Inilah Fungsi Carbon Cleaner yang Jarang Diketahui

fungsi carbon cleaner
fungsi carbon cleaner

Bagi penggemar otomotif, carbon cleaner bukanlah hal yang asing lagi. Namun, banyak juga orang yang belum mengenal kegunaan carbon cleaner yang keberadaannya sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini adalah fungsi carbon cleaner yang jarang diketahui oleh banyak orang:

Pengertian Carbon Cleaner

Carbon cleaner merupakan alat pembersih yang berguna untuk menghilangkan kotoran yang berupa kerak atau sisa karbon. Alat pembersih ini umumnya digunakan untuk membersihkan kerak pada mesin yang terjadi akibat sisa pembakaran. Bagi pemilik kendaraan, kerak atau sisa karbon perlu dihilangkan untuk menaikkan performa mesin sehingga kendaraan dapat berfungsi dengan optimal.

Secara garis besar, fungsi carbon cleaner adalah untuk membersihkan dari kotoran kerak sisa pembakaran, membersihkan mesin, serta memudahkan kinerja mesin. Meskipun terbukti ampuh menghilangkan kerak sisa pembakaran, namun carbon cleaner tidak dapat digunakan terlalu sering. Hal itu disebabkan karena dapat mengikis komponen di dalam mesin. Untuk itu, sebaiknya digunakan minimal 1-2 kali sehari.

Selain memiliki banyak manfaat, carbon cleaner juga mudah digunakan. Untuk menghilangkan kerak pada mesin kendaraan, pengguna cukup menyemprotkan bahan ini pada mesin yang akan dibersihkan. Selanjutnya, pengguna cukup memberi waktu agar bahan pembersih melakukan proses pembersihan dan pengelupasan. Setelah beberapa saat, kotoran akan perlahan mengelupas dan mesin akan kembali bersih.

Kegunaan Carbon Cleaner

Carbon cleaner adalah formula khusus yang ditujukan untuk membersihkan kerak sisa pembakaran berupa karbon. Meskipun sangat familiar di kalangan masyarakat, namun banyak orang yang masih asing mengenai apa sebenarnya kegunaan carbon cleaner. Berikut ini adalah fungsi carbon cleaner:

1. Membersihkan Kerak

Seiring berjalanya waktu, mesin pada kendaraan bermotor mengalami bahan sisa pembakaran berupa kerak yang dapat menghambat kinerja mesin. Bahan kimia keras yang terdapat pada carbon cleaner terbukti efektif untuk membersihkan kerak yang umumnya terdapat pada mesin atau bahan lainnya.

2. Membersihkan Sisa Karbon Pembakaran Plastik

Tidak hanya berguna untuk membersihkan mesin, carbon cleaner juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa karbon sisa pembakaran plastik. Sisa plastik yang menempel pada suatu benda terkadang susah untuk dihilangkan hingga menyebabkan bahan menghitam dan kusam. Untuk mengatasi hal itu, carbon cleaner adalah salah satu pilihan yang tepat.

3. Memulihkan Tenaga Mesin Kendaraan

Sisa pembakaran berupa kerak pada kendaraan bermotor apabila dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menghambat kinerja kendaraan. Permasalahan tersebut seringkali menyebabkan kendaraan mengalami turun mesin akibat adanya kerak pada komponen mesin. Untuk mengatasinya, carbon mesin dapat digunakan dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat.

4. Penghilang Karat Bekas Air Radiator.

Perlunya penggantian air radiator secara berkala adalah mencegah mesin kendaraan dari korosi. Air yang jarang diganti seiring dengan waktu akan tercemar oleh kotoran atau karat pada besi radiator. Sisa residu ini umumnya akan menghambat kinerja mesin kendaraan menjadi tidak maksimal.

5. Membersihkan Komponen Besi Berkarat

Selain untuk membersihkan mesin, carbon cleaner juga terbukti efektif untuk membersihkan komponen besi yang berkarat. Menurut penelitian, benda berkarat dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Selain itu, benda berkarat yang melukai tubuh dapat menyebabkan penyakit tetanus yang berbahaya.

Penggunaan carbon cleaner dengan cara yang benar terbukti ampuh mengangkat kotoran pada mesin kendaraan. Meski memiliki beragam manfaat untuk memperbaiki kinerja mesin, namun ada baiknya pengguna memperhatikan merek carbon cleaner untuk hasil yang lebih baik. Untuk memaksimalkan fungsi carbon cleaner, ada baiknya pengguna memperhatikan dan menerapkan bahan pembersih sesuai dengan petunjuk kegunaan.

 

Pos terkait