Ini Cara Belajar Main Saham Pemula Agar Tidak Gegabah

Ini Cara Belajar Main Saham Pemula Agar Tidak Gegabah

Cara belajar main saham pemula penting untuk diketahui sebelum terjun dalam dunia investasi. Hal yang terpenting adalah meminimalisir risiko serta meningkatkan peluang mendapatkan profit. Tanpa pendalaman yang sungguh-sungguh, bermain saham akan menyia-nyiakan waktu, pikiran, serta biaya. Sebagai pemula dalam investasi saham, berikut berbagai cara yang dianjurkan dalam mempelajarinya:

1. Mengumpulkan Pengetahuan dari Berbagai Sumber

Mulailah dengan mengumpulkan ilmu terkait saham. Sebelum memulai sesuatu yang baru, belajar adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan kemudahan di zaman canggih, belajar bisa dilakukan dari berbagai sumber, namun tentunya tetap memperhatikan kredibilitas sumbernya. Berdiskusi dengan orang lain yang berlatar belakang pendidikan dan pengalaman terpercaya.

Bacaan Lainnya

Manfaatkan jejaring sosial dengan muatan edukasi misalnya Instagram dan YouTube. Bacalah buku, rajin membaca berita, dan sebagainya. Dengan memahami dasar, investor akan lebih siap dan tidak “kosong” sama sekali saat terjun dalam saham.

Baca Juga : Ini Dia Investasi Ternak OJK untuk Investasi Aman dan Menguntungkan

2. Menentukan Tujuan Investasi Sesuai Kondisi Keuangan

Tentukan apa tujuan melakukan investasi serta pertimbangan yang disesuaikan kondisi keuangan pribadi. Cara belajar main saham pemula ini begitu penting karena tujuan jelas dapat berpengaruh ke nominal dan jangka waktu berinvestasi. Hindari memaksakan diri untuk investasi di luar kemampuan. Pastikan menggunakan uang dingin dan menghindari pinjaman.

3. Memulai dengan Nominal Kecil dan Memahami Risiko

Mulailah dengan nominal yang kecil sebagai permulaan. Hal ini bukan masalah, karena nantinya secara bertahap akan bertambah besar seiring pengetahuan serta kepercayaan diri. Bagian pentingnya adalah beradaptasi terlebih dahulu. Selain itu investor pemula juga harus mengetahui risiko seperti apa yang akan dihadapi, terutama yang menjanjikan keuntungan tinggi.

Apabila belum percaya diri dengan saham berisiko tinggi, investor dapat memilih perusahaan dengan track record yang baik dan sudah dikenal luas. Ada dua jenis kerugian yakni capital loss serta risiko likuiditas. Sedangkan keuntungan juga terdiri dari dua jenis yaitu dividen serta capital gain.

4. Berinvestasi di Perusahaan yang Tepat

Hindari tergiur akan nominal saham yang murah, karena yang penting adalah perusahaannya. Hal ini seringkali terlupakan dalam cara belajar main saham pemula, padahal pengaruhnya besar. Pastikan memilih perusahaan yang sistemnya terstruktur, pengelolaan baik, dan operasionalnya berjalan lancar.

Baca Juga : Inilah Cara Paylater Traveloka Agar Dapat Diakses Dengan Mudah

Perusahaan yang memiliki pengelolaan/manajemen baik berpeluang untuk berkembang seiring berkembangnya prospek. Sebaliknya, jika perusahaan kurang memperhatikan perkembangannya maka akan segera ditinggalkan para investor.

5. Menjauhi Pasar Derivatif

Hindari pasar yang bersifat derivatif (kontrak/perjanjian dengan keuntungannya bergantung dengan kinerja dari aset lain). Umumnya, pasar derivatif merupakan kontrak berjangka sehingga lebih banyak dijadikan cadangan atau alternatif. Pasar derivatif termasuk pembelian yang basisnya kontrak dengan kadaluarsa.

6. Mengelola Ekspektasi dan Mengatur Emosi

Ingatlah bahwa setiap investasi membutuhkan waktu agar bisa mendapatkan keuntungan Jangan membuat ekspektasi bisa meraih keuntungan besar pada waktu singkat, karena pemikiran ini justru berbahaya dan membuat banyak investor tidak cerdas saat berinvestasi. Umumnya, pengembalian sebesar 12 hingga 18% dalam setahun sudah terbilang baik dalam saham.

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pengaturan emosi. Tidak jarang kecenderungan emosi yang tidak dikelola dengan baik berakibat pada kerugian. Faktor eksternal tidak dapat dikendalikan, untuk itulah faktor internal seperti emosi perlu mendapat perhatian khusus. Jangan membuat keputusan yang didasarkan oleh emosi sesaat, namun dengan kepala jernih.

Baca Juga : Pengertian Dan Cara Daftar NPWP Online Untuk Pribadi Dan Badan Usaha

Itu tadi berbagai cara belajar main saham pemula yang penting untuk diketahui. Menekuni dunia saham memerlukan usaha yang tekun serta kemauan untuk terus belajar. Tidak cepat berpuas diri namun tetap berhati-hati, investor masa kini perlu dibekali ketangguhan serta ketenangan dalam membuat keputusan.

Pos terkait