Cara Daftar Kartu XL dan Tujuan Untuk Melakukan Registrasi

Cara Daftar Kartu XL dan Tujuan Untuk Melakukan Registrasi

Saat ini setiap orang yang ingin mengaktifkan nomor baru harus melakukan pendaftaran dengan menggunakan NIK maupun No KK pada KTP. Termasuk bagi para pengguna kartu XL. Harus segera mengetahui cara daftar kartu XL. Banyak orang yang merasa kebijakan ini cukup merepotkan.

Apalagi satu NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftar maksimal 3 nomor saja. Cara registrasi kartu ini sebenarnya tidak sulit. Terlebih lagi, untuk para pengguna kartu XL. Karena akan notifikasi otomatis yang akan mengarahkan para pengguna untuk melakukan pendaftaran. Berikut adalah cara untuk melakukan pendaftaran nomor pada kartu XL:

Bacaan Lainnya

Cara Daftar Kartu XL Melalui Notifikasi dan SMS

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara daftar kartu XL lebih mudah karena aka nada notifikasi yang muncul. Notifikasi ini akan mengarahkan para pelanggan untuk melakukan registrasi. Notifikasi ini muncul pada saat kartu yang belum diregistrasi pertama kali diaktifkan.

Baca Juga : Ketahui Cara Daftar Kartu Telkomsel Bagi WNI Maupun WNA Sebelum Menggunakannya

Namun, apabila notifikasi tidak muncul saat pertama kali diaktifkan. Maka, ada alternatif cara lain yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Caranya dengan melakukan registrasi melalui SMS yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Registrasi Melalui Notifikasi

Cara daftar kartu XL melalui notifikasi  sangatlah mudah. Karena para pengguna akan mendapatkan pemberitahuannya di awal. Namun, tetap ada langkah-langkah yang harus diikuti. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti.

  • Siapkan data yang diperlukan seperti Kartu Keluarga dan KTP.
  • Masukan nomor XL pada smartphone atau perangkat HP.
  • Saat HP sudah aktif, tunggu sampai ada notifikasi untuk melakukan registrasi.
  • Pilih KTP sebagai kartu identitas yang akan digunakan untuk pendaftaran.
  • Masukkan data yang diinginkan sesuai dengan instruksi.
  • Setelah itu, tunggu sampai ada SMS notifikasi pendaftaran sudah berhasil.
  • Matikan HP untuk beberapa saat kemudian restart kembali.

Ada beberapa kasus, di mana saat dinyalakan notifikasi untuk pendaftaran tidak muncul di smartphone. Sekalipun kartu XL yang dipasang tidak pernah digunakan atau diregistrasi sebelumnya. Jika hal ini terjadi, para pengguna tidak perlu khawatir karena ada cara alternatif lain untuk melakukan registrasi.

2. Registrasi Melalui SMS

Melakukan cara daftar kartu XL melalui SMS bisa menjadi pilihan untuk mengaktifkan kartu XL. Apabila, tidak ada notifikasi yang akan memudahkan proses pendaftaran. Cara ini tidak harus dilakukan hanya saat notifikasi untuk registrasi tidak muncul saja. Para pengguna juga bisa secara langsung melakukan registrasi dengan cara SMS.

Baca Juga : Pernah Dengar Cara Cek Pulsa Kartu by.U Tanpa Aplikasi, Simak Penjelasan Ini!

Jika memang tidak ingin melakukannya melalui notifikasi yang muncuL. Untuk melakukan pendaftaran melalui cara ini tidak kalah mudahnya dibandingkan dengan menggunakan notifikasi. Para pengguna tinggal mengirimkan, sesuai dengan format SMS yang diminta. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Siapkan data yang diperlukan untuk pendaftaran seperti Kartu Keluarga dan KTP.
  • Masukkan nomor XL baru pada smartphone atau perangkat HP yang lainnya.
  • Saat HP sudah aktif, masuk ke bagian untuk mengirim SMS.
  • Ketikan format untuk registrasi kartu XL formatnya adalah DAFTAR#NIK#Nomor KK. Kirim SMS dengan format tersebut ke nomor 4444.
  • Tunggu SMS balasan yang menyatakan pendaftaran sudah berhasil.
  • Matikan HP untuk beberapa saat, baru nyalakan HP kembali untuk menggunakan.

Itulah cara daftar kartu XL yang bisa dipilih oleh para pengguna sesuai dengan situasi. Namun, sebenarnya apa tujuan dari melakukan pendaftaran dengan data pribadi ini. Hal tersebut juga menjadi salah satu hal yang dipertanyakan oleh pengguna kartu, bahkan sampai ada yang enggan melakukan registrasi karena dianggap tidak penting.

Tujuan Melakukan Pendaftaran Kartu XL

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar kartu XL melalui dua metode di atas. Berikut akan dibahas apa tujuan sebenarnya dari melakukan pendaftaran tersebut. Banyak orang yang menganggap bahwa melakukan registrasi dengan data pribadi seperti Nomor Kartu Keluarga dan NIK pada KTP tidak ada gunanya.

Sebagian besar malah menganggap bahwa cara ini malah merepotkan para pengguna kartu dan provider di Indonesia saja, termasuk para pengguna kartu XL. Apalagi, kewajiban untuk melakukan registrasi ini dibarengi dengan kebijakan. Bahwa satu data hanya bisa digunakan untuk registrasi 3 kartu saja.

Baca Juga : 4 Cara Cek Frekuensi Jaringan yang Mudah Dilakukan

Namun sebenarnya, ada tujuan penting dari melakukan pendaftaran dengan menggunakan data pribadi ini. Untuk lebih memahaminya, berikut akan dibahas apa tujuan sebenarnya melakukan pendaftaran kartu, terutama dengan menggunakan data pribadi.

1. Perlindungan dari Kasus Kejahatan dan Pesan Spam

Ada banyak kasus kejahatan yang bermula dari pesan atau SMS Penipuan atau mungkin panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Seperti contohnya, kasus mama minta pulsa yang sering kali menjebak korban agar mengirimkan pulsa bahkan sejumlah uang. Mendapatkan pesan atau telepon sejenis itu secara terus-menerus pastinya akan tidak nyaman.

Kasus seperti itu sering kali terjadi karena adanya proses registrasi kartu yang kurang ketat. Akibatnya, pelaku bisa mengaktifkan banyak nomor sekaligus. Dengan melakukan registrasi pada kartu nomor telepon. Maka setiap kartu yang didaftarkan akan lebih mudah untuk dideteksi. Termasuk nomor-nomor pelaku pesan atau panggilan palsu yang meresahkan.

2. Perlindungan dan Peningkatan Keamanan

Dengan menerapkan cara daftar kartu XL begitu juga dengan provider yang lain,  dengan menggunakan data pribadi. Maka setiap kartu yang digunakan akan memiliki identitas yang terbilang valid. Data yang valid ini akan semakin menjamin perlindungan yang diberikan oleh hukum pada nomor telepon.

Baca Juga : Cara Membuat Twibbon Lewat Platform Online & Aplikasi

Dalam suatu kasus, jika misalnya para pengguna kehilangan HP begitu juga nomor yang digunakan. Maka melakukan restorasi datanya akan lebih mudah. Laporan kehilangan dengan data pribadi juga akan memberikan perlindungan hukum pada pemilik nomor. Apabila, nomornya digunakan untuk Tindakan kejahatan atau hal yang tidak baik lainnya oleh para pelaku.

3. Dukungan Terhadap Ekonomi Digital

Meningkatnya keamanan dalam bidang komunikasi dan data digital. Secara langsung, dapat memberi dampak positif pada bidang ekonomi. Terutama, dalam bidang ekonomi digital. Hal ini karena nomor yang sudah diregistrasi sudah terlindungi dengan sistem keamanan yang lebih valid. Dengan sistem keamanan ini, setiap transaksi atau proses yang dilakukan oleh nomor tersebut, akan semakin aman.

Semua proses dan transaksi bisa dipertanggung jawabkan karena pemilik nomor sangat jelas dan bisa dilacak dengan mudah. Karen adanya proses pendaftaran tersebut. Hal ini akan mendorong meningkatnya transaksi non-tunai di kalangan masyarakat. Hal ini pastinya, akan memajukan aspek perekonomian digital di masyarakat. Masyarakat juga lebih aman karena transaksi yang dilakukan jelas siapa pembeli dan yang membayarnya.

Itulah 3 tujuan melakukan pendaftaran kartu nomor XL. Ternyata hal yang dianggap merepotkan dan tidak praktis. Memiliki tujuan yang lebih besar untuk masyarakat. Apalagi, cara daftar kartu XL terbilang sangat mudah caranya. Para pengguna bisa memilih untuk melakukan registrasi melalui notifikasi yang muncul. Cara untuk registrasi dengan SMS pun seperti yang dijelaskan tidak kalah mudah dengan cara menggunakan notifikasi.

Pos terkait