5 Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus

5 Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus

Foto, video, video IGTV, dan reels yang telah diunggah di Instagram kadang bisa saja terhapus. Terhapusnya postingan tadi bisa disengaja atau tidak sengaja. Untungnya ada cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus. Untuk mengembalikan postingan itu menggunakan fitur Recently Deleted.

Fitur Recently Deleted ini diluncurkan di awal tahun 2021 berfungsi untuk mengembalikan post Instagram yang telah terhapus. Dengan fitur ini postingan pengguna dapat dengan mudah dikembalikan, mengingat sebelum adanya fitur ini recovery atau pengembalian post tidak dapat dilakukan.

Bacaan Lainnya

Fitur ini diluncurkan karena banyaknya permintaan pengguna untuk mengembalikan postingan instagram yang terhapus di akun.Langsung saja ke cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus:

1. Mengembalikan Postingan Instagram, Pertama Masuk ke Profil Akun 

Pertama untuk menggunakan fitur Recently Deleted ini adalah masuk ke dalam akun terlebih dahulu ke aplikasi Instagram. Setelah masuk ke aplikasi, pada bagian bawah akan terdapat berbagai pilihan yaitu : home, search, reels, dan foto profil. Pilih tombol paling pojok kanan bawah dan tunggu hingga profil akun terbuka.

Baca Juga ; 5 Ide Konten Low Budget yang Menarik Perhatian Penonton

2. Masuk ke dalam Pilihan Account

Di bagian profil akun pilih tombol yang terletak di pojok kanan atas berlambang tombol garis (hamburger icon). Selanjutnya pilih pengaturan (settings) yang diberi lambang roda gigi. Setelah pilihan Settings dipilih, akan terdapat berbagai fitur yang ditawarkan dalam bentuk list. Pilih bagian Account atau Akun yang terdapat di pilihan empat dari bawah.

3. Pilih Fitur Recently Deleted untuk Memilih Postingan

Fitur Recently deleted ini mirip dengan sistem tong sampah atau Recycle bin yang ada di komputer. Dulu postingan akan langsung terhapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan. Berkat adanya fitur ini semua postingan yang dihapus akan dikumpulkan terlebih dahulu sebelum diputuskan untuk dipulihkan atau dihapus permanen.

Ketuk account dan cari pilihan Recently deleted atau Baru Saja Dihapus. Semua jenis postingan yang telah diunggah oleh pengguna baik itu foto, IGTV, video, reels yang terhapus atau dihapus oleh pengguna akan masuk ke bagian ‘Recently Deleted’ maksimal 30 hari sebelum dihapus secara permanen oleh sistem.

4. Pilih Postingan yang akan Dipulihkan

Pilih postingan dari deretan post yang akan dihapus atau dikembalikan. Dibagian kanan bawah postingan terdapat lambang titik tiga yang terdapat pilihan hapus (delete) atau pulihkan (restore). Pilihan hapus akan membuat postingan terhapus secara permanen dari akun dan pilihan pulihkan mengembalikan postingan yang terhapus tadi ke akun.

Baca Juga : Auto jadi Selebgram! Ikuti Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Ini!

Postingan dalam bentuk story, post/feeds, dan live yang dipulihkan akan masuk ke dalam archive. Untuk membukanya, masuk ke profil akun buka kembali profil akun, ketuk lambang garis tiga, dan pilih archive. Ketuk panah kebawah di samping story archive untuk membuka archive yang lain.

5. Masukkan Kode OTP

Maraknya hackers meretas akun lalu menghapus konten dari akun asli menjadi pertimbangan Instagram untuk meluncurkan fitur ini. Instagram juga menambahkan proteksi (protection) yang akan membantu mencegah hackers membahayakan akun dan menghapus konten milik pengguna.

Setelah memilih pulihkan postingan, Instagram akan meminta konfirmasi berbentuk kode OTP. Kode OTP (one-time password) akan diberikan Instagram dengan opsi akan dikirimkan ke nomor telepon atau email yang disambungkan ke akun Instagram. Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan untuk memulihkan postingan yang telah dipilih, maka postingan akan berhasil dipulihkan.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan

Cara mengembalikan postingan instagram yang terhapus kini bisa dilakukan setelah adanya fitur Recently Deleted ini. Selain caranya mudah, proteksi tambahan lewat verifikasi yang diberikan oleh Instagram juga menjadi nilai lebih dari fitur ini. Akun yang diretas tidak kesulitan untuk posting ulang konten karena posting yang terhapus bisa dengan cepat dikembalikan.

Pos terkait