Cara Daftar BPJS Online, Manfaatkan Aplikasi JKN Mobile!

Cara Daftar BPJS Online, Manfaatkan Aplikasi JKN Mobile!

Untuk mempermudah akses dan cara daftar BPJS Online, Pemerintah sekarang sudah meluncurkan aplikasi bernama JKN Online. JKN sendiri merupakan kependekan dari Jaminan Kesehatan Nasional. Melalui aplikasi ini, masyarakat akan semakin praktis dan mudah untuk mengakses asuransi BPJSnya.

Selama ini prosedur pendaftaran BPJS memang terkesan merepotkan. Para pendaftar harus mendatangi kantor BPJS yang ada di daerahnya. Menyiapkan berbagai dokumen, kemudian antri selama berjam-jam untuk menunggu giliran dilayani.

Bacaan Lainnya

Hal ini pastinya menjadikan proses pendaftaran tidak praktis dan berjalan lambat. Apalagi, tidak semua orang punya cukup waktu untuk melakukan proses pendaftaran seperti itu. Karena itu, pendaftaran online melalui aplikasi ini bisa menjadi solusi baru.

Mengenai JKN Mobile

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar BPJS Online, ada baiknya agar masyarakat mengenal terlebih dahulu, apa sebenarnya aplikasi Mobile JKN itu. Juga fitur apa saja yang ada didapatkan. Serta untuk mengetahui, sejauh apa aplikasi ini dapat membantu masyarakat.

Baca Juga : Yuk, Baca Cara Daftar Grabfood Beserta Persyaratannya yang Harus Dipersiapkan Berikut Ini!

JKN Mobile bisa dikatakan aplikasi yang dibuat untuk mengakses BPJS Kesehatan dengan lebih mudah. Peserta BPJS bisa menyelesaikan kegiatan administratif melalui aplikasi ini. Salah satunya adalah untuk mendaftar BPJS secara online.

Tidak hanya menyediakan cara daftar online dan aktivitas administratif lainnya saja. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan lain. Seperti layanan ketersediaan kamar dan akses kesehatan di fasilitas kesehatan yang dipilih, mengecek tagihan yang masuk pada BPJS, mengecek profil dari pemilik akun BPJS.

Para peserta BPJS juga bisa melakukan pembayaran iuran kesehatan BPJS melalui aplikasi ini. Menerima bukti pembayaran melalui aplikasi ini, dan memantau status dari akun BPJS yang dibuat. Bisa disimpulkan, jika aplikasi ini bukan hanya sekedar untuk mendaftar saja. Namun juga, bisa mengakses berbagai informasi dan layanan kesehatan yang lain.

Cara Daftar BPJS Online dengan Aplikasi JKN Mobile

Setelah mengetahui mengenai aplikasi JKN Mobile, selanjutnya, akan dibahas cara daftar BPJS online dengan menggunakan aplikasi satu ini. Karena dilakukan secara online, maka masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor BPJS secara langsung. Apalagi, harus sampai antri selama berjam-jam.

Namun, walaupun dilakukan secara online tetap ada tahap tertentu dan dokumen tertentu yang harus masyarakat siapkan. Jadi, masyarakat tidak bisa mendaftar BPJS dengan begitu saja. Karena tetap ada prosedur tertentu yang harus dilalui.

Baca Juga : Pengertian Dan Cara Daftar NPWP Online Untuk Pribadi Dan Badan Usaha

Berikut adalah tahapan untuk cara daftar BPJS online berikut dengan data yang harus disiapkan. Pembaca yang akan mendaftar BPJS secara online harus memahami tahapan yang akan dibahas di bawah ini:

1. Unduh Aplikasi JKN Mobile Terlebih Dahulu

Langkah pertama dari cara daftar BPJS online dengan aplikasi JKN online, tentu saja, para calon peserta BPJS online harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi JKN Online bisa didownload dan didapatkan melalui toko aplikasi resmi. Tidak perlu khawatir mengenai sistem operasi apa yang digunakan dalam smartphone. Karena aplikasi ini bisa berjalan dengan sistem operasi apapun.

2. Klik Opsi Pendaftaran Peserta

Setelah aplikasi didownload, pada tampilan awal aplikasi, para calon peserta akan melihat dua opsi. Opsi pertama adalah untuk masuk ke dalam akun yang sudah ada. Sedangkan opsi kedua untuk membuat atau melakukan pendaftaran peserta yang baru. Pastikan untuk memilih opsi yang kedua.

3. Masukan Informasi NIK dari KTP

Begitu opsi yang kedua diklik, calon peserta akan diminta untuk memasukkan informasi berupa NIK yang tertera di KTP. Selain itu, para calon peserta juga harus memasukan informasi seperti alamat email atau nomor telepon. Lebih baik untuk mengisi alamat email terlebih dahulu dan baru mengisi nomor telepon saat akun sudah jadi. Hal ini akan memudahkan proses verifikasi selanjutnya.

4. Masukkan Data Keluarga yang Ingin Didaftarkan

Cara daftar BPJS online selanjutnya adalah mengisi data diri lebih lengkap dalam aplikasi. Data diri yang diminta tidak hanya sekedar data diri dari para calon peserta asuransi BPJS saja. Namun juga, seluruh keluarga calon peserta yang berada di dalam satu catatan kartu keluarga.

Baca Juga : Syarat dan Cara Daftar dtks kemensos go id Secara Online Sekaligus Pengecekannya

Karena memang sistem pada asuransi BPJS ini berdasarkan pada kartu keluarga. Jadi, para calon peserta tidak bisa mendaftarkan dirinya seorang diri dalam program asuransi ini. Para peserta harus mendaftarkan dirinya. Sekaligus, seluruh keluarganya yang berada di dalam satu Kartu keluarga.

Sebenarnya syarat ini memiliki keuntungannya tersendiri. Jadi calon peserta asuransi BPJS tidak perlu bolak-balik mendaftarkan anggota keluarganya yang lain. Karena bisa langsung didaftarkan dan dicantumkan pada satu proses pendaftaran saja.

5. Pilih Fasilitas Kesehatan

Setelah data diri dan keluarga sudah diisi dengan lengkap dan jelas, selanjutnya para calon peserta asuransi BPJS bisa memilih fasilitas kesehatan yang diinginkan. Pada tahap ini, para calon peserta diminta untuk memilih 3 fasilitas kesehatan dalam tingkatan yang berbeda.

Tingkatan dari fasilitas kesehatan yang dipilih inilah yang akan menjadi alur rujukan dari proses perawatan kesehatan peserta. Pilihlah fasilitas kesehatan yang memang mudah diakses dari rumah domisili peserta. Tingkatan fasilitas kesehatan ini harus diurutkan dari yang paling rendah. Sampai dengan tinggi status fasilitasnya adalah Rumah Sakit besar.

6. Cek Email Untuk Melakukan Verifikasi

Tahap selanjutnya dari cara daftar BPJS Online adalah melakukan verifikasi. Setelah fasilitas kesehatan dipilih, sistem akan secara otomatis mengirimkan email berisi kode verifikasi ke alamat email yang sudah didaftarkan di awal. Para calon peserta asuransi BPJS bisa membuka email terlebih dahulu. Kemudian, mengcopy kode verifikasi yang sudah dikirimkan.

Kode itu, kemudian disalin pada kolom yang disediakan pada tampilan layar yang selanjutnya. Kode verifikasi ini merupakan kode yang sangat penting. Karena itu, para calon peserta harus menjaga kerahasiaannya. Jangan sampai kode verifikasi ini diketahui oleh orang lain.

7. Lakukan Pembayaran Premi yang Pertama

Sampai tahap ini sebenarnya para calon peserta asuransi BPJS sudah berhasil menjadi peserta asuransi BPJS. Namun, akun yang dibuat tidak bisa dikatakan aktif dan bisa digunakan. Untuk mengaktifkannya, para peserta BPJS Kesehatan harus melakukan pembayaran premi yang pertama.

Baca Juga : Ingin Mendaftar E-Form BRI, Inilah Cara Daftar E-Form BRI Supaya Diterima

Ada banyak alternatif cara untuk membayar premi melalui aplikasi JKN Mobile ini. Para peserta bisa menggunakan metode transfer, membayar secara tunai di mini market, maupun menggunakan e-wallet yang bisa dihubungkan langsung dengan aplikasi JKN. Jadi, para peserta tidak perlu khawatir karena adanya akses yang luas untuk menyelesaikan pembayaran.

Setelah premi yang pertama dibayarkan, akun BPJS Kesehatan peserta pun bisa dikatakan aktif. Peserta pun berhak untuk menggunakan dan mendapatkan pelayanan dengan kartu BPJS tersebut.

Itulah penjelasan mengenai cara daftar BPJS online dengan memanfaatkan aplikasi JKN Mobile. Berikut dengan pembahasan mengenai aplikasi itu sendiri. Sekarang, jaminan kesehatan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat. Salah satunya, dengan adanya aplikasi JKN Mobile ini yang bisa didownload diakses oleh siapapun dan di manapun.

Pos terkait