Daftar Investasi Bodong OJK 2022 yang Perlu Diwaspadai

Daftar Investasi Bodong OJK 2022 yang Perlu Diwaspadai

Salah satu instrumen yang digemari oleh kaum milenial saat ini adalah investasi saham. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemudahan investasi secara digital juga mendatangkan berbagai kejahatan siber atau cyber crime. Salah satunya yaitu tidak terdaftar di OJK. Di bawah ini daftar investasi bodong OJK 2021 untuk diwaspadai:

Deretan Investasi Bodong OJK

Bentuk kejahatan siber dalam dunia investasi sangat beragam. Mulai dari investasi robot trading tanpa izin, scam hingga pemalsuan izin perusahaan. Bahkan beberapa instrumen investasi menduplikasi nama entitas yang sudah memiliki izin. Berikut ini beberapa daftar investasi bodong 2022 yang perlu diwaspadai keberadaannya:

Bacaan Lainnya
  1. Robot Trading DNA: menawarkan investasi robot trading tanpa izin.
  2. FX Family: perdagangan berjangka serta forex tanpa izin.
  3. PT. Saratoga Investama Reksadana: menawarkan investasi dengan mengatasnamakan PT. Saratoga Investama Sedaya.
  4. Come To: money game.
  5. Indonesia Crypto Exchange: bursa perdagangan aset crypto tanpa izin.
  6. Brodo: menawarkan investasi robot trading tanpa izin.
  7. Robot Trading Pansaka: penawaran investasi robot trading dengan sistem penjualan langsung.
  8. Smart Gold/ Smart Avatar: bursa perdagangan aset crypto tanpa izin.
  9. PT. Nofal Investment: investasi tanpa izin dan pemalsuan izin OJK.
  10. Fahrenheit Robot Trading: perdagangan berjangka tanpa izin.

Cara Memilih Instrumen Investasi yang Tepat

Ada ratusan perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK. Namun tidak sedikit juga perusahaan yang masuk ke dalam daftar investasi bodong OJK 2022 ini. Bahkan masih banyak orang yang salah memilih instrumen investasi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui cara memilih instrumen investasi yang tepat. Berikut panduan yang perlu diperhatikan agar tidak tertipu:

Baca Juga : Cara Investasi di Danareksa Secara Online

1. Sudah Beroperasi Minimal 5 Tahun

Agar terhindar dari investasi bodong, carilah yang sudah beroperasi minimal selama 5 tahun. Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan sekuritas pasti memiliki seseorang yang bertanggung jawab terhadap dana nasabah. Misalnya adalah manajer investasi pada produk reksadana. Tugas dari manajer investasi adalah menentukan produk deposito, obligasi, saham maupun surat berharga yang akan dibeli.

2. Kinerja Selalu Konsisten

Agar terhindar dari investasi bodong maka perlu mempertimbangkan kinerja dari perusahaan tersebut. Kelayakan dari manajer investasi dapat dilihat dari grafik imbal hasil yang baik serta tidak fluktuatif. Walaupun pada beberapa investasi, terdapat grafik yang naik turun. Namun investor bisa melihat trend secara umum dari imbal hasil.

3. Dana yang Dikelola Besar

Tingginya dana yang dikelola menunjukkan bahwa banyak investor yang percaya terhadap manajer investasi. Tidak hanya itu, dengan adanya dana yang melimpah maka manajer investasi bisa melakukan tawar menawar dalam transaksi dengan lebih mudah. Perusahaan sekuritas yang mengelola dana dalam jumlah besar menawarkan hasil yang tinggi juga.

4. Berdasarkan Jumlah Nasabah

Tidak hanya berdasarkan besarnya dana yang dikelola saja, untuk menentukan manajer investasi juga harus melihat dari parameter jumlah nasabah. Semakin banyak investor dalam perusahaan sekuritas, maka semakin besar kepercayaan yang diberikan. Oleh karena itu, cari tahu seluk beluk terkait perusahaan investasi yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Investasi Emas di Shopee yang Bisa Diterapkan

5. Terdaftar di OJK

Apabila perusahaan investasi yang diinginkan belum terlalu dikenal, cobalah cari tahu terkait izin dari perusahaan tersebut. Ini menjadi syarat penting yang perlu dipenuhi agar terhindar dari investasi bodong. Terlebih jika perusahaan tidak memiliki banyak manajer investasi.

6. Kenali Profil Tim Investasi

Seorang investor tidak boleh hanya sekedar mengenal manajer investasi saja, melainkan juga harus menelusuri profil dari tim investasi. Caranya adalah dengan mengunjungi website dari perusahaan sekuritas tersebut. Temukan tim investasi serta manajer investasi yang tertulis di website. Cari latar belakang dan jam terbang dari manajer investasi tersebut.

7. Transparansi Biaya

Semua perusahaan sekuritas pasti mengenakan biaya jasa. Besaran biaya tersebut tentunya berbeda- setiap jenis investasi maupun manajer investasi. Perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK pasti memberikan transparansi biaya yang baik dan lengkap. Oleh karena itu pahami semua pembayaran yang tersedia.

Baca Juga : Apakah Investasi Emas Menguntungkan, Berikut Jawabannya

Itulah daftar investasi bodong OJK 2022 agar diwaspadai keberadaannya. Namun sebelum itu, ikuti panduan dalam menentukan perusahaan sekuritas jika ingin berinvestasi. Pastikan perusahaan investasi memiliki legalitas dan izin dari pihak berwenang. Dengan demikian, calon investor atau trader bisa terhindar dari penipuan investasi bodong.

Pos terkait