Ini Kondisi Paru-paru Bagi yang suka Merokok
Bahaya Merokok

Ini Kondisi Paru-paru Bagi yang suka Merokok

Selingkaran.com – Anda seorang perokok? coba fikirkan lagi akan bahaya jangka panjang bagi yang suka merokok, apalagi dikonsumsi dalam jangka waktu yang sangat panjang pastinya akan mempengaruhi kondisi kesehatan paru paru anda.

Penyakit yang paling sering diderita oleh perokok adalah kanker paru. Kanker paru ini sering kali tidak menimbulkan tanda-tanda awal akan terjadinya penyakit ini, dan kerap tidak terdeteksi, sehingga banyak yang menyebutnya dengan penyakit “silent killer”. Untuk stadium awalpun, kanker paru hampir tidak menimbulkan gejala apapun. Cara mendeteksinya sejak dini adalah dengan cara merontgen paru-paru anda.

“Kanker paru ini paling banyak dialami oleh kaum laki-laki, karena sangat berhubungan erat dengan kebiasaan merokok,” ujar dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Agus Dwi Susanto di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Agus juga mengatakan, 90 persen dari kasus kanker paru yang terjadi di RS Persahabatan ini terjadi karena seseorang adalah perokok aktif. RS Persahabatan sendiri memang merupakan rumah sakit rujukan untuk penyakit paru sehingga pasiennya memang cukup banyak.

Namun ironisnya, mereka yang malah tidak merokok tetapi sering terkena asap rokok atau perokok pasif juga bisa terkena kanker paru ini. Yang mengerikan lagi, kanker paru-paru baru akan menunjukan gejala saat telah memasuki stadium lanjut sehingga peluang untuk kesembuhan pun akan lebih kecil.

Gejala-gejala kanker paru-paru adanalah seperti batuk terus menerus hingga mengeluarkan darah, sesak napas, cepat lelah, dan berlanjut dengan penurunan berat badan.

“Jangan pernah menunggu sampai gejala kanker itu muncul, karena saat gejala sudah muncul itu berarti kondisi paru seseorang sudah parah atau bisa dibilang stadium lanjut,” terang Agus.

Bagi anda yang hingga kini masih merokok, Agus pun menyarankan agar sering melakukan pemeriksaan dengan rontgen. Jika anda memang tetap ingin merokok, rontgen harus tetap dilakukan rutin minimal satu tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, langkah terbaik adalah dengan cara berhenti merokok. Bagi mereka yang saat ini tidak merokok, sebaiknya hindarilah paparan asap-asap rokok.

Baca Juga

Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Rokok Elektrik bagi Kesehatan

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook