Yuk, Baca Cara Daftar Grabfood Beserta Persyaratannya yang Harus Dipersiapkan Berikut Ini!

Yuk, Baca Cara Daftar Grabfood Beserta Persyaratannya yang Harus Dipersiapkan Berikut Ini!
Ilustrasi Grab Food. (Dok. Grab Indonesia)

GrabFood adalah layanan delivery makanan online yang banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini karena pemesanannya yang mudah dan efisien. Maraknya layanan online ini berdampak baik pada bisnis-bisnis kuliner yang menjalin kerjasama dengan GrabFood. Para pelaku usaha kuliner bisa menjadi mitra dengan cara daftar GrabFood melalui GrabFood Merchant.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan pemilik usaha kuliner ketika menjadi mitra GrabFood. Salah satu keuntungan yang didapatkan adalah meningkatnya penjualan dan pendapatan. GrabFood akan membantu promosi dan memperluas jangkauan pasar. Jika tertarik untuk mendaftar sebagai mitra GrabFood, simak informasi persyaratan dan cara pendaftarannya berikut ini:

Bacaan Lainnya

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Sebelum menginjak ke cara daftar GrabFood, sebaiknya calon mitra GrabFood memahami dan mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan. Persyaratan yang diperlukan dokumen-dokumen dan informasi terkait pemilik usaha dan usaha yang ingin didaftarkan. Berikut ini adalah detail persyaratan yang harus disiapkan:

Baca Juga : Pengertian Dan Cara Daftar NPWP Online Untuk Pribadi Dan Badan Usaha

1. Data Diri Pemilik

Persyaratan yang harus dipenuhi yang pertama adalah terkait data diri pemilik usaha. Demi menjamin keamanan pihak GrabFood akan meminta beberapa dokumen untuk memverifikasi data diri pemilik usaha. Pertama, yang perlu disiapkan adalah foto KTP. Foto KTP tersebut harus jelas dan informasi-informasi yang ada dapat terbaca.

Selain foto KTP, pihak GrabFood akan meminta foto selfie dengan KTP. Foto selfie tersebut harus memperlihatkan wajah pemilik KTP dengan jelas. Begitu juga dengan KTP yang dibawa harus jelas dan terbaca. Dokumen terakhir yang harus disiapkan adalah foto NPWP. NPWP yang digunakan bisa dalam bentuk fotokopi asalkan informasi di dalamnya dapat terbaca dengan jelas.

2. Informasi Bank

Informasi bank yang perlu dilampirkan adalah nomor rekening tabungan, dan foto buku tabungan. Foto buku tabungan ini dapat pula diganti dengan tampilan e-banking. Pada foto tersebut, pastikan semua informasi dan data di dalamnya terlihat dengan jelas dan dapat dibaca. Jika informasi pada rekening berbeda dengan penanggung jawab utama, maka perlu dilampirkan surat kuasa.

3. Data Usaha

Selain data pemilik usaha, calon mitra juga harus melengkapi data usaha yang akan didaftarkan. Beberapa data yang harus dilengkapi diantaranya adalah nama usaha, alamat lengkap dengan koordinat pada Google Maps, dan kontak usaha. Kontak yang perlu dilampirkan adalah nomor telepon dan email usaha. Pastikan kontak yang didaftarkan aktif dan dapat dihubungi.

Baca Juga : Siapa Bilang Cara Daftar Shopee Food Susah, Ikuti Langkah Berikut!

Selain data-data tersebut calon mitra juga harus melengkapi dengan foto fisik usaha tersebut. Foto yang dilampirkan adalah foto tampak luar dan dalam. Pada foto luar, pastikan plat nama usaha ataupun banner terlihat beserta sang pemilik usahanya. Lalu pada foto bagian dalam pastikan semua bagian terlihat mulai dari kasir, meja makan, dapur, dan sebagainya.

Mitra juga dapat melampirkan foto logo usaha. Logo ini bersifat opsional bisa dikosongi jika memang tidak memiliki logo. Namun walaupun optional akan jauh lebih baik jika logo ini turut dilampirkan. Hal itu karena logo memegang peranan penting sebagai branding usaha. Logo akan membuat usaha lebih mudah kenali dan melekat dengan konsumen.

4. Daftar Menu

Informasi yang perlu disiapkan selanjutnya adalah daftar menu. Siapkan daftar menu apa saja yang akan didaftarkan pada GrabFood. Perlu disiapkan juga foto makanan dari menu-menu tersebut yang nantinya akan ditampilkan pada halaman GrabFood. Jadi, persiapkan foto yang berkualitas dan menarik.

Para mitra GrabFood harus memberikan perhatian lebih pada foto makanan yang akan diunggah di GrabFood. Foto memiliki peran penting untuk dapat mengikat pada konsumen. Gambar makanan yang terlihat menarik dan menggugah selera akan membantu meraih hati pada konsumen. Oleh karena itu, foto produk ini harus dipersiapkan dengan baik dan maksimal.

Cara Daftar GrabFood

Setelah mengetahui dan menyiapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan, calon mitra bisa langsung mendaftarkan diri sebagai mitra GrabFood. Pendaftaran mitra GrabFood bisa dilakukan melalui halaman website GrabFood Merchant. Berikut ini adalah cara untuk mendaftar GrabFood melalui GrabFood Merchant:

1. Buat Akun dan Verifikasi Akun

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendaftar GrabFood adalah membuat akun pada website GrabFood Merchant. Website ini bisa diakses melalui alamat https://www.grab.com/id/en/merchant/food/. Pada halaman tersebut, calon mitra akan diberikan form pendaftaran akun. Isi informasi pendaftaran yang diperlukan secara lengkap dan benar lalu kirimkan.

Setelah mengisi dan mengirimkan form pendaftaran tersebut akan ada email verifikasi yang dikirimkan. Jika sudah mendapatkan email verifikasi, segera lakukan verifikasi selambat-lambatnya 72 jam sejak email tersebut dikirimkan. Setelah melakukan verifikasi, maka pendaftaran yang dilakukan telah berhasil dan bisa melanjutkan pada langkah berikutnya.

Baca Juga : Ingin Mendaftar E-Form BRI, Inilah Cara Daftar E-Form BRI Supaya Diterima

2. Unggah Informasi Usaha

Cara daftar GrabFood selanjutnya adalah mengunggah dan melengkapi informasi usaha yang didaftarkan. Informasi yang dibutuhkan meliputi nama usaha, foto tampak dalam dan luar, menu, dan lainnya seperti yang telah disebutkan dalam persyaratan. Pastikan informasi yang diunggah telah benar lalu simpan perubahan yang dilakukan.

3. Tanda Tangan Kontrak

Setelah melengkapi informasi usaha, mitra perlu melakukan tanda tangan kontrak sebagai bukti telah menyetujui peraturan yang berlaku. Kontrak inilah yang akan mengikat antara pihak mitra dan GrabFood. Jika sudah menandatangani kontra tersebut, maka pemilik usaha telah menjadi mitra resmi GrabFood.

Namun sebelum menandatangani kontrak, ada baiknya mitra memahami betul bagaimana cara kerja dari GrabFood serta peraturan-peraturan yang mengikatnya. Kontrak ini akan memberikan perlindungan jika terjadi hal-hal merugikan salah satu maupun kedua belah pihak.

4. Verifikasi Email

Jika kontrak telah disetujui, maka mitra perlu melakukan verifikasi email kembali. Verifikasi ini diperuntukkan email usaha atau outlet yang didaftarkan. Proses verifikasi ini maksimal dilakukan 72 jam setelah email verifikasi dikirimkan. Jika belum mendapatkan email verifikasi, mitra dapat mengajukan pengiriman email ulang.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Begini Caranya!

5. Lakukan Verifikasi OVO

GrabFood melakukan kerja sama dengan e-wallet OVO. OVO biasanya digunakan sebagai media pembayaran digital pada GrabFood. Oleh karena itu, mitra GrabFood harus memiliki OVO yang didaftarkan. Setelah melakukan pendaftaran OVO, selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi. Proses verifikasi ini dilakukan melalui aplikasi OVO.

6. Jalani Proses Finalisasi dan Training

Cara daftar GrabFood yang terakhir adalah menjalani proses finalisasi dan training. Mitra yang telah berhasil melakukan pendaftaran dan telah divalidasi akan mendapatkan training khusus dari pihak GrabFood. Informasi training ini akan disampaikan melalui email mitra. Training tersebut meliputi pelatihan cara menggunakan aplikasi GrabFood bagi para mitra dan cara mengaktifkan akun GrabFood Merchant.

Nantinya, training ini akan sangat membantu para mitra untuk lebih memahami cara penggunaan GrabFood. Jika memahami cara kerja GrabFood dengan baik, mitra bisa menyusun rencana pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran. Melalui strategi yang tepat, mitra akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Demikianlah informasi terkait persyaratan dan cara daftar GrabFood bagi para pemilik usaha makanan. Cukup mudah diikuti, bukan? Jika sudah tergabung menjadi mitra GrabFood, pemilik usaha bisa meningkatkan penjualan dan pemasaran produknya. Keuntungannya pun dijamin semakin banyak. Tunggu apalagi? Segera daftar menjadi mitra GrabFood dan tingkatan penjualan usaha sekarang juga!

Pos terkait