Ini Dia Gejala Kanker Paru yang Perlu Anda Ketahui
Kesehatan Paru

Ini Dia Gejala Kanker Paru yang Perlu Anda Ketahui

Selingkaran.com – Kanker paru sering dianggap remeh bagi para perokok aktif, mereka sering mengatakan bahwa mereka tidak merasakan hal apapun pada dadanya sehingga mereka terus melanjutkan kegiatan merokoknya.

Bahaya merokok sebenarnya telah dikumandangkan sejak pada zaman dahulu, dimana asap dari rokok yang masuk melalui sistem pernafasan akan merusak beberapa organ pernafasan pada manusia termasuk salah satunya adalah paru-paru.

Menurut salah satu spesialis paru dari RS Persahabatan Jakarta,  Dr Elisna Syahruddin, PhD, Sp.P, pada stadium awal kanker paru memang sulit terdeteksi dan kerap tanpa menimbulkan gejala apapun pada tubuh. Namun, jika gejala mulai terasa disinilah sebenarnya kanker paru ini telah berada pada stadium lanjut. “Kebanyakan para penderita baru datang ke dokter setelah merasa atau mengalami batuk darah dan sesak nafas,” ujar Elisna.

Selain itu juga, gejala-gejala kanker paru pun bisa saja bervariasi, hal ini tergantung dimana dan seberapa jauh tumor ganas pada paru itu menyebar. Gejala yang paling sering ditemui selain batuk darah diantaranya seperti sesak napas, lalu radang paru, tubuh mudah lelah, hilangnya selera untuk makan, hingga penurunan berat badan, dan juga suara serak serta pembengkakan di area wajah ataupun leher.

Berikut adalah beberapa gejala yang harus dicermati dari kanker yang mematikan ini:


1. Tanpa gejala. Sekitar 25 persen penderita kanker paru akan mengetahuinya saat mereka melakukan rontgen secara rutin atau CT scan dan ditemukan lesi (kerusakan jaringan) yang disebut lesi koin. Pada pasien ini biasanya tidak ditemui gejala yang cukup berarti.

2. Gejala yang terkait dengan kanker. Pertumbuhan kanker dan invasinya pada jaringan paru serta jaringan sekitarnya bisa jadi memengaruhi pernapasan dan menimbulkan gejala awal, antara lain batuk, napas pendek, mengi, nyeri dada, dan batuk darah (hemoptysis).

Dan jika kanker sudah menyerang saraf, misalnya, bisa menyebabkan rasa nyeri di bahu yang kemudian menyebar ke bawah ke bagian luar lengan (disebut sindroma Pancoast) atau kelumpuhan pada vokal suara yang menimbulkan suara parau. Serangan pada esophagus juga menyebabkan timbulnya dysphagia. Jika aliran udara terhambat, paru-paru kemudian akan mudah mengalami infeksi (pneumonia).

3. Gejala terkait dengan metastasis. Kanker paru juga bisa menyebar ke tulang dan memproduksi rasa nyeri yang menyiksa. Kanker yang sudah menyebar ke otak bahkan bisa menyebabkan sejumlah gejala neurologis, semisal penglihatan kabur, sakit kepala, gejala stroke seperti kelelahan, hilangnya sensasi di bagian tubuh tertentu.

4. Gejala “paraneoplastic”. Kanker paru seringkali disertai dengan gejala yang disebut sindroma paraneoplastic, hasil produksi hormon sel tumor. Sindroma paraneoplastic kebanyakan terjadi pada kanker paru jenis karsinoma sel kecil, tetapi juga bisa tampak pada jenis yang lain.

Sindroma paraneoplastic yang terkait dengan jenis kanker paru karsinoma sel kecil ini adalah akibat produksi hormon yang disebut hormon adrenocorticotrophic (ACTH) oleh sel kanker, sebagai awal dari berlebihnya pengeluaran atau sekresi yang terjadi pada hormon kortisol di kelenjar adrenal.

Sementara itu, sindroma paraneoplastic yang sering tampak pada kanker paru jenis karsinoma bukan sel kecil biasanya berasal dari substansi yang mirip dengan hormon parathyroid yang menghasilkan naiknya tingkat kalsium dalam aliran darah.

5. Gejala tidak spesifik. Tampak pada setiap jenis kanker, termasuk kanker paru, misalnya kehilangan berat badan, lemah, dan kelelahan. Gejala psikis seperti depresi dan perubahan mud juga kerap terjadi.

Sumber : Kompas.com

Baca Juga

Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Rokok Elektrik bagi Kesehatan

Ini Kondisi Paru-paru Bagi yang suka Merokok

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook