Wajib Tahu! Ini Untung Rugi Investasi Emas Bagi Investor

Wajib Tahu! Ini Untung Rugi Investasi Emas Bagi Investor

Investasi menjadi kegiatan ekonomi yang bisa dibilang memiliki peningkatan pelaku di era modern ini. Emas menjadi salah satu aset yang seringkali menjadi pilihan sebagian besar investor khususnya bagi investor pemula. Hal ini jugalah yang kemudian membuat banyak orang ingin mengetahui untung rugi investasi emas.

Memahami keuntungan dan kerugian dalam melakukan investasi emas ini tentunya perlu diketahui untuk mengetahui kemungkinan resiko yang bisa terjadi. Tentunya mengetahui feedback atas investasi yang dilakukan juga menjadi alasan hal ini banyak dicari tahu. Nah, lalu apa sih sebenarnya keuntungan serta kerugian dari investasi emas ini? Berikut ulasannya:

Bacaan Lainnya

Menilik Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan dari investasi emas tentu menjadi tujuan utama seseorang melakukan investasi. Apalagi bila melihat potensi investasi logam mulia yang bisa dijadikan aset jangka panjang. Tentunya ini daya tarik tersendiri bagi sebagian besar investor.

Baca Juga : Cara Investasi Emas di Shopee yang Bisa Diterapkan

Tidak heran bila pada akhirnya untung rugi investasi emas menjadi bagian informasi yang selalu dipelajari investor pemula sebelum mulai berinvestasi jenis logam mulia satu ini. Namun, apa saja sih untungnya melakukan investasi emas? Berikut 3 diantaranya:

1. Mudah untuk Dicairkan

Emas merupakan aset yang mudah untuk dicairkan. Hal ini tentunya menjadi kelebihan dari melakukan investasi emas. Bisa dibilang keuntungan satu ini juga menjadi kelebihan yang dimiliki investasi emas dan tidak dimiliki oleh jenis investasi lainnya.

Tentu bukan rahasia umum bila sebagian besar investasi memang membutuhkan moment yang tepat supaya bisa dicairkan. Deposito bisa menjadi contoh real dimana pencairan harus dilakukan saat jatuh tempat. Inilah kemudian yang membuat emas cukup menguntungkan karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja saat dibutuhkan.

2. Tidak Berpajak

Bebas pajak adalah keuntungan lain dari investasi emas. Hal ini tentu menjadi perbedaan yang cukup signifikan juga dengan investasi jenis lain. Inilah kemudian yang membuat investasi emas juga cukup banyak menjadi pilihan karena investor tidak perlu memotong pajak atas profit yang didapat dari investasi.

3. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Tingkat keamanan yang lebih baik juga menjadi keuntungan dari investasi emas. Pada dasarnya emas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap terjadinya inflasi atau pun kenaikan suku bunga. Harga emas sendiri hanya memiliki satu faktor penting dari harga aset jenis logam mulia tersebut.

Baca Juga : Apakah Investasi Emas Menguntungkan, Berikut Jawabannya

Mengetahui Kerugian Investasi Emas

Bagi seorang investor tentunya mempertimbangkan kerugian yang bisa saja terjadi saat investasi dilakukan menjadi hal yang penting. Ini tentunya juga berlaku untuk investor emas untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Lalu, apa saja kerugian yang bisa terjadi dari melakukan investasi emas? Berikut 3 diantaranya:

1. Harga yang Fluktuatif

Harga dari emas yang cenderung fluktuatif seringkali menjadi kendala yang membuat investor sulit dalam memperkirakan keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi jenis ini. Hal ini pada dasarnya dipengaruhi oleh kenaikan serta penurunan harga emas yang tidak menentu dan bisa terjadi tanpa prediksi sebelumnya.

2. Asset Hilang

Resiko terjadinya kehilangan asset juga menjadi kerugian yang bisa saja terjadi. Apalagi bila emas tersebut dalam bentuk perhiasan yang seringkali menjadi incaran penjahat. Hal ini tentu menjadi kerugian yang cukup signifikan pada investasi emas. Bila hal ini terjadi maka, sudah dipastikan bahwa kerugian adalah hal yang harus ditanggung investor.

3. Tidak Cocok untuk Investasi Jangka Pendek

Bagi investor yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat maka, investasi emas bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini karena pada dasarnya investasi emas memang diperuntukkan untuk investasi jangka panjang. Nantinya hal ini juga akan terpengaruh dari kenaikan harga emas dipasaran.

Baca Juga : Mengenal Investasi Reksa Dana BCA dan Cara Membelinya

Nah, itulah tadi sekilas tentang untung rugi investasi emas yang memang menjadi informasi penting untuk dipahami. Khususnya bagi investor yang ingin mulai melakukan investasi emas untuk menjadi investasi jangka panjang.

Pos terkait