Cara Mengatasi Susah Tidur dimalam Hari (Insomnia)
Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

Cara Mengatasi Susah Tidur dimalam Hari (Insomnia)

Selingkaran.Com – Salah satu masalah yang dialami manusia adalah susah tidur dimalam hari atau biasa disebut insomnia, kenapa hal ini terjadi? ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan anda sulit tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak pada malam hari, padahal jam istirahat anda hanya pada malam hari, karena anda mempunyai aktifitas yang padat pada siang harinya. Insi suatu yang tidak wajar, yang jika anda biarkan terus terusan ini akan mengakibatkan kerusakan pada sistem metabolisme anda, karena dianjurkan untuk kesehatan itu tidur atau istirahat minimal 6jam dalam seharai, jika kurang dari itu maka tubuh akan mengalami kelelahan berat.

Insomnia  biasa dialami bagi anda yang suka begadang, karena keterusan begadang ketika hendak mencoba tidur lebih awal maka anda kan kesulitan, ini dikarenakan faktor kebiasaan yang tidak boleh berlanjut. Kebiasaan begadang memang sangat tidak bagus, tetapi sesekali boleh juga jika hanya untuk menyelesaikan pekerjaan atau menghabiskan waktu karena ada sesuatu acara di tv yang anda sukai, tapi percayalah kualitas tidur anda mempengaruhi semangat kerja pada esok pagi. Jika anda kurang tidur sudah dipastikan anda tidak akan bersemangat dalam bekerja esok.

Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi anda sulit untuk tidur atau insomnia, faktor tersebut antara lain :

Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang yang anda lakukan sehari hari ini akan menimbulkan efek yang jangka lama bagi kualitas tidur anda, karena akan merubah sistem pola tidur anda, jika anda sudah terlanjur sering begadang, maka untuk mengubahnya kembali ke pola tidur normal akan membutuhkan waktu.

Minum Kopi Sebelum Tidur

Efek kafein pada kopi tentunya akan membuat mata anda terjaga lebih lama, karena memang fungsi dari kopi sendiri adalah mencegah anda untuk tidur lebih awal.

Merokok Sebelum tidur

Melokok sudah jelas sekali memberi dampak yang buruk bagi tubuh, hal ini jika dilakukan sebelum tidur akan membuat tidur anda kurang nyanyak pada malam hari, jadi sebaiknya hindari hal ini.

Untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur, mungkin anda bisa lakukan cara-cara berikut ini :

Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga sebelum tidur berguna untuk mengeluarkan zat-zat negatif pada tubuh melalui keringat, selain menyehatkan ini juga akan membuat tidur anda menjadi lelap karena tubuh merasa capai sehingga membutuhkan istirahat penuh.

Minum Teh Hijau

Tidak ada salahnya meminum teh hijau sebelum tidur, aroma wangi pada teh akan membuat anda nyaman dan ingin segera pergi ke tempat tidur anda, ingat jangan memberi teh banyak gula, bila perlu minum tanpa gula ini akan lebih sehat.

Membersihkan Tempat Tidur

Membereskan barang-barang yang berserakan ditempat tidur salah satu solusi untuk kenyamanan tidur anda.

Hindari Cahaya dan Musik (suara bising)

Cahaya dan suara bising hanya akan membuat anda terjaga sepanjang malam, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi anda yang tidak suka gelap dan harus menggunakan cahaya, tetapi anda harus menghindari yang namanya musik atau suara bising, ini hanya akan membuat anda tidak bisa tidur, jikalau bisa pun pasti bangun-bangun badan tetap merasa lelah, karena otak sepanjang malam bekerja untuk mencerna musik yang anda putar.

Setelah melakukan hal hal yang dihindari dan harus dilakukan diatas dalam mengatasi insomnia, semoga saja anda berhasil sehingga anda tidak mengalami susah tidur lagi pada saat malam hari, badan menjadi bugar pada pagi hari dan siap untuk melakukan aktifitas yang pada.

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook