Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan

Jerawat atau acne merupakan jenis masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan seseorang yang biasanya terjadi pada usia remaja dan dewasa. Masalah kulit yang satu ini juga dapat mengurangi rasa percaya diri ketika berjumpa dengan orang lain. Sehingga, orang yang memiliki jerawat selalu berusaha untuk mencari cara menghilangkan jerawat yang efektif.

Jerawat akan muncul ketika terjadi penyumbatan oleh minyak dan juga sel kulit mati pada tempat tumbuhnya rambut. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada pori-pori kulit wajah. Dimana peradangan ini akan ditandai dengan munculnya benjolan kecil pada kulit yang biasanya berisi nanah dan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh.

Bacaan Lainnya

Penyebab Munculnya Jerawat

Selain penyumbatan pori-pori, jerawat juga dipengaruhi oleh hormon, hal ini umumnya terjadi pada wanita yang sedang memasuki fase pubertas. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi makanan berminyak pun dapat memicu munculnya jerawat. Pasalnya, makanan yang berminyak, seperti gorengan bisa membuat kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak dan menyebabkan peradangan.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Aman

Cara Menghilangkan Jerawat

Jika mengalami masalah jerawat, jangan khawatir lagi, karena tersedia beberapa bahan alami yang ampuh dalam membantu menghilangkan jerawat. Bahannya pun dapat mudah ditemukan dan harganya tidaklah mahal, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Berikut ini cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan dasar dari alam yang dapat dilakukan sendiri:

1. Gunakan Mentimun

Buah lokal seperti mentimun, dapat digunakan menghilangkan jerawat secara alami. Buah mentimun dapat mempercepat menghilangkan jerawat, karena mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin dan asam amino. Caranya pun sangat mudah, oleskan masker mentimun pada bagian kulit yang berjerawat secara rutin, hingga jerawat benar-benar hilang sempurna.

Masker mentimun bisa digunakan 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Masker mentimun yang digunakan mampu memberi sensasi dingin pada kulit wajah yang dapat mengurangi kemerahan dan mempercepat hilangnya jerawat. Selain untuk menghilangkan jerawat, buah mentimun cocok digunakan bagi yang sering begadang, karena dapat dimanfaatkan untuk mengatasi mata panda.

2. Pakai Madu

Selain dapat diminum untuk menambah daya tahan tubuh, madu juga telah banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit, salah satunya jerawat. Hal ini, karena madu kaya akan antioksidan yang dapat membersihkan pori-pori tersumbat yang memicu timbulnya jerawat. Cara menghilangkan jerawat menggunakan madu cukup mudah.

Baca Juga : 6 Cara Memelihara Kesehatan Ginjal yang Paling Mudah

Langsung oleskan madu secukupnya pada area wajah yang ada jerawatnya dan tunggu hingga 15 menit, setelah itu cuci bersih wajah. Bisa juga menambahkan madu ke dalam bahan masker lain, seperti kayu manis atau oatmeal. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakanlah masker madu secara rutin.

3. Gunakan Lidah Buaya

Seperti yang telah diketahui, lidah buaya mengandung zat antibakteri dan anti inflamasi, yang secara alami mampu menghilangkan jerawat membandel. Kadar air yang terdapat dalam lidah buaya cukup tinggi, sehingga dapat memberikan kelembaban pada kulit wajah. Kandungan enzim lain yang dimiliki oleh lidah buaya dapat mencegah proses penuaan dini.

Cara menggunakannya sangat simpel, potong lidah buaya, cuci dan bersihkan kulitnya, lalu ambil gel yang ada di dalamnya. Setelah mendapatkan semua gel nya, oleskan secara merata pada kulit wajah dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Kemudian, bersihkan wajah, hingga gel lidah buaya tidak ada yang tersisa sedikitpun di kulit wajah.

4. Dengan Air Beras

Ternyata, air beras dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses menghilangkan jerawat. Hal ini, disebabkan karena terdapat beberapa kandungan yang ada dalam air beras dipercaya mampu menjaga Kesehatan kulit secara efektif. Salah satunya allantoin, air beras memiliki kandungan senyawa antibakteri allantoin yang mampu mengatasi masalah jerawat.

Allantoin ini, dapat menenangkan kulit yang berjerawat, sehingga jerawat pun dapat hilang dengan lebih cepat. Air beras juga memiliki kandungan zat lain yang bersifat mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Sehingga, setelah rutin menggunakan masker air beras, wajah akan tampak cerah bercahaya dan terhindar dari kusam yang disebabkan oleh minyak.

5. Pakai Oatmeal

Oatmeal ialah sejenis makanan sehat yang biasanya digunakan sebagai pengganti nasi untuk orang yang sedang melakukan diet. Oatmeal, memiliki rasa yang sedikit manis dan sangat lezat jika dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, oatmeal dapat digunakan untuk masker wajah dapat menghempaskan jerawat dan bekasnya, sekaligus mencerahkan kulit wajah.

Untuk cara menggunakan oatmeal sebagai masker wajah dapat dilakukan dengan beberapa langkah saja. Pertama, campurkan oatmeal dan air dingin dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan ke seluruh bagian wajah. Biarkan 10 menit hingga masker oatmeal sedikit mengering, lalu bilas wajah hingga bersih.

6. Gunakan Putih Telur

Putih telur memiliki enzim lysozyme yang dapat dibuat sebagai masker wajah yang efektif untuk menghilangkan jerawat. Harganya yang murah, menjadikan putih telur cocok bagi yang ingin melakukan perawatan wajah yang berjerawat tapi hanya memiliki budget kecil. Sehingga, dengan menggunakan masker putih telur saja, sudah bisa mendapatkan wajah bebas jerawat.

Baca Juga : 7 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Cara melakukannya pun tidak ribet, siapkan telur yang hendak digunakan untuk masker. Pisahkan putih telurnya dan tambahkan sedikit air perasan lemon, lanjutkan dengan mengoleskan secara merata pada wajah. Tunggu sekitar lima belas menit dan cuci wajah menggunakan air dingin ataupun hangat, lakukan lagi pada hari berikutnya.

7. Gunakan Green Tea

Green tea dapat diminum untuk meningkatkan kesehatan, karena memiliki zat antioksidan yang dapat dikatakan sangat tinggi. Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dengan membuatnya menjadi masker wajah. Cara membuat masker wajah dengan bahan dasar green tea pun dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

Seduh green tea menggunakan air panas terlebih dahulu dan diamkan beberapa menit sampai airnya agak dingin. Kemudian saring green tea yang telah diseduh, letakkan pada wadah yang bersih dan langsung oleskan pada wajah. Air seduhan green tea juga dapat digunakan untuk masker dengan memasukkannya pada botol, lalu semprotkan pada wajah.

8. Pakai Bawang Putih

Yang terakhir, dapat menggunakan bumbu dapur yang memiliki bau yang khas yaitu bawang putih. Terdapat senyawa organosulfur dalam bawang putih yang bersifat antibakteri dan anti inflamasi yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Cara menggunakan bawang putih untuk masker wajah sangat mudah.

Silahkan ambil satu siung bawang putih dan potong tipis-tipis hingga terbagi menjadi beberapa bagian. Tidak perlu bahan tambahan, langsung oleskan saja potongan bawang putih hanya pada area wajah yang berjerawat saja. Biarkan kurang lebih 15 menit, jika olesan bawang putih telah mengering bilas wajah dengan air bersih.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Jerawat Punggung Paling Ampuh

Itulah cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami yang aman dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Agar jerawat dapat hilang secara maksimal dan tidak muncul lagi, terapkan pola hidup yang sehat, seperti istirahat cukup dan melakukan olahraga. Jangan lupa, perhatikan pula jenis makanan yang dikonsumsi, hindari mengonsumsi makan berminyak.

Pos terkait