Mengenal Jenis Komponen ECU Mobil, Sistem Penting Dalam Kendaraan

komponen ecu mobil

Banyak orang yang tidak menyadari keberadaan komponen ECU mobil dalam kendaraan roda empatnya. Terutama, bagi mobil yang memiliki sistem injeksi pada mesinnya. Keberadaan komponen ini sangatlah penting dan harus dirawat.

Komponen satu ini memiliki berbagai fungsi vital pada kendaraan. Mulai dari menentukan durasi injeksi pada bahan bakar. Komponen ini juga berpengaruh untuk berbagai sistem mobil lainnya. Mulai dari identifikasi kunci mobil kendaraan, sampai sistem keamanan mobil.

Jadi, sebenarnya apa sih ECU mobil itu? Serta apa saja jenis dari komponen satu ini?. Berikut penjelasan mengenai komponen dari ECU mobil berikut dengan jenis yang perlu diketahui.

Mengenal Komponen ECU Mobil

Secara umum, komponen ECU pada mobil ini bisa disebut sebagai komponen inti dalam kendaraan roda empat. Berlaku pada mesin injeksi pada mobil, komponen ini dibuat dengan perhitungan proses komputer yang kemudian diletakkan pada mobil.

Karena kemampuan komponen ini untuk melakukan perhitungan secara akuratkah. Sistem-sistem penting dalam mobil dapat didukung. Mulai dari injeksi bahan bakar, suhu yang dikeluarkan AC, sampai sistem alarm dan airbag dalam mobil.

Jenis-Jenis Komponen ECU Dalam Mobil

Setelah mengenal pengertian dari komponen ini. Berikutnya akan dibahas jenis-jenis dari komponen ini. Dengan mengetahui jenis-jenis komponennya. Para pemilik kendaraan akan menyadari betapa pentingnya keberadaan komponen ini pada mobil.

1. Jenis ECM atau Engine Control Module

Sesuai dengan namanya, jenis komponen satu ini bertanggung jawab pada proses bekerjanya mesin pada mobil. Mulai dari saat mobil dinyalakan atau starting, sampai injeksi pada bahan bakar. Terus sampai proses cooling atau pendinginan saat mobil sudah selesai digunakan.

2. Jenis PCM atau Powertrain Control Module

Komponen ECU Mobil satu ini bertugas memastikan bahwa aliran energi dan tenaga dari mesin mobil. Menyebar ke berbagai bagian mobil dan terdistribusi sesuai dengan yang dibutuhkan. Terutama, tenaga pada bagian penggerak yaitu roda.

Sebenarnya tidak semua mobil memiliki modul jenis PCM ini. Hanya ada beberapa tipe mobil saja yang memanfaatkan jenis PCM ini.

3. Jenis BCM atau Body Control Module

Seperti nama modulnya, fungsi BCM berkaitan dengan tubuh atau body dari kendaraan. Jadi, hal-hal seperti pergerakan wiper, klakson, dan lampu-lampu yang menempel pada kendaraan. Merupakan tanggung jawab dari sistem yang dijalankan oleh module BCM.

Tidak hanya terbatas pada bagian yang menjadi porsi utama mobil. BCM juga mempengaruhi pemasangan dan penggunaan perangkat stereo pada mobil. Serta teknologi atau alat lain yang diletakkan pada bagian dashboard mobil.

  1. Jenis TCM atau Transmission Control Module

Sama seperti PCM, sebenarnya jenis TCM tidak bisa ditemukan di semua tipe mobil. Modul ini hanya digunakan pada mobil dengan transmisi yang otomatis. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan pengaturan perpindahan momen transmisi dan menyesuaikannya dengan RPM pada mesin.

5. Jenis HVAC Control Module

Untuk mobil yang sudah memiliki AC dengan Auto AC System pasti membutuhkan mobil ini pada mesinnya. Karena dengan jenis komponen ini, pengaturan sirkulasi bagian dalam mobil akan lebih mudah disesuaikan. Terutama dengan suhu yang berada di luar body mobil.

6. Airbag Control Module

Airbag merupakan sistem keamanan terbaru yang mencegah terjadinya cedera serius pada pengendara dan penumpang. Terutama, yang duduk pada bagian depan berhadapan dengan dashboard. Ternyata, sistem keamanan satu ini juga dikendalikan oleh komponen ECU.

Modul ini akan merespon rangsangan tertentu. Kemudian, mengembangkan kantung udara untuk keamanan pengendara.

Itulah berbagai jenis komponen ECU Mobil yang mungkin tidak banyak orang mengetahuinya. Ternyata keberadaan komponen ini sangatlah fatal di kendaraan mobil.

 

 

Pos terkait