Solusi Supaya Resolusi Video Tiktok Menjadi Jernih

Solusi Supaya Resolusi Video Tiktok Menjadi Jernih

Mengunggah dan menonton video Tiktok sudah menjadi kebiasaan netizen zaman sekarang. Setiap hari kegiatan scroll FYP Tiktok tidak akan pernah terlewatkan. Baik penikmat maupun pembuat konten, kegiatan ini sudah menjadi kewajiban sehari-hari. Tidak membuka berarti siap untuk ketinggalan berita baru. Namun pernahkah pengguna mengalami video menjadi buram saat menonton atau bahkan mengunggahnya? Hal tersebut memang bukan hal yang langka karena banyak penyebab yang bisa terjadi. Tidak usah khawatir karena berikut solusi untuk meningkatkan resolusi video tiktok supaya tidak buram lagi.

Menonaktifkan Data Saver

Bagi para penikmat FYP, cara meningkatkan resolusi video Tiktok bisa dengan cara mematikan data saver pada pengaturan. Caranya cukup sederhana. Pengguna hanya perlu pergi ke pengaturan Tiktok. Letak tombol pengaturan ada di profil kemudian tiga titik yang berada di pojok kanan dekat username itu diklik. Di sana, akan ada berbagai pilihan pengaturan. Pada bagian Data Seluler akan ada opsi Data Saver. Klik opsi tersebut dan matikan fiturnya. Dengan begitu, kualitas video akan kembali normal tanpa ada buram lagi.

Bacaan Lainnya

Gunakan Filter

Ternyata selain bisa mempercantik atau memberi animasi keren, filter bisa membantu memperbaiki resolusi video tiktok lho. Ada banyak sekali efek yang bisa digunakan. Filter-filter ini sengaja dibuat supaya kreatifitas dan imajinasi pengguna bertambah. Namun bisa dimanfaatkan pula untuk meningkatkan resolusi. Untuk kualitas yang lebih baik lagi, gunakan kamera langsung dari aplikasi. Pengguna akan merasakan sendiri perbedaan yang sangat signifikan setelah mencobanya. Lumayan, bagi pengguna handphone dengan kualitas rendah pun bisa menggunakannya.

Baca Juga : Begini Cara Upload Video TikTok Lebih Dari 1 Menit

Perhatikan Ukuran Video

Tidak semua handphone bisa menampung kualitas video dengan kapasitas tinggi. Jika dipaksa, hasilnya justru akan lebih buruk. Misalnya, handphone android hanya bisa menghasilkan kapasitas video dengan ukuran maksimal 100 megapixel. Apabila dipaksa untuk mengunggah video dengan ukuran 200 megapixel, hasilnya pasti akan pecah dan menimbulkan resolusi video yang jelek. Jadi, perhatikan juga ya ukuran atau kapasitas video yang dihasilkan.

Hapus Cache Tiktok

Satu hal penting yang jarang dilakukan yaitu menghapus sampah aplikasi. Seperti yang pengguna ketahui, sampah pada hakikatnya adalah kotor. Jika sebuah tempat kotor, tentu akan menghambat aktivitas. Sama halnya aplikasi, jika banyak cache yang tidak dihapus maka akan menimbulkan hambatan sistem seperti aplikasi lambat sampai resolusi buruk. Bagaimana cara menghapus cache di aplikasi? Sebenarnya sangat mudah karena Tiktok sudah menyediakan fitur tersebut. Berbeda dengan aplikasi lain, di dalam pengaturan pengguna bisa menemukan system penghapus cache dengan satu kali klik.

Gunakan Aplikasi Edit Terbaik

Jika ingin menghasilkan hasil edit yang sempurna, terutama di handphone, aplikasi editnya pun harus dipilih yang terbaik. Jangan asal mengunduhnya di Playstore. Carilah referensi terbaik yang dapat menghasilkan video dengan kualitas yang terbaik pula. Rata-rata aplikasi edit video di smartphone sudah semakin canggih. Banyak fitur-fitur yang bisa digunakan layaknya mengedit melalui komputer. Contoh aplikasi edit video tiktok adalah Capcut, VN, Snapshot, dan masih banyak lagi. Hasil edit dari aplikasi tersebut juga terkadang berukuran besar. Oleh karena hal tersebut, pengguna juga perlu memperhatikan lagi soal ukuran supaya tidak pecah saat video diunggah.

Baca Juga : Cari Tahu Jadwal Upload TikTok Biar FYP!

Itu dia kelima tips untuk meningkatkan resolusi video tiktok. Cara di atas bisa digunakan oleh penonton maupun content creator. Mudah dan sangat sederhana, bukan? Jadi tidak perlu panik lagi ya kalau resolusi video buram.

 

Pos terkait