Sejuta Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan
Manfaat Susu Kedelai

Sejuta Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Selingkaran.com – Susu kedelai adalah susu yang terbuad dari sari-sari kacang kedelai, dalam pemanfaatnya kedelai sudah banyak dimanfaatkan untuk dijadikan berbagaimacam jenis makanan, terutama di Indonesia, kedelai adalahs alah satu bahan pokok yang wajib ada pada setiap harinya, karena kedelai biasanya dibuat menjadi Tempe, Tahu dan masih banyak lagi diolah menjadi berbagai jenis makanan, termasuk kedalam kategori minuman saitu dijadikan Susu Kedelai.

Susu kedelai sendiri diyakini mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, karena multi vitamin, protein dan zat-zat gizi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh seperti  Protein, Karbohidrat dan masih banyak lagi.

Kedelai termasuk dalam kelompok kacang-kacangan, yang kaya akan protein disamping itu juga kedelai diklasifikasikan sebagai  biji minyak karena didalam kedelai terdapat asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Konon rutin mengkonsumsi kedelai dapat menjauhkan dari penyakit jantung loh netizen.

Nah untuk ulasan lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat yang dihasilkan dari susu kedelai.

Manfaat Susu Kedelai

1. Bermanfaat sebagai Antioksidan

Antioksidan

Antioksidan

Kedelai selain enak untuk dikonsumsi ternyata memiliki manfaat sebagai antioksidan, ini disebabkan karena kedelai memiliki kandungan senyawa yang disebut isoflauon, dimana senyawa tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Dan juga senyawa ini sangat berperan penting untuk memperbaiki sel dan juga mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.

2. Bermanfaat untuk Mengurangi resiko penyakit jantung

Sakit Jantung

Sakit Jantung

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas bahwasannya rutin mengkonsumsi kedelai dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (Kolesterol jahat) dan juga oenurunan yang memungkinkan  oembekuan darah. Hal ini karena kedelai mengandung banyak protein dan juga isoflavon. Beberapa penelitian menyebutkan, rutin mengkonsumsi susu kedelai atau susu yang setara dengan 25gram protein dari kedelai selama 9 minggu maka akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh, karena tubuh mengalami penurunan rata-rata sekitar 5% koleserol LDL.

3. Dapat Mencegah kanker

Kanker

Kanker

Lagi lagi zat andalan dari kedelai adalah Isoflavon yang bermanfaat sebagai zat antikanker yang melawan sel-sel kanker, serta melindungi tubuh dari berbagai macam hal penyakit yang menyerang tubuh manusia.

4. Bermanfaat Untuk Membalikkan efek endometriosis

Terjadinya Endometriosis

Terjadinya Endometriosis

Setiap wanita pasti setiap bulannya akan mengalami fase menstruasi, nah kedelai ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri selapa periode mestruasi yang dialami oleh wanita, selain itu juga mencegah pendarahan berat serta gjeala-gejala lainnya yang dialami wanita.

5. Bermanfaat untuk Mencegah osteoporosis

Sakit Osteoporosis

Sakit Osteoporosis

Kandungan protein yang terdapat pada kedelai dapat membantu penyerapan kalsium terhadap tulang. Selain itu zat Isoflavon yang terdapat didalamnya juga berfungsi untuk memperlambat hilangnya kalsium pada tulang, dan mengambat kerusakan tulang dan yang paling utama adalah mencegah osteoporosis.

6. Mengatasi gejala menopause

Menopause

Menopause

Jika anda merasa panas dalam atau didal tubuh anda terasa gerah atau panas, anda bisa mencoba mengkonsumsi susu kedelai untuk mengatasinya, karena kandungan isoflayon yang terdapat pada kedelai dapat membantu pengaturan estrogen pada tubuh, dan hal kedelai juga dapat mengurangi rasa pada pada badan pada wanita menopause.

7. Dapat Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal

Sakit Ginjal

Sakit Ginjal

Mengurangi efek daripenyakit diabetes, karena kedelai dapat dengan baik mengatur kadar glukosa dalam darah serta dapat juga membantu filtrasi ginjal

8. Bermanfaat untuk Menjaga berat badan

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan Berat Badan

Dan yang terakhir adalah dapat mengatur atau menjaga berat badan yang dimiliki, karena kedelai termasuk makanan yang paling lama dicerna oleh tubuh, sehingga tubuh akan terasa kennyang lebih lama ketika mengkonsumsinya hal ini disebabkan kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi. Baca : Cara Menurunkan Berat Badan

Bagaimana netizen? cukup mengerti ya apasaja dari manfaat susu kedelai diatas? selain manfaat-manfaat yang tertulis diatas, tentunya masih banyak lagi loh manfaat laiinya, diatas merupakan sebagian besar manfaatnya dari susu kedelai. Selain mengkonsumsi susunya sebaiknya anda juga mengkonsumsinya dalam bentuk lain, seperti selai, tempe, tahu dll.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook