sebagai salah satu pilihan karbohidrat kompleks. Dalam arti lain tidak harus dikonsumsi tiga kali sehari. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sumber karbohidrat secara bergantian.

“Misalnya, pagi hari makan nasi, siang hari diganti sumber karbohidrat lain bisa singkong, kentang, ubi, jagung, dan sebagainya. Jadi, tidak harus makan nasi tiga kali sehari,” ucap Dosen Gizi di Departemen Gizi FK Universitas Indonesia tersebut.

Sekedar informasi untuk anda, jumlah kebutuhan karbohidrat bagu tubuh manusia adalah berkisar antara 50 hingga 60 persen dari total kebutuhan tubuh perharinya. Jadi sebenarnyanya yang paling penting adalah memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh dalam sehari. Hal ini berarti, kita tidak diharuskan untuk makan nasi tiga kali dalam sehari.

Baca Juga

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Cara Menurunkan Badan dengan Cepat

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook