Ciri Minyak Rem Motor yang Bagus dan Rekomendasinya

minyak rem motor yang bagus
minyak rem motor yang bagus

Rem merupakan satu komponen penting dalam suatu kendaraan seperti salah satunya adalah motor, Setiap motor pasti sudah dilengkapi dengan rem. Namun rem juga membutuhkan pelumas atau minyak agar bisa membuat rem pakem dan sebagainya. Tapi ada yang terkadang bingung dengan minyak rem motor yang bagus itu seperti apa dan bagaimana.

Minyak rem bagus tidak bisa dinilai dari segi merek namun juga harus mengkondisikan dengan motor yang dipakai saat itu. Sebab setiap motor memiliki kapasitas rem sendiri-sendiri. Dengan begitu pengguna juga tidak boleh main asal menggunakan merek bagus atau yang mahal agar semakin pakem atau sebagainya. Untuk tahu lebih lanjut, simak uraian berikut:

Ciri-Ciri Minyak Rem Yang Bagus Untuk Motor

Adapun ciri-ciri minyak motor yang bagus yang perlu pengguna ketahui sebelum membeli atau mengganti minyak rem motor milik pengguna. Ciri-ciri minyak yang bagus sendiri ada beberapa yang bisa dijadikan sebagai patokan di antaranya adalah memiliki titik didih yang lumayan tinggi hal ini bertujuan mencegah terjadinya penguapan.

Ciri-ciri lain yang juga bisa dijadikan sebagai patokan adalah memiliki fitur atau kandungan anti karat atau kandungan yang mampu mencegah terjadinya korosi pada rem. Kekentalan yang dimiliki oleh minyak rem tersebut juga harus baik, dan minyak tidak menghasilkan atau meninggalkan endapan yang bisa mengakibatkan aliran minyak tersumbat dan beberapa lainnya.

Rekomendasi Minyak Rem Bagus Untuk Motor Berdasarkan Jenisnya

Jika sudah kenali apa saja ciri-ciri dari minyak rem motor yang bagus maka pembahasan kali ini adalah rekomendasi minyak rem yang bagus untuk motor berdasarkan jenisnya. Perlu pengguna ketahui bahwa tidak semua motor menggunakan jenis minyak rem yang sama. Namun tiap motor memiliki jenis atau kapasitasnya masing-masing. Untuk lebih jelasnya bisa simak uraian berikut:

1. Jenis Dot 3

Penentuan dari jenis dot ini merupakan setelan dari pabrik. Jadi pengguna tidak disarankan untuk menggunakan DOT yang lebih tinggi lebih rendah. DOT tiga biasanya digunakan untuk motor bebek dan sebagainya. Untuk merek minyak rem motor DOT 3 yang bagus juga cukup beragam, di antaranya adalah brake fluid DOT 3 merek Castrol dan dan juga shell.

2. Varian Dot 4

Untuk DOT empat ini material yang digunakan juga lebih baik dan bagus dari pada dot 3. Yakni glikol eter yang merupakan material paling ekonomis seperti yang digunakan pada DOT 3. Namun pada dot 4 ditambah dengan material berupa Ester borat sebagai aditifnya. Untuk DOT ini pengguna bisa menggunakan merek prestone, Valeo dan sebagainya.

3. Tipe Dot 5.1

Pada urutan ketiga adalah minyak rem motor tipe atau jenis DOT 5.1. Untuk tipe ini banyak juga yang mengatakan bahwa ini merupakan tipe dot 4 super. Material yang digunakan juga menggunakan Ester borat yang sudah berstandar DOT. Untuk minyak rem motor tipe ini pengguna bisa menggunakan merek Motul atau sebagainya.

4. Tipe Dot 5

Pada tipe atau jenis ini merupakan minyak rem berbahan silikon. Jadi material yang digunakan berbeda dari minyak rem motor dari tipe DOT lainnya. Untuk merek yang untuk jenis DOT 5 pengguna bisa menggunakan merek Clearco, Brembo original, seiken clear dan sebagainya.

Nah itu tadi adalah beberapa pembahasan mengenai minyak rem motor yang bagus yang bisa pengguna pelajari. Namun untuk yang lebih aman dan jelasnya tentang tipe minyak rem yang pengguna butuhkan bisa baca pada panduan motor tersebut. Atau lebih simpelnya untuk langsung mendatangi bengkel yang memang melayani jenis motor tersebut.

 

Pos terkait