Cara Custom Domain di Blogspot dengan Mudah
Cara Custom Domain Blogspot

Cara Custom Domain di Blogspot dengan Mudah

Selingkaran.com – Dalam suatu website, Domain merupakan elemen yang sangat penting, tanpa domain mungkin sebuah web bisa diakses tapi hanya bisa menggunakan IP seperti contoh : 192.168.0.1 , jika seperti itu, apakah mungkin para pengunjung untuk menghafal nama dari sebuah website? tentunya kurang menarik ya netizen, oleh sebab itulah mengapa domain sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Untuk kali ini yang akan kita ulas adalah bagaimana sih cara meng custom domain TLD (Top Level Domain) ke sebuah platform Blogspot, para blogger pasti sangat familiar sekali dengan platform ini, baik itu bloggers WordPress ataupun Blogspot, untuk menggunakan Domain TLD pada blogspot, kita hanya perlu membeli atau membuat domainnya saja, karena semua file sudah di hostkan di google secara gratis, sehingga kiata modal domain saja.

Untuk meng custom ini tentunya anda harus membiliki ketiga hal berikut :

Jika ketiga elemen tersebut sudah terpenuhi, mari kita melangkah ke step selanjutnya yaitu meng custom domainnya ke blogspot, perhatikan cara-cara berikut :

Cara Custom Domain Blogspot

Pertama, pastikan anda sudah memiliki blog, disini saya contohkan milik saya adalah pucingpalabebi.blogspot.com, dan klik pada kotak merah yang ditandai.

Cara Custom Domain Blogspot 1

Cara Custom Domain Blogspot 1

Setelah itu anda bisa langsung menuju menu Setelan.

Cara Custom Domain Blogspot 2

Cara Custom Domain Blogspot 2

Stelah memilih Menu Setelan maka anda akan diarahkan ke form berikut ini.

Cara Custom Domain Blogspot 3

Cara Custom Domain Blogspot 3

Jika sudah tampil seperti gambar diatas, silahkan klik pada tulisan yang di kotaki merah, dan anda akan diarahkan ke input domain seperti dibawah.

Cara Custom Domain Blogspot 4

Cara Custom Domain Blogspot 4

Setelah tampil seperti gambar diatas, langkah yang perlu anda lakukan adalah

  1. Isikan nama domain sesuai dengan domain yang anda miliki.
  2. Setelah itu klik tombol Simpan

Setelah itu akan ada pesan error, dimana keterangannya sebagai berikut

Cara Custom Domain Blogspot 8

Cara Custom Domain Blogspot 8

Diatas adalah keterangan dimana Domain TLD anda belum bisa diverifikasi oleh pihak blogspot, lalu apa yang harus anda lakukan, anda harus menambahkan beberapa kode pada setingan di panel domain anda.

Oke sekarang anda bisa login dahulu ke Dot TK atau di akun tempat domain anda berada. setelah login maka akan tampil seperti gambar berikut ini

Cara Custom Domain Blogspot 5

Cara Custom Domain Blogspot 5

Setelah tampil seperti gambar diatas, anda bisa langsung menuju menu Domains>My Domains, maka anda akan diarahkan ke halaman berikut

Cara Custom Domain Blogspot 6

Cara Custom Domain Blogspot 6

Setelah tampil list domain anda, maka langsung menuju kesetingan domain , tekan pada tombol Manage Domain, setelah itu maka anda akan diarahkan pada form setingan, dan anda isi sesuai dengan kode yang tampil pada pesan erro pada blogspot ya, yang ini jganan sampai salah.

Cara Custom Domain Blogspot 12

Cara Custom Domain Blogspot 12

Pastikan semuanya benar, untuk Pemilihan Typenya mohon diperhatikan ya netizen, lalu untuk Target yang ada pada kolom ke dua, anda bisa dapatkan pada saat pesan error di blogspotnya, nah setelah itu anda bisa tekan tombol Save Changes.

Dan kembali lagi ke blogspot anda.

Cara Custom Domain Blogspot 13

Cara Custom Domain Blogspot 13

Jika sudah kembali maka silahkan tekan tombol Simpan lagi, jika masih terjadi error berarti proses ponting belum sepenuhnya terpointing pada server blogspot, biasanya bisa langsung dan ada pula hingga 2×24 jam, silahkan di coba terus dalam beberapa waktu.

Bagi yang ingin membuat website secara gratis juga bisa loh, silahkan baca : Cara Membuat Website Gratis.

Anda akan dipandu secara detail untuk membuat website secara gratis dengan menggunakan platform WordPress.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook

  • DR Mubarok

    custom pada blog kok saya ga ada yg error ya mas?

    • Kalo sudah tidak ada error berarti sudah terpointing mas 🙂