Begini Cara Meringkas Kabel Body Motor Supra dengan Benar

cara meringkas kabel body motor supra
cara meringkas kabel body motor supra

Suatu produk motor yang masih famous dan eksis hingga kini adalah Supra. Layaknya seperti motor jenis lainnya, di dalam Supra memiliki mesin serta rangkaian kabel untuk menunjang kinerjanya. Namun, kadang ada orang yang ingin meringkas kabel yang ada didalamnya. Nah, berikut cara meringkas kabel body motor Supra yang bisa dipraktekan:

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memasuki bagaimana cara meringkas kabel body motor Supra dengan benar, tentu harus tahu dulu bahan dan alat yang harus dipersiapkan. Sebagai salah satu motor yang masih digunakan, pastinya didalamnya memiliki mesin.

Dimana, seperti yang diketahui mesin dan kabel yang ada akan bekerja secara kesinambungan, agar bisa bekerja dengan semestinya. Nah, langsung saja berikut bahan serta alat yang dibutuhkan dalam meringkas kabel motor Supra. Simak rincian berikut:

  • Pertama, siapkan kabel dengan Panjang kurang lebihnya empat meter.
  • Siapkan gunting yang masih bisa digunakan.
  • Isolasi, bisa yang bening atau hitam.
  • Alat Tang.
  • Siapkan Tali Tis yang nantinya digunakan untuk mengaitkan sais motor dengan kabel.
  • Siapkan Saklar. Bisa yang baru atau bekas.

Cara Pengerjaannya

Jenis motor Supra tentunya memiliki jenis pengapian motor yang berbeda dengan motor lainnya. Sebab, secara spesifikasi tentunya ada perbedaan. Namun, tidak semua motor berbeda, nah umumnya motor Supra ini mempunyai jenis pengapian yang sama dengan motor Kharisma.

Jadi, yang memiliki motor Kharisma apabila ingin meringkas kabel motornya bisa ikuti juga langkah yang ada di tulisan ini. Nah, setelah tahu tentang alat serta bahan yang diperlukan, maka selanjutnya adalah cara meringkas kabel body motor Supra. Berikut langkah mudah yang dapat diikuti:

1. Siapkan Bahan dan Alat Serta Lepaskan Kabel Sasis

Hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja dengan menyiapkan bahan serta alat yang ada diatas. Pastikan semua alat tersedia, agar lebih mudah dalam pengerjaannya. Nah, kemudian seseorang bisa langsung melakukan tindakan penanganan yaitu melepaskan semua kabel.

Lepaskan semua kabel yang ada di sasis motor. Pastikan kabel yang ada di Sasis motor bukan yang lainnya. Lakukan dengan hati-hati dan benar.

2. Potong Kabel

Apabila telah selesai melepas semua kabel yang ada di sasis motor, kemudian melakukan pemotongan kabel. Pada proses ini, pastikan seseorang bisa mengetahui mana kabel CDI dan juga KIPROK. Sebab, disini akan dilakukan pemotongan kabel yang ada di soket pada kedua kabel tersebut. Potonglah kabel tersebut jangan terlalu pendek, sebab soket kabel tersebut masih akan digunakan kembali.

3. Rangkaian Kabel

Jika sudah memotong kabel yang ada pada soket CDI serta KIPROK. Maka, selanjutnya adalah merangkai kabel. Pada proses merangkai kabel motor ini, usahakan lakukan dengan benar dan teliti. Berikut cara merangkainya:

  • Pertama, kabel yang mempunyai warna Hijau dikaitkan dengan mesin atau sasis motor. Dimana kabel hijau ini memiliki arus negatif dan kaitkan kabel warna hijau yang ada pada Sasis motor.
  • Kemudian, kabel dengan warna hitam strip merah adalah arus positif. Kabel tersebut dikaitkan dari KIPROK lalu ke AKI. Kemudian, jangan lupa menambahkan sekring yang sesuai jalur pemasangan kunci kontak.
  • Selanjutnya, kabel biru strip kuning merupakan kabel pulser yang berada di bak magnet. Kaitkan, untuk menuju CDI.
  • Kabel warna kuning merupakan untuk lampu penerangan bagian depan.
  • Kabel warna hitam strip kuning yaitu kabel yang ada di CDI menuju ke AKI.
  • Selanjutnya, kabel warna putih merupakan kabel untuk spull pengisian.

Itulah tadi cara meringkas kabel body motor supra dengan benar serta alat dan bahannya. Praktekan cara diatas dengan benar, untuk memudahkan pastikan semua kabel dilepas dulu. Dalam proses perangkaian, pastikan kaitan kabel tidak tertukar dengan lainnya.

 

Pos terkait