Ingin Terhindar dari Diabetes? Kurangi Minuman Manis

Ingin Terhindar dari Diabetes? Kurangi Minuman Manis

Selingkaran.com – Diabetes adalah penyakit dimana tubuh mengalami kelebihan zat gula pada darah, oleh sebab itu penyakit ini lebih dikenal dimasyarakat Indonesia adalah penyakit gula darah atau Kencing Manis.

Nah bagi anda yang saat ini suka sekali dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis-manis sebaiknya dikurangi, karena penyakit ini identik sekali dengan hal-hal yang berasa manis, apalagi jika sebelumnya anda adalah seorang dari keturunan yang memiliki penyakit ini, sebaiknya waspada sejak kini.

Untuk mencegah sakit diabetes salah satu caranya adalah mengatur pola makan anda. Menurut penelitian, mengunrangi minuman dengan rasa manis dan menggantinya dengan air mineral atau air putih biasa atau juga teh tanpa gula, dapat menekan risiko menderita diabetes sampai 25 persen pada tubuh manusia.

Penelitian tersebut telah dilakukan dengan cara mewawancarai 25.000 orang yang memiliki usia 40-79 tahun untuk mengetahui apa saja makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Lalu sekitar 11 tahun kemudian, 847 partisipan studi ini didiagnosis mengidap diabetes tipe 2.

Yang lebih mengejutkan lagi, setiap ada peningkatan 5 persen total energi yang berasal dari makanan maupun minuman dengan rasa yang manis, hal ini akan meningkatkan risiko sakit deabetes hingga 18 persen. Namun sebaliknya, jika minuman manis tersebut kita ubah dengan air putih ataupun teh dan kopi tanpa gula, malah akan menekan risiko diabetes hingga 25 persen.

“Studi ini ingin mengetahui apa yang terjadi jika minuman manis, termasuk teh dan kopi, minuman susu, jus dalam kemasan, dan juga soda, digantikan dengan air. Ternyata, mengurangi asupan minuman manis akan mengurangi risiko diabetes,” kata ketua peneliti Nita Forouhi dari Universitas Cambridge.

Selain diabetes, telalu banyak mengkonsumsi gula ataupun pemanis buatan juga akan membuat tubuh menimbun lemak secara berlebihan, dan malah akan menyebabkan tubuh memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Untuk mencegah diabetes sebenarnya tidak hanya mengatur pola makan, jika anda memiliki kegiatan tubuh yang aktif juga dapat memperkecil risiko sakit diabetes ini, misalkan anda rutin berolahraga, seperti lari pagi, berkunjung ke gym untuk melakukan latihan badan dan lain sebagainya yang fungsinya untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh kita.

Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh, karena tergolong sulit untuk disembuhkan jika sudah melekat ditubuh manusia, jadi mumpung masih muda, tidak ada salahya untuk berperilaku hidup sehat ya netizen.

Baca Juga :

Manfaat Susu Kedelai

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook