Inilah Tips Dan Cara Memblokir Konten Negatif Youtube Supaya Ramah Anak

Inilah Tips Dan Cara Memblokir Konten Negatif Youtube Supaya Ramah Anak

Seringkali orang tua meminjamkan handphone kepada anak hanya untuk alasan hiburan. Namun, tidak semua orang tua mawas akan adanya konten-konten negatif di dalam youtube yang bisa membahayakan mental anak. Banyak juga orang tua yang tidak tahu adanya Youtube Kids. Oleh sebab itu, perlu adanya pembatasan konten anak dan dewasa di aplikasi youtube yang biasa digunakan. Bagi pengguna yang belum tahu dan tidak mau mengunduh Youtube Kids, inilah beberapa tips dan cara memblokir konten negatif youtube supaya aman dipakai anak-anak.

Selain menggunakan aplikasi Youtube Kids yang sudah disediakan, para orang tua juga bisa mengaktifkan dan menghubungkan akun youtube kids lho. Bagi para pengguna yang tidak ingin memenuhi memori karena harus mengunduh dua aplikasi, pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut. Fitur ini disediakan supaya orang tua dapat mengawasi apa saja yang ditonton anak selama di luar kendali orang tua. Untuk email yang digunakan, disarankan adalah email yang dibuat khusus untuk keluarga, bukan untuk pribadi anak. Dengan begitu, konten negatif bisa dihindari oleh anak.

Bacaan Lainnya

1. Buat Playlist

Cara memblokir konten negatif youtube memang tidak mudah bagi orang tua yang tidak mengikuti teknologi. Sebagai alternatif, pengguna bisa membuatkan playlist sederhana saja. Pilihlah video-video yang disukai anak. Masukkan ke sebuah playlist. Kemudian, orang tua harus memastikan bahwa playlist tersebut berisi konten-konten yang ramah anak. Jika sudah selesai, arahkan selalu anak supaya bisa membuka playlist tersebut. Perbarui playlist setiap minggunya supaya anak tidak bosan. Untuk memasukkan playlist baru pun. Pilihlah playlist baru sesuai rekomendasi anak.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Online, Manfaatkan Aplikasi JKN Mobile!

2. Aktifkan Mode Aman

Youtube merupakan aplikasi yang dibuat untuk remaja. Sekarang, banyak anak kecil yang sudah bisa membuka youtube dan memutar video walau tanpa membaca judulnya. Hal tersebut sangat dikhawatirkan jika anak secara tidak sengaja menekan konten dewasa yang berada di rekomendasi. Karena beranda rekomendasi sangat berbahaya, orang tua perlu tahu adanya fitur aman. Caranya pun sederhana yaitu dengan masuk ke setelan dan cari wacana Restricted Mode. Jika dalam posisi off maka pengguna hanya perlu klik fitur tersebut supaya berubah menjadi on dan youtube sudah aman.

3. Aktifkan Juga Telusur Aman

Selain mengaktifkan mode aman, cara memblokir konten negatif youtube yang satu ini juga tidak kalah penting. Fitur ini bisa menghilangkan video-video yang mempunyai unsur kurang baik bagi anak. Cara mengaktifkannya yaitu dengan masuk ke setelan dan pilih pengaturan pencarian. Setelah muncul jendela selanjutnya, aktifkan atau ceklis opsi Telusur Aman, klik juga Kunci Telusur Aman. Sekarang, youtube orang tua juga bisa dipakai oleh anaknya.

4. Pantau Rekomendasi

Selain tips-tips di atas, orang tua harus selalu memantau rekomendasi video yang muncul ketika anak sedang menonton di youtube. Rekomendasi memang berdasarkan video apa yang paling sering ditonton, namun jika satu akun digunakan untuk orang tua dan anak, rekomendasi yang muncul juga perlu dipantau. Jangan sampai, ketika anak sedang menonton kartun, video negatif lain muncul di rekomendasi. Jika ditemukan adanya konten negatif, orang tua bisa langsung menekan tombol titik tiga lalu pilih opsi “Tidak Tertarik”. Maka, konten tersebut akan hilang dari rekomendasi.

Baca Juga : Yuk, Baca Cara Daftar Grabfood Beserta Persyaratannya yang Harus Dipersiapkan Berikut Ini!

Nah, itu dia tips dan cara memblokir konten negatif youtube. Cara-cara tersebut harus dilakukan supaya anak tidak terkontaminasi oleh konten-konten tidak ramah anak.

 

Pos terkait