Cara Menghapus Email di HP dengan Berbagai Sistem Operasi

Cara Menghapus Email di HP dengan Berbagai Sistem Operasi

Cara menghapus email di HP sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, masih banyak pengguna ponsel pintar yang tidak mengetahui bagaimana caranya. Bisa jadi karena kurang pengetahuan atau memang tidak terbiasa mengosongkan kotak masuk email.

Apalagi mengingat keberadaan email memang sangatlah penting di zaman digital saat ini. Hampir semua registrasi aplikasi maupun layanan digital, sehingga memerlukan alamat email untuk verifikasi. Namun,  tidak jarang, email menjadi aplikasi yang sangat membebani ponsel pintar pemiliknya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dikarenakan ukuran yang memakan sebagian besar ruang kosong dalam penyimpanan. Dengan menghapus beberapa atau seluruh isi kotak masuk di email, tentu bisa memberikan ruang memori yang lebih. Berikut adalah langkah mudah penghapusan email, yaitu antara lain:

Baca Juga : Cara Membuat Email di HP Untuk Gmail, Yahoo, dan Outlook

Cara Menghapus Email di Smartphone IOS

Cara Menghapus Email di Smartphone IOS

Untuk menghapus email di smartphone, para pengguna harus memperhatikan jenis sistem operasi yang digunakannya. Hal ini dikarenakan cara untuk menghapus email pastinya berbeda di satu sistem operasi dengan lainnya. Berikut adalah langkah menghapusnya, yaitu:

1. Menghapus Email di IOS Satu Persatu

Cara menghapus email di HP IOS satu per satu ini cocok untuk para pengguna yang masih memiliki email penting di dalam akunnya. Jadi, pengguna tidak akan menghapus isi kotak masuk email sekaligus karena kemungkinan adanya email penting yang malah terhapus. Berikut adalah tahapan untuk melakukan penghapusan email, yaitu:

  • Buka aplikasi Mail yang ada di iPhone
  • Pilih email yang ingin dihapus
  • Geser email ke arah kiri
  • Klik ikon tempat sampah yang muncul ketika smartphone digeser ke arah kiri

Dengan begitu, email akan masuk ke dalam folder sampah dan tidak akan muncul lagi di kotak masuk email. Cara ini terbilang memakan waktu yang lama, terlebih lagi apabila jumlah email yang ingin diseleksi banyak. Namun, cukup efektif untuk menghindari salah hapus email yang penting.

Tentu cara tersebut terbilang sangat mudah. Apalagi mengingat IOS adalah salah satu sistem operasi yang populer di Indonesia. OS ini khusus yang diciptakan oleh perusahaan teknologi Apple, sehingga hanya terbatas pada produk keluaran Apple saja. Terutama adalah produk iPhone yang merupakan produk ponsel pintar keluaran perusahaan teknologi satu ini.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan

Walaupun memiliki sistem operasi yang khusus., iPhone juga bisa mengalami situasi di mana memori penuh. Dengan menghapus sebagian email yang tidak penting atau sudah dibaca, maka bisa memberikan sedikit ruang lega pada memori iPhone.

2. Menghapus Banyak Email Sekaligus di IOS

Menghapus email satu per satu mungkin melelahkan dan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, ada alternatif cara lain yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan menghapus beberapa atau bahkan seluruh email yang masuk ke kotak masuk sekaligus. Cara untuk melakukan penghapusan ini adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Mail yang ada di iPhone
  • Tekan opsi Edit yang berada di layar bagian atas kanan aplikasi Mail
  • Seleksi beberapa email sekaligus yang ingin dihapus
  • Tekan ikon tempat sampah yang muncul pada layar atas

Cara ini cukup ideal untuk para pemilik email yang sudah memastikan tidak ada email yang ingin dibaca lagi di kotak masuk. Dengan cara ini, maka email yang sudah diseleksi akan terhapus dari kotak masuk. Tentu saja, waktu penghapusan dengan cara ini akan jauh lebih singkat daripada menghapus satu per satu. Namun, risikonya adalah dapat menghapus email yang masih penting.

Para pemilik akun email sebenarnya tidak perlu khawatir. Baik dihapus satu per satu maupun secara sekaligus, sebenarnya email yang dihapus tidak akan hilang begitu saja. Email yang dihapus tersebut akan masuk ke dalam folder sampah yang ada di email.

Baca Juga : 5 Cara Upload Foto Di Instagram PC Tanpa Ribet

Pemilik akun pun bisa memulihkan email yang sudah dihapus dalam beberapa waktu. Namun, setelah lewat batas waktunya, email yang dihapus sudah tidak bisa dipulihkan kembali.

Cara Menghapus Email di Smartphone Android

Cara Menghapus Email di Smartphone Android

Setelah membahas cara menghapus email di HP IOS, berikutnya adalah mengenai cara penghapusan di smartphone Android. Sistem operasi satu ini banyak digunakan untuk smartphone di Indonesia dan di dunia, sehingga perlu mengetahui langkah menghapusnya yang mudah seperti berikut:

1. Menghapus Email di Android Satu Per Satu

Sama seperti cara menghapus email di HP IOS, ada pilihan untuk menghapus email satu per satu di smartphone Android. Jadi, para pemilik akun email bisa memastikan tidak ada email penting yang perlu disimpan akan ikut terhapus nantinya. Berikut adalah cara melakukan penghapusan email ini:

  • Buka aplikasi Gmail yang sudah terpasang di smartphone Android
  • Pilih menu Pengaturan yang berupa ikon tiga baris, ikon ini terletak di bagian atas kiri layar tampilan aplikasi Gmail
  • Masuk ke Pengaturan Umum pada Gmail
  • Atur agar Tindakan geser menjadi tindak untuk menghapus email Gmail
  • Kembali ke tampilan kotak masuk Gmail
  • Geser email yang ingin dihapus

Dengan begitu, email yang digeser akan langsung masuk ke dalam folder sampah yang ada di aplikasi Gmail. Folder sampah ini memungkinkan para pemilik akun untuk memulihkan email yang sudah dihapus dalam beberapa periode tertentu.

Baca Juga : Inilah Cara Mengganti Nama Di Tiktok Dengan Cepat Dan Mudah

Walaupun menghapus email satu per satu seperti ini cukup memakan waktu. Namun, sangat efektif untuk menyelamatkan email yang dianggap penting. Pemilik akun pun bisa menyesuaikannya tergantung kebutuhan masing-masing.

2. Menghapus Email di Android Sekaligus

Jika memang tidak ada email yang dirasa penting untuk disimpan di dalam kotak masuk, maka pemilik akun email bisa melakukan penghapusan secara sekaligus pada email yang ada di kotak masuk. Berikut adalah cara untuk melakukan penghapusannya, yaitu:

  • Buka aplikasi Gmail yang sudah terpasang di smartphone Android.
  • Tekan beberapa detik pada email yang akan dihapus sampai mengeluarkan tombol centang.
  • Seleksi semua email yang ingin dihapus oleh para pemilik akun.
  • Tekan ikon hapus yang berupa tong sampah yang ada di pojok kiri atas tampilan layar

Cara ini jelas lebih cepat dibandingkan dengan menghapusnya satu per satu. Namun, harus diperhatikan dulu apa benar-benar tidak apa-apa untuk menghapus email-email secara sekaligus. Cara ini memungkinkan semua email yang sudah diseleksi akan masuk ke dalam tempat sampah.

Tidak hanya itu, sama seperti cara menghapus email di HP satu per satu, cara penghapusan sekaligus ini masih memungkinkan pemilik akun untuk memulihkan email. Hal tersebut bisa dilakukan dalam periode waktu tertentu saja.

Baca Juga : 5 Cara Overclock Android Tanpa Root Yang Patut Dicoba

Walaupun terkesan remeh menghapus email di kotak masuk merupakan hal yang perlu dilakukan secara rutin. Bukan hanya untuk memberikan ruang pada memori perangkat yang digunakan, namun berfungsi untuk merapikan kotak masuk email. Jadi, para pemilik akun email bisa membedakan email yang penting dengan email yang kurang penting.

Itulah cara menghapus email di HP yang dijelaskan berdasarkan sistem operasi yang digunakan oleh para penggunanya. Para pemilik akun email bisa menyesuaikan cara yang akan digunakan dengan kebutuhan sendiri.

 

Pos terkait