4 Kebiasaan ini Merusak Gigi Anak Anda
4 Kebiasaan ini Merusak Gigi Anak Anda

4 Kebiasaan ini Merusak Gigi Anak Anda

Selingkaran.com – Kesehatan gigi pada anak biasanya selalu diperhatikan oleh orang tuanya, karena gigi merupakan salah satu aset yang harus benar-benar dirawat, jika gigi sudah rusak maka kemungkinan anak akan sulit dalam mengkonsumsi makanan yang akan dilahapnya, karena terhambat dengan rasa nyeri yang dirasakannya.

Banyak orang tua yang tidak sadar dengan kesehatan gigi pada anaknya, dan cenderung melalaikannya. Termasuk dengan kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang dapat berpotensi merusak gigi pada anak jika dilakukan secara terus menerus.

Kebiasaan-kebiasaan yang bagaimana yang merusak gigi pada anak? yuk disimak informasi berikut ini.

1. Membiarkan anak menyikat gigi sendiri

Terkadang kita sebagai orang tua, kerap membiarkan begitu saja anak dalam melakukan kegiatan menyikat gigi ini, entah alasan sibuk atau merasa anaknya mampu untuk melakukan hal ini jadi orang tua begitu saja mempercayainya. Namun, sebenarnya orang tua harus memperhatikan bagaimana cara menyikat gigi sang anak, agar kegiatan ini dilakukan secara benar dan tidak menyisahkan kotoran-kotoran didalam mulut sang anak, apalagi jika anak masih berusia dibawah 8 tahun.

“Bukan berarti anak tidak ingin menyikat gigi dengan benar, kadang secara fisik mereka hanya belum mampu,” ungkap Dr Edward H. Moody, Jr, dari American Academy of Pediatric Dentistry.

2. Membiarkan anak tertidur dengan botol susu

Khusus untuk anak yang masih balita, biasanya orang tua juga senang sekali memberika susu terhadap anaknya, hal ini biasanya dilakukan untuk membuat anak beristirahat. Lalu melupakan botol susu yang digunakan si anak sampai tertidur.

Hal ini kurang baik jika dilakukan secara terus menerus, karena bsia saja merusak struktur gigi yang ada, dan juga gula yang terdapat dalam susu juga bisa merusak bagian-bagian gigi pada anak.

3. Tidak Mengajarkan Cara Menyikat Gigi

Seperti halnya dengan nomor yang pertama, terkadang orang tua juga membiarkan begitu saja anaknya menyikat gigi, padahal anak belum tau apa-apa mengenai sikat gigi, jadi anak bukannya membersihkan gigi malah ia bermain-main dengan apa yang dilakukannya.

4. Tidak Segera Memeriksakan ke Dokter Gigi

Sebaiknya kita sebagai orang tua, selalu mengecek kondisi kesehatan anak kita termasuk salah satunya adalah kesehatan akan gigi anak kita, hal ini lah yang perlu diperhatikan oleh anda. Jadi anda harus sering sering pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan hal tersebut ya paling tidak sebulan sekali juga sudah cukup kok.

Jadi sebenarnya kita bisa meminimalisir hal-hal tersebut dengan mengetahui apa yang harus kita lakukan terhadap anak, ingat ketika anak anda beranjak dewasa kelak, pastinya ia akan membawa kebiasaan kecilnya saat sudah dewasa, namun tidak semuanya juga ya netizen.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook