Mengenal Investasi Reksa Dana BCA dan Cara Membelinya

Mengenal Investasi Reksa Dana BCA dan Cara Membelinya

Reksa dana adalah produk investasi dengan metode penghimpunan dana dari investor. Salah satu pilihan untuk membeli produk reksa dana adalah melalui bank BCA. Investasi reksa dana BCA menawarkan berbagai kemudahan bagi nasabahnya. Agar lebih jelas, simak terkait produk investasi ini:

Produk Reksa Dana yang Dapat Dipilih

Reksa dana BCA merupakan bentuk investasi yang cocok dipilih oleh pemula. Terlebih tersedia sejumlah produk yang dapat dibeli melalui manajer investasi. Berikut beberapa produk reksa dana yang dapat dipertimbangkan:

Bacaan Lainnya

1. Reksa Dana Pasar Uang

Apabila mencari produk investasi jangka pendek maka bisa memilih reksa dana pasar uang. Produk investasi ini ditempatkan pada efek dalam negeri atau instrumen pasar uang. Jangka waktu yang ditawarkan tidak lebih dari satu tahun. Jenis ini cocok bagi pemula yang tidak mau mendapatkan risiko tinggi.

Baca Juga : Cari Tahu Harga 1 Lot Saham BCA serta Cara Belinya Sekarang!

2. Reksa Dana Terproteksi

Di dalam investasi ini tersedia proteksi 100% dari nilai investasi awal jika tidak dicairkan hingga jatuh tempo. Jenis investasi ini cocok bagi investor konservatif. Adapun jangka waktu investasi reksa dana terproteksi yaitu 1 sampai 3 tahun.

3. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Selanjutnya tersedia reksa dana yang mengharuskan untuk berinvestasi paling sedikit 8p% dari NAB. Jangka waktu investasi ini 1 sampai 3 tahun. Investasi bagi pelaku konservatif ini dilakukan ke bentuk efek utang atau obligasi.

4. Reksa Dana Campuran

Jenis reksadana ini nantinya dana akan ditempatkan di obligasi, saham atau pasar uang. Profil risiko disini lebih tinggi, namun hasil investasi juga besar. Sedangkan jangka waktu investasi yaitu 3 hingga 5 tahun.

5. Reksa Dana Saham

Produk reksa dana ini ditempatkan di pasar saham. Dana yang diinvestasikan minimal 80% dari NAB. Reksa dana ini cocok untuk investor agresif dengan jangka panjang yaitu lebih dari 5 tahun. Adapun risiko dari reksa dana ini sangat tinggi namun imbal hasil juga tinggi.

Baca Juga : 4 Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA Termudah

Cara Membeli Reksa Dana BCA

Untuk investasi reksa dana BCA caranya sangat mudah. Yaitu dengan menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan, salah satunya adalah KTP, NPWP atau paspor. Kemudian datang ke kantor cabang BCA yang terdekat. Nantinya, calon investor akan diminta untuk mengisi formulir pembelian serta portofolio.

Pilih reksa dana yang memang dianggap tepat, sesuai kebutuhan serta tujuan investasi. Bank BCA sendiri tidak memiliki produk reksa dana, namun bekerja sama dengan berbagai manajer investasi. Setiap manajer investasi menawarkan dana investasi yang berbeda-beda yaitu mulai dari 100 ribu saja.

Jika sudah, lakukan pembayaran dana investasi. Perlu diketahui, bahwa nantinya manajer investasi akan mengelola dana tersebut. Sehingga investasi reksa dana di bank BCA cocok bagi pemula, karena tidak perlu memikirkan cara pengelolaannya..

Keuntungan Melakukan Investasi Reksa Dana BCA

Kemudahan investasi di reksa dana memang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, investasi ini juga memberikan banyak keuntungan. Berikut beberapa keuntungan membeli reksa dana di bank BCA:

  • Adanya manajer investasi yang profesional untuk mengelola dana investasi.
  • Risiko investasi kecil karena adanya diversifikasi.
  • Sangat transparan.
  • Potensi pertumbuhan nilai investasi.
  • Dana awal investasi sangat terjangkau.
  • Keuntungan yang didapatkan bukan merupakan objek pajak.

Baca Juga : Cara Investasi Alfamart 5 Juta Melalui Bizhare

Itulah beberapa informasi terkait investasi reksa dana BCA serta cara membuatnya. Setiap instrumen investasi tentunya memiliki risiko tersendiri. Oleh karena itu sebelum memutuskan investasi ini pahami dulu berbagai hal yang ada, salah satunya adalah terkait risiko produk reksa dana. Pilihlah produk reksa dana dengan mempertimbangkan faktor kebutuhan dan tujuan keuangan di masa depan.

Pos terkait