Bisnis Online Mudah? Kata siapa?

Bisnis Online Mudah? Kata siapa?

Selingkaran.com – Di era modern ini, kita dituntut untuk selalu inovatif dan kreatif baik itu berkegiatan ataupun mengembangkan sebuah usaha, tanpa dua komponen itu maka usaha yang kita jalani kemungkinan akan melempem, apalagi jika tidak diperhitungkan secara matang.

Dalam memulai usaha kita juga sering dihadapkan beberapa kendala, dan yang paling pertama menjadi pertanyaan adalah “Mau bisnis apa ya?” itu selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang ingin memulai sebuah bisnis. Mereka bingung untuk memulai bisnis apa yang tepat, mudah dan cepat meraup keuntungan.

Hey sobat, sadarlah untuk membuat sukses dalam sebuah usaha itu tidak mudah, kita butuh keringat, kita butuh tenanga dan masih banyak lagi yang harus kita korbankan.

Lalu pertanyaan yang kedua adalah “Apa ada yang mau minjemin modal?”, sekarang begini, anda mungkin sudah menemukan ide namun kekurangan modal, ya itulah dua kendala yang menghambat kita untuk memulai sebuah usaha. Dan hingga akhirnya ide kita itu usang dan sudah ada yang menggunakan mungkin. Jika sudah begitu, mau apalagi kita?


Sesuai dengan judul yang saya tulis  “Bisnis Online Mudah? Kata siapa??”, banyak orang beranggapan bisnis online itu gampang, tinggal duduk, diem dapet duit. Ya kalo di sawang (bahasa jawa, artinya di lihat) memang pada nyatanya pebisnis online itu kerjaannya cuma duduk, diam didepan komputer berjam-jam entah apa yang ia lakukan, tau-tau dapat duit banyak aja.

Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu saat bertemu kaka ipar, “uh.. dia mah (saya) tinggal ngetik ajaudah dapet duit”, “dia itu(saya) kerjanya sama orang luar sama si Google”, kata kaka ipar saya.

Yah, saya mah cuma bisa senyum-senyum, antara bangga karena dibilang sudah berpenghasilan sendiri, dan juga kawatir. Loh, kawatir kenapa? ya iya lah, bayangin aja kalo semua orang beranggapan ke saya, tinggal ngetik aja dapet uang, banyak lagi!

Gimana coba? ya memang gak ada salahnya, tapi ini jika diteruskan mereka memiliki fikiran seperti itu yang repot saya juga.

Yang namanya bisnis online itu, ada kalanya kita profit dan adakalanya kita juga defisit anggaran. Belum lagi jika ada cobaan Allah ditengah-tengahnya agar kita lebih kuat lagi dalam menjalani bisnis online. Karena yang namanya Naik Turun itu pasti, hampir bangkrut, terjatuh, gagal dan sebagainya harus dialama seorang pebisnis.

Dan yang membuat kita hebat adalah ketika kita dapat bangkit lagi tanpa melupakan pengalaman tersebut.

Lah kok bisa? katanya pebisnis online itu gampang cari duit?

Hey sobat, pebisnis online juga manusia yang juga kadang melakukan kesalahan, perkiraan dan juga keputusan.

Dan dalam bisnis online juga kita membutuhkan Modal, apalagi untuk membangun sebuah bisnis, emangnya mudah untuk membangun misalkan saja sebuah website milik saya ini.

Modal

Modal

Kira-kira jika anda kalkulasikan, berapa pembuatan website ini?

Ya mungkin kita bisa hitung dengan bulatan segini saja :

Hosting  = Rp 700.000

Domain = Rp 100.000

Theme/Tampilan Website = Rp 700.000

Nah jadi untuk membangun sebuah website kita membutuhkan dana paling tidak Rp 1.500.000, itu hanya membuatnya loh, hanya dasarnya saja.

Tetapi yang dipertanyakan, untuk membuat seperti itu apakah kita perlu ilmunya?

Ilmu? ya jelas perlu dong, untuk mempelajari ilmu membuat website apakah butuh waktu sebentar? ya jeas tidak, kemungkinan akan tidak mungkin jika ilmu membuat website dikuasai secara fasih dalam waktu 1-2 jam. Apalagi jika kita belajar manual sendiri atau bisa dibilang otodidak ya mungkin sedikit lebih lama karena kita harus memahaminya sendiri, lain halnya jika kita belajar melalui guru, teman yang berpengalaman ataupu video yang secara lengkap tersaji materi yang kita ingin pelajari.

Tak hanya itu, website juga membutuhkan yang namanya SEO (Serp Engine Optimization), dan ini juga tidak mungkin dikuasai dalam waktu yang cepat, terkecuali anda memang ingin bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya, untuk mempelajari yang ini, anda juga harus melakukan percobaan terus menerus.

Belum lagi jika kita ini adalah seorang Publisher. Apa itu Publisher?

Dalam dunia blogging, Publisher adalah seorang blogger yang memanfaat blognya untuk menjaring trafik atau visitor atau pengunjung blog, lalu seorang blogger tersebut memasang banner-banner iklan di dalam blognya. Dengan harapan banyak pengunjung yang tertarik dengan apa yang ditampilkan, atau juga bisa dengan banner promosi sebuah produk.

Untuk mendapatkan banner-banner iklan tersebut, bisa menggunakan layanan PPC(Pay Per Click) seperti Google Adsense, Chitika, dll. Atau juga bisa menggunakan banner affiliate untuk pemasaran produk dan mendapatkan komisi dari produk yang terjual dari banner affiliate yang kita tampilkan. Dan masih banyak lagi pokoknya.

Emang visitor/pengunjung bakal dateng sendiri?

Ya tidak dong, apa alasannya pengunjung dateng di blog anda? lah wong isinya kosong gak ada apa-apa?

Lalu bagaimana untuk menjaring visitor? caranya adalah dengan “Menyajikan Konten” yang dibutuhkan oleh para pengunjung. Nah tahap inilah yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan ekstra. Anda harus membuat konten satu per satu dengan baha anda dan juga pengalaman yang anda miliki.

Dalam penyajian konten ini anda harus tau betul materi yang anda sajikan, jangan asal menyajikan konten COPAS (Copy Paste), apalagi jika Copasnya tanpa izin dan tergolong brutal, bukan ilmu yang anda dapatkan melainkan dosa yang terus menumpuk.

Kembali ke topik utama, untuk membangun konten anda bisa juga menggunakan jasa orang lain, dan pastinya anda harus mengeluarkan sedikit uang lagi, yang artinya terhitung modal awal dalam membuat website. Yah.. modal lagi-modal lagi.

Ya memang begitulah dalam dunia bisnis, ingin dapet besar ya modal besar, tapi jika anda ingin modal kecil dapet besar, ya dibesarin Usahanya jangan malas dan harus tekun.

Saya disini juga sudah berbagi informasi mengenai cara membuat Website secara gratis maupun yang berbayar, bisa membaca artikelnya disini :

Cara Membuat Website Secara Gratis dan Juga Berbayar


Tetapi bisnis online tak hanya meliputi sebagai publisher, anda juga bisa berdagang secara online atau juga menjajakan jasa sebagai penulis artikel blog orang lain. Bagaimana cara menjadi seperti itu?

Menjadi Dropshipper

bisnis-online-mbendoll

Jika anda ingin menjadi Dropshipper, anda juga harus memiliki ilmu pasar, apa dan siapa yang anda targetkan dengan produk yang anda punya. Rata-rata dropshipper tidak memiliki produk secara langsung, melainkan menjualkan produk orang lain dengan harga yang sudah disesuaikan antara distributor dan para dropshipper. Dan para dropshipper mengambil keuntungan ketika barang itu terjual.

Bisnis ini juga membutuhkan modal, karena kita juga membeli produknya dahulu baru kita pasarkan. Tetapi saat ini sudah banyak dropshipper yang menawarkan produk tanpa harus kita beli, melainkan kita hanya memasarkan produk bermodalkan katalog/gambar, dan ketika ada pesanan, pihak distributor lah yang mengirim barang dengan atas nama kita, seperti : Cakning, Supplier ID dan masih banyak lagi.

Dalam pemasarannya kita juga bisa memanfaat sosial media seperti : Facebook, Pinterest, Instagram dll, atau juga bisa ke website penyedia jasa pemasaran produk seperti Tokopedia, Bukalapak dll.

Menjadi Content Writer / Penulis Artikel/Konten

Untuk menjadi CW (Content Writer) nyaris tanpa modal, kita hanya membutuhkan keahlian menulis yang kita miliki lalu kita jual tulisan kita sebanyak 200 kata atau lebih terhadap para blogger-blogger yang membutuhkannya. Namun seorang CW harus pandai dalam menulis konten, jangan hanya bisa kopi paste tulisan orang, karena jika tulisan kita bagus dan unik, maka kita akan dicari orang dan banyak yang menjadi pelanggan kita.

Sebenarnya banyak sekali bisnis online yang bisa kita jalani, namun karena keterbatasan penulism dan hanya itu saja yang penulis tahu, ya itulah yang penulis sajikan.

Saran saya bagi yang ingin memulai bisnis online, anda harus tanya dahulu pada orang yang sudah berkecimpung lama ataupun yang telah mencicipi pahit manisnya bisnis online, agar anda tidak bingung ditengah jalannya nanti.

Jadi masih menganggap bisnis online itu mudah?

Bisnis online akan terasa mudah ketika telah mencapai titik dimana kita telah merasakan sebuah hasil dari usaha kita selama ini, kita tak perlu lagi bekerja begitu keras, melainkan pekerjaan kita yang dahulu sudah kita serahkan terhadap rekan-rekan yang sedang ingin belajar berbisnis online dengan imbalan yang setimpal, yaitu $ dan juga ilmu.

Bagi yang menganggap bisnis online itu mudah? ya monggo silahkan dicoba dan dirasakan sensinya.

Artikel ini hanyalah artikel selingan karena admin bingung mau berbagi informasi apa dan sedang mencari ide-ide lainnya.

Salam Hangat,

Admin

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook