5 Penyebab Air Radiator Penuh tapi Mesin Panas yang Sering Terjadi!

air radiator penuh tapi mesin panas

Di setiap mobil pasti membutuhkan apa yang dinamakan dengan air radiator, fungsi dari air tersebut biasanya untuk mendinginkan sebuah mesin yang panas. Tetapi, seringkali terdapat kasus air radiator penuh tapi mesin panas. Tentunya hal tersebut ada penyebabnya dan pasti ada solusi untuk mengatasinya. Berikut beberapa penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi!

1. Mesin Radiator Kering

Penyebab utama atau yang umum kenapa air radiator penuh tapi mesin panas yang pertama adalah bisa jadi karena mesin dari radiator yang kering. Mesing yang kering tidak hanya karena air yang digunakan sudah habis, tetapi bisa juga karena permukaan mesin yang rusak serta dingin sehingga menyebabkan air menguap lebih cepat.

Jika dirasa air sudah penuh tetapi masih panas juga, maka bisa dilakukan pengecekan ulang. Karena, air yang sudah menguap tadi akan cepat habis walaupun kendaraan tidak digunakan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki mesin serta segera isi air radiator dengan yang baru.

2. Mesin Radiator Bocor

Selain rusak, mesin radiator juga bisa bocor. Sehingga, menyebabkan air radiator yang sudah dirasa penuh akan cepat habis tanpa disadari. Hal tersebut akan menyebabkan mesin cepat panas, pengguna kendaraan tersebut kadang tidak menyadari dan mengabaikannya. Padahal jika hal tersebut dibiarkan maka akan merusak kendaraan yang ada.

Solusi paling benar mengatasi penyebab tersebut adalah segera untuk mengganti mesin radiator. Karena, jika hanya diperbaiki saja mungkin masalah tersebut akan terulang kembali. Mesin yang sudah bocor biasanya karena komponen di dalamnya yang sudah using dan keropos jadi menyebabkan kebocoran.

3. Bagian Tutup Radiator Rusak

Penyebab yang selanjutnya adalah bisa jadi karena bagian tutup dari mesin radiator tersebut. Guna dari tutup tersebut adalah untuk menekan air yang ada di dalam sistem pendingin di dalam mobil. Bahan dasar dari tutup ini adalah dari sebuah karet sehingga mungkin saja cepat rusak.

Tutup yang sudah rusak tersebut pasti tidak akan berfungsi dengan baik lagi. Hal itulah yang bisa menjadi penyebab kenapa air yang masih penuh tetapi mesin masih panas juga. Sebaiknya, pengguna segera mengganti tutup mesin tersebut. Pasalnya, bila tidak segera diganti maka akan menyebabkan kerusakan pada kendaraannya.

4. Sistem Pendingin Tak Berfungsi

Untuk berikutnya bisa jadi disebabkan oleh sistem pendingin atau yang sering disebut dengan motor fan sudah tidak berfungsi dengan baik lagi. Sehingga, walaupun air sudah diisi dengan penuh tetapi mesin akan tetap panas. Karena, memang sistemnya yang tidak mau mendinginkan mesin di dalam kendaraan.

Sistem tersebut biasanya akan menghilangkan panas yang ada di dalam mesin. Jika sistem tidak berfungsi maka akan mempengaruhi hal tersebut. Solusi yang paling tepat adalah untuk membawanya ke tempat yang sudah professional agar segera untuk diperbaiki.

5. Pengisian Air Radiator

Sebab terakhir yang mungkin saja bisa terjadi adalah pada saat pengisian air radiator salah. Karena, di dalam mesin tersebut harus ada dua air yang diisi dengan benar. Ada air biasa dan air khusus yang digunakan, jika salah dalam memasukannya akan menyebabkan air tidak dapat bekerja dan menjadi penyebab mesin akan tetap panas.

Demikian beberapa penyebab kenapa air radiator penuh tapi mesin panas yang umum terjadi. Jika akan dilakukan perbaikan, sebaiknya lihat dulu apa penyebab utamanya. Karena, tidak semua kendaraan memiliki masalah yang sama serta cara mengatasi yang sama pula.

 

Pos terkait