Cara Mempromosikan Channel Youtube Supaya Lebih Berkembang

Aktivitas mempromosikan saluran YouTube adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik channel YouTube agar memperoleh jumlah penonton dan subscriber yang banyak. Sehingga, membuat channel Youtube menjadi lebih ramai pengunjung. Tetapi, banyak Youtuber yang belum mengetahui cara mempromosikan saluran Youtube Lalu, bagaimanakah cara mempromosikan channel youtube? Inilah penjelasan lengkapnya!

1. Buat Judul Video Sesuai Kata Kunci yang Tepat Dengan Keyword Tool

Cara pertama agar pemilik saluran YouTube adalah  membuat judul video sesuai kata kunci yang tepat. Tujuannya, agar saluran YouTube lebih mudah ditemukan. Hingga akhirnya, membuat video YouTube menjadi ramai pengunjung. Sementara itu, cara membuat video YouTube dengan kata kunci adalah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  • Masuklah ke dalam situs www.keyword.Tool.io di peramban laptop atau pun ponsel pintar.
  • Kemudian, pemilik akun YouTube mesti mengklik menu “YouTube” yang terdapat di situs Keyword Tool.
  • Selanjutnya, ketiklah rancangan kata kunci yang akan dipakai sebagai kata kunci video YouTube.
  • Berikutnya, klik tombol “mencari kata kunci.” Misalnya, “cara membuat soto Bandung.” Setelah itu, situs Keyword Tool akan memberikan usulan kata kunci video. Sebaiknya, orang yang memiliki saluran Youtube memilih keyword yang tingkat kompetisinya rendah. Namun, memiliki tingkat popularitas tertinggi. Agar kata kunci yang dipakai bisa efektif menarik penonton video Youtube. Selain itu, ada baiknya jika pemilik akun YouTube berlangganan Keyword Tool Pro agar bisa mengakses semua kata kunci untuk video Youtube.

Baca Juga : Cara Membuat Status Wa Lagu dari Youtube Agar Terlihat Menarik

2. Buat Sampul Video YouTube yang Keren

Membuat  sampul video YouTube  merupakan suatu cara mempromosikan channel youtube,  yang paling ampuh. Penyebabnya, sampul video Youtube yang keren berpotensi menarik penonton video Youtube.

Hasilnya, penonton video Youtube akan meningkat secara drastis. Adapun, cara yang dapat ditempuh oleh pembuat konten youtube adalah membuat sampul video YouTube dengan desain yang keren.

Caranya, buatlah sampul video  dari screenshot video YouTube dari cuplikan video Youtube yang sudah jadi. Tetapi, usahakan hasil tangkapan memiliki tingkat resolusi tertinggi. Supaya, hasilnya lebih bagus. Bila perlu, Youtuber harus mengedit sampul video menggunakan aplikasi pengedit video seperti Canva . Kemudian, Youtuber bisa menambah tulisan sampul Youtube untuk berpromosi.

3. Promosikan Video Youtube Via Fitur Promosi Video YouTube Secara Cuma-Cuma

Cara ketiga, yang bisa dilakukan untuk mempromosikan video YouTube adalah menggunakan tiga fitur promosi cuma-cuma yang disediakan YouTube. Fungsi fitur kartu yang dapat memuat konten video youtube di sebelah kanan layar dengan mengklik gambar penanda seru. Selanjutnya, ada juga fasilitas layar terakhir yang bisa memperlihatkan  video saat tayangan video akan berakhir.

Baca Juga : Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe, Saatnya Menghasilkan Cuan Tanpa Banyak Subscriber

Peralatan terakhir yang bisa dipakai untuk berpromosi di Youtube yakni fasilitas untuk menambahkan tanda air di video Youtube berbentuk logo saluran Youtube. Tujuannya, agar penonton mau subscribe saluran Youtube yang terdapat di video YouTube. Teknisnya, Youtuber menaruh gambar lambang saluran Youtube yang bagus di posisi sebelah kanan terbawah.

4. Buatlah Penggambaran Isi Video yang Menarik di Kolom Deskripsi

Cara selanjutnya, agar kreator video YouTube bisa mempromosikan konten videonya dengan baik yaitu dengan cara membuat penggambaran isi video yang menarik di kolom deskripsi. Karena penggambaran isi video yang unik. Tujuannya,  untuk menarik penonton sebanyak mungkin.  Sedangkan, teknik lain untuk membuat deskripsi video adalah menambahkan kata kunci pendek.

Jumlahnya, maksimal hanya sekitar dua kata saja. Namun, dapat menggambarkan isi konten video secara menyeluruh. Lalu, hal lainnya adalah tentukan keyword  penonton yang ingin ditarget. Selanjutnya, jangan lupa tuliskan tanda pagar untuk mempermudah penonton mencari video Youtube yang sudah diunggah.

5. Lakukan Interaksi yang Baik Dengan Penonton

Cara terakhir, yang bisa dilakukan oleh pembuat konten Youtube untuk mempromosikan videonya adalah melakukan interaksi yang baik dengan penonton. Bentuknya pun bermacam- macam yaitu meminta penonton membagikan video Youtube sekaligus memberi masukan video baru.  Terakhir,  bisa juga membalas comment yang ada di YouTube dengan bahasa yang baik. Alasannya, agar penonton senang.

Baca Juga : Apakah Live Streaming YouTube Menambah Jam Tayang? Temukan Jawabannya di Sini!

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara mempromosikan channel youtube. Pembahasan Tersebut, tentunya sangat berguna bagi seluruh Pembuat saluran Youtube. Agar channel YouTubenya lebih berkembang.

 

Pos terkait