Cara Memasang Rem Torpedo yang Bisa Dicoba

cara memasang rem torpedo

Keberadaan rem tentu sangat penting dalam suatu kendaraan, seperti halnya pada sepeda. Rem sendiri memiliki banyak jenisnya dan yang sering dipakai pada sepeda yaitu rem torpedo. Namun, cara memasang rem torpedo ini perlu ketelitian, sehingga tidak semua orang bisa. Tetapi, bukan berarti itu hal yang mustahil untuk dicoba. Berikut cara pemasangannya.

Cara Kerja Rem Torpedo

Dalam sepeda tentu akan sangat penting akan adanya sebuah rem. Dimana rem tersebut berguna untuk memperlambat atau menghentikan laju sepeda. Dengan demikian akan membuat bersepeda semakin aman dan juga nyaman.

Sekarang ini terdapat banyak sekali jenis rem yang digunakan oleh sepeda-sepeda. Salah satunya yang sering dipakai adalah menggunakan rem torpedo. Dimana cara kerja dari rem torpedo ini seperti layaknya pada rem lainnya. Dimana rem torpedo akan menghentikan kelajuan pada roda belakang, lewat gesekan yang ada pada hub sepeda.

Ketika gesekan tersebut semakin kuat maka pedal diputar ke belakang semakin banyak. Rem ini tidak menggunakan tuas atau kabel. Jadi, ketika pedal berputar ke belakang maka clutch akan menekan ke broke shoe. Dengan demikian akan berkurang kecepatan hub roda sepeda.

Cara Memasang Rem Torpedo

Untuk memasang rem torpedo, caranya gampang-gampang susah, sebab, membutuhkan skill. Namun, bukan tidak mungkin seseorang bisa melakukannya. Tentunya terdapat cara yang harus dilakukan. Untuk itu, simak yang berikut:

1. Siapkan Bahan dan Stel Jari-jarinya

Hal yang perlu dilalui yakni siapkan bahan yang diperlukan dalam memasang rem torpedo. Tentunya harus memiliki rem serta velgnya. Selanjutnya, rem tersebut bisa dibor dahulu dengan membuat lubang-lubang yang disesuaikan dengan velg yang dipakai sepeda. Pastikan disesuaikan dengan jari-jarinya.

Kemudian, setel jari-jarinya caranya yaitu dengan memutar ujung velg nya. Lalu bisa masukkan ke lubang rem yang telah dilubangi tadi. Lakukan hingga memenuhi setiap lubang yang ada yang disesuaikan dengan yang ada di sepeda.

2. Pasang Sasis atau Gear

Setelah menyetel jari-jari, maka bisa langsung diaplikasikan ke roda sepeda. Jika sudah kemudian, bisa langsung memasang gearnya. Sebelum memasang gear, terlebih dahulu pasangkan bagian sasisnya. Barulah kemudian memasang gear.

Caranya, terapkan lubang gear kepada rem, lalu pasang bagian per pengunci sprocket untuk menahan gearnya. Dalam memasang tersebut bisa menggunakan tang atau obeng agar lebih mudah. Jika sudah bisa cek dengan memutar gear yang telah terpasang.

3. Pasang Roda Sepeda yang Sudah Terpasang Rem

Apabila telah selesai dalam pemasangan gear sepadanya. Maka, tahap cara memasang rem torpedo selanjutnya yaitu dengan menerapkan roda ke sepeda. Caranya dengan, angkat rodanya dan sesuaikan dengan tempat yang ada di sepeda. Pasangkan dengan erat menggunakan mur yang sudah ada pada rem tersebut. Kunci bagian bisa dengan bantuan tank. Lalu, pasangkan rantainya.

Untuk tahap ini bisa pasangkan sesuai dengan cara yang biasa dilakukan dalam pemasangan roda seperti biasa. Lakukan semuanya dengan teliti serta hindari hal yang terlewati. Jika sudah, bisa kunci dengan alat-alat seperti tang, obeng dan lainnya. Apabila semuanya sudah dilakukan maka bisa ke tahap pengujian. Caranya dengan mencoba sepeda tersebut.

Itulah tadi cara memasang rem torpedo yang bisa dicoba. Untuk bisa lebih pahamnya, bisa dengan melakukan pencarian lebih mendalam mengenai hal ini. Bisa juga dengan menonton video tutorialnya yang ada di internet. Sebelum itu pastikan semua bahan telah tersedia. Namun, apabila ribet, bisa langsung datang saja ke bengkel professional.

 

Pos terkait