Kumpulan Obat Sakit Gigi, Tradisional, Herbal yang Paling Ampuh
Obat Sakit Gigi

Kumpulan Obat Sakit Gigi, Tradisional, Herbal yang Paling Ampuh

Selingkaran.com – Obat sakit gigi selalu menjadi incaran para penderita nyeri gigi, bagi yang belum pernah merasakan sakit gigi, biasanya memang menyepelekan rasanya, tetapi ketika orang tersebut mengalami nyeri pada gigi sudah bisa dipastikan ia tak ingin mengulangi hal buruk itu kembali, karena rasanya sakit gigi itu gak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan tidak bisa nilai seberapa sakit yang dialami.

Sakit Gigi adalah sakit dimana gigi sedang dalam keadaan tidak normal, ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada gigi, atau infeksi pada gusi, jika hanya infeksi saja pada gusi mungkin masih bisa diatasi dalam beberapa hari, tetapi jika terdapat kerusakan pada gigi, misalkan saja kerusakan gigi dengan adanya lubang menganga pasti syaraf dan dentin gigi akan terbuka lebar, dan rentan terserang kuman ataupun tersenggol makanan saat mengunyah.

Hal ini lah yang menyebabkan nyeri pada gigi, apalagi jika makanan tersebut sampai terselip di lubang yang ada pada gigi, sungguh tidak bisa dibayangkan rasanya, oleh sebab itu bagi penderita sakit gigi sangat berhati-hati dalam mengunya dan juga mengkonsumsi makanan.

Banyak faktor yang menyebabkan gigi rusak, diantaranya adalah :

1. Kurang Memperhatikan Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi setiap hari seharusnya menjadi perhatian sendiri dalam kehidupan manusia, jika gigi dibiarkan terus menerus tidak dibersihkan, maka plak-plak atau karang gigi yang menempel akan terus menggerus kekuatan gigi kita, dan alhasil menciptakan lubang-lubang kecil yang lama-kelamaan akan menjadi besar dan menyebabkan nyeri pada gigi.

2. Kebersihan Makanan

Ini pengalaman admin sendiri, faktor yang satu ini bisa dibilang sangat menjengkelkan, jika anda pernah mengkonsumsi nasi lalu tiba-tiba mengunyah benda keras seperti batu, bagaimana rasanya? pasti ngilu ya? itu lah yang dirasakan, selain ngilu benda keras yang dikunyah tadi tentunya akan melukai gigi, dan akan membuat gigi berlubang walaupun kecil, tetapi lama-kelamaan lubang ini akan membesar karena tidak mungkin menutup kembali, dan pastinya akan membuat rasa nyeri yang amat sangat.

Bagi yang mengalami sakit gigi, pasti sangat kelimpungan untuk mencari obat untuk mengatasi sakitnya, sudah berbagai macam cara dicoba tetapi masih terus kambuh dan kambuh, tau kenapa alasannya?

Gigi akan terus sakit jika syaraf yang ada pada gigi yang berlubang belum mati, artinya jika syaraf tersebut terkena makanan pasti akan menimbulkan rasa nyeri yang berlebih.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan ramuan herbal, obat tradisional untuk obat sakit gigi yang bisa anda gunakan, berikut Kumpulan Obat Sakit Gigi yang dapat anda buat sendiri dirumah.

Obat Sakit Gigi Herbal & Tradisional

1. Ramuan Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan dapur yang sangat sering digunakan, taukah anda bahwa bawang putih memiliki anti biotika alami didalamnya. Untuk pemanfaatannya anda bisa menggunakan bawang putih untuk ditempelkan di area gigi yang sakit, misalkan anda tumbuk dahulu bawang putih hingga sedikit halus, lalu bisa anda selipkan di bagian gigi yang sakit, biarkan sejenak hingga efek dari bawang putih bereaksi, lama kelaman rasa nyeri pada gigi akan segera hilang. (Baca Juga : Manfaat Bawang Putih)

2. Ramuan Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu ramuan yang sangat dipercaya untuk mengatasi sakit gigi, daru dahulu hingga sekarang minyak cengkeh selalu digunakan untuk obat sakit gigi, didalam minyak cengkeh juga terdapat zat antibiotika alami seperti halnya bawang putih, sehingga dapat meredakan nyeri sekaligus mengobatinya agar tak kambuh kembali. Jika kesulitan membuat ekstraknya,  anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli.

3. Ramuan Getah Jarak

Getah Jarak

Getah Jarak

Getah jarak dahulu sempat digadang-gadang sebagai buah yang bisa menggantikan BBM saat ini, tetapi tak hanya itu ternyata getah dari buah jarak juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi yang dialami loh, tetapi konon jika menggunakan bahan ini, ada efek samping untuk giginya lo, efek sampingnya adalah gigi akan secara perlahan mengalami kerontokan, jika getah jarak digunakan secara terus menerus pada gigi yang sama, tetapi untuk masalah mengobati sakit bahan yang satu ini memang sangat ampuh sekali, jadi tak ada salahnya untuk mencoba, tetapi ingat jangan berlebihan.

4. Kumur-kumur Air Garam

Air Garam

Air Garam

Berkumur -kumur Air Garam adalah salah satu cara tradisional untuk memulihkan rasa nyeri yang diderita, berkumur air garam dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi anda ini sudah dilakukan sejak lama dan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia.

Jika ke empat ramuan tersebut tidak memberikan efek apa-apa terhadap gigi anda, cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah mencabut gigi yang bermasalah, karena jika tidak dicabut anda akan terus merasakan nyeri pada gigi hingga gigi tersebut benar-benar habis, jadi tidak ada salahnya jika anda mencabut gigi yang sudah rusak agar tidak menimbulkan masalah baru.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook