Jenius VS Digibank, Pertarungan Dua Bank Digital

Jenius VS Digibank, Pertarungan Dua Bank Digital

Sejak dimulainya era baru dalam internet, banyak juga inovasi-inovasi yang muncul berkat kemajuan teknologi tersebut. Salah satunya adalah berkembangnya industri Bank Digital yang semuanya dilakukan serba online. Di Indonesia sendiri ada 2 Bank Digital yang cukup merajai yaitu Jenius dan Digibank. Lalu bagaimana jika keduanya dibandingkan, Jenius VS Digibank? Berikut adalah 5 Indikator perbandingan antara Jenius VS Digibank:

1. Perbandingan dari Sisi Pembukaan Rekening

Untuk membuka rekening dari kedua Bank baik itu Jenius ataupun Digibank keduanya sama-sama mengandalkan aplikasi. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara mandiri oleh nasabah karena sistemnya mengandalkan sistem online. Artinya tidak ada aktivitas offline yang dilakukan oleh kedua bank tersebut.

Cara dari keduanya dalam melangsungkan pendaftaran rekening juga terbilang mirip. Masing-masing Bank mengharuskan nasabahnya mengunduh aplikasi dari masing-masing Bank. Setelah itu nasabah biasanya akan melakukan pengisian form yang disediakan. Sedangkan untuk memverifikasi akun, CS akan melangsungkan Video Call dengan nasabah.

Baca Juga : Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking Super Praktis

2. Membandingkan Jenis Produk dan Layanannya

Namanya dua Bank berbeda, jenis produk dan layanan yang ditawarkan akan jauh berbeda. Namun ada perbedaan yang cukup terasa dimana dari Digibank, layanan dan produk yang ditawarkan jauh lebih banyak daripada Jenius. Untuk hal ini Digibank menang telak atas Jenius. Digibank berani untuk merancang banyak produk perbankan walaupun dalam sistem full online.

Produk Digibank yang ditawarkan cukup beragam mulai dari Tabungan, Deposito, Kartu Kredit, Investasi, Pinjaman dan lainnya. Sedangkan Jenius menawarkan lebih sedikit produk dan layanannya yang hanya berjumlah 3 saja. Sebut saja layanan Tabungan, Deposito dan Pinjaman yang disebut dengan Flexi Cash.

3. Perbedaan dari Segi Kartu ATM

Meskipun berupa Bank Digital, namun kedua bank tersebut sama-sama masih memiliki peninggalan transaksi fisik berupa ATM untuk nasabahnya. Seperti yang diketahui, jika ATM merupakan hal yang penting dimana tidak semua orang ingin memegang uang dalam jumlah besar.

Kedua Bank Digital tersebut mengandalkan kartu Debit Visa sebagai kartu ATM yang digunakan untuk nasabahnya bertransaksi. Tidak hanya VISA, keduanya juga menyediakan kartu berjenis GPN bagi yang menginginkannya. Hebatnya Kartu ATM yang mereka miliki sudah dilengkapi dengan Visa Paywave yang bisa digunakan sebagai gerbang pembayaran di beberapa mesin contactless.

Baca Juga : Daftar Bunga deposito Bank Tertinggi yang perlu Diketahui!

4. Perbandingan Fitur

Indikator perbandingan keempat antara Jenius VS Digibank selanjutnya adalah dari segi Fitur andalan. Aplikasi digital dari kedua bank tersebut pastinya mempunyai fitur bayar dan beli yang memudahkan pengguna. Keduanya bisa mengakomodasi berbagai macam jenis pembayaran yang diperlukan hanya dalam genggaman tangan nasabahnya.

Contohnya pengguna bisa melakukan pembayaran internet, membayar TV berlangganan, membayar air, listrik, hingga top up e-Wallet. Fitur-fitur tersebut sudah hadir dalam kedua aplikasi bank digital tersebut tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Ada kelebihan tersendiri dari Aplikasi Jenius, dimana nasabah bisa melakukan transfer dana ke bank apa saja tanpa biaya sebanyak 25 kali begitu juga dengan tarik tunai.

5. Jangkauan Layanan

Indikator terakhir yang dijadikan sebagai perbandingan kedua Bank antara Jenius dan Digibank adalah dari segi jangkauan layanan. Sebagai Bank Nasional yang besar di Indonesia, BTPN memiliki keunggulan tersendiri dari segi jangkauan dibandingkan dengan Digibank yang merupakan bank Multinasional yang penggunanya belum sebanyak BTPN.

Sehingga dalam hal ini pengguna Jenius lebih diuntungkan karena layanan service poinnya sudah hampir merata di Indonesia. Berbeda dengan Digibank yang hanya tersedia di beberapa kota kota besar di Indonesia saja.

Baca Juga : Syarat dan Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Secara Permanen

Itulah beberapa perbandingan antara Jenius VS Digibank. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pilihlah sesuai kebutuhan, misalnya ingin jumlah layanan yang lebih merata, pilihlah Jenius. Namun jika ingin produk yang lebih variatif dan pastinya fitur gratis biaya untuk beberapa transaksi, pilih saja Digibank.

Pos terkait