Cara Membuat Website Secara Gratis dan Juga Berbayar

Cara Membuat Website Secara Gratis dan Juga Berbayar

Selingkaran.com  – Website adalah dimana tempat manusia memberikan sebuah informasi yang dibutuhkan oleh manusia lainnya, dengan perangkat yang ada seperti server, jaringan dan komputer, ketiga perangkat ini merupakan komponen penting dalam satu kesatuan untuk membangun sebuah website, perlu kita ketahui jumlah website didunia ini tumbuh seakan bagaikan jamur yang tanpa henti-hentinya tumbuh setiap harinya, ada jutaan website dibuat di berbagi negara baik bagi kepentingan komersil ataupun hanya website pribadi.

Keberadaan sebuah website saat ini sangat diperhitungkan didalam kehidupan manusia, betapa tidak, saat ini banyak informasi yang bisa kita dapatkan di website, padahal dahulu kita sering mencari informasi di buku, koran atau televisi, tetapi tidak pada saat ini, malah informasi yang ada pada Website biasanya lebih dahulu disajikan sebelum disajikan pada televisi, seperti Web Portal Berita yang akan menyajikan informasi yang up to date setiap hari dan waktunya.

Tak hanya itu, website juga saat ini sudah banyak digunakan sebagai lahan bisnis, entah itu E-commerce atau toko online, atau memasang sebuah iklan pada website dengan kata lain menjadi seorang Publisher dari penyedia layanan Iklan, seperti Google Adsense, Kliksaya, Infolink dll, dan ada juga yang menjadi Affiliate dari website E-commerce atau toko online besar, dengan pembagian hasil biasanya 10% – 30% dari keuntungan penjualan.

Nah sebelum kita merangkak kesana, katu harus tahu dulu, bagaimana sih cara membuat website? kita akan bahas membuat situs secara gratis dan premium, mari kita pelajari dahulu yang gratis ya netizen.

Ada 2 Platform yang bisa anda gunakan untuk membuat website, sebenarnya banyak platform, tetapi yang familiar dimasyarakat Indonesia adalah Blogspot dan WordPress.

Sebelumnya saya sudah pernah mengulas bagaimana cara membuat blog pada blogspot anda bisa baca langsung disini :

Ikon SelingkaranCara Membuat Blog Gratis menggunakan Platform Blogspot

Nah untuk yang WordPress ini juga masih gratis loh netizen, dari domain hingga hosting nya juga gratis, tetapi lumayan cukup ribet jika dibandingkan menggunakan Blogspot, karena untuk WordPress kita harus custom sendiri beberapa pengaturannya, seperti apa? yuk kita simak ulasannya.

Pertama, kita harus but Domain Gratis terlebih dahulu, baca disini : Cara Membuat Domain Gratis

Kedua, kita harus memiliki akun disalah satu penyedia hosting. Hosting disini berfungsi untuk menyimpan data seperti CMS, Image dan lain lain. Di Indonesia ternyata sudah sejak lama ada loh netizen penyedia hosting gratis, dan tak kalah dengan penyedia hosting di luar negeri, dan supportnya juga bagus.

Nah penyedia jasa hosting yang akan kita gunakan adalah, IdHostinger kami harapkan anda sudah memiliki email terlebih dahulu untuk mendaftarkan akun anda, nah untuk langkah langkahnya perhatikan berikut ini

Cara Membuat Website

[sociallocker]

Pertama, silahkan daftarkan akun anda terlebih dahulu di www.idhostinger.com, dengan mengeklik tombol Order Sekarang.

Cara membuat Website 1

Cara membuat Website 2

Lalu anda bisa memilih mendaftar melalui Gmail atau Facebook, saran saya menggunakan Gmail saja karena akan lebih mudah kedepannya. Jika sudah maka akan diarahkan ke konfirmasi keamanan Google seperti berikut.

Cara membuat Website 3

Setelah itu silahkan tekan tombol Teriman, dan anda akan diarahkan langsung ke halaman Beranda dimana  itu adalah halaman member area di Idhostinger.

Cara membuat Website 4

Untuk mendaftarkan hosting baru, silahkan Pilih pada kotak berwarna biru, yaitu Hosting, disini anda akan diarahkan ke pemilihan sesuai kebutuhan anda seperti dibawah ini

Cara membuat Website 5

Cara membuat Website 6
Jika anda ingin yang berbayar, silahkan pilih yang Premium atau Bisnis, jika anda ingin menggunakan jasa yang gratis, maka silahkan pilih yang gratis, dan anda akan diarahkan ke halaman seperti betikut ini.

Cara membuat Website 7

Nah seperti tampilan diatas, silahkan anda inputkan Nama Domain yang sudah anda miliki pada kolom Domain, tetapi ingat pada kolom ubah tipe domainnya di geser menjadi Domain ya netizen, dan jangan lupa untuk mengisi passwordnya juga, setelah itu klik tombol Mengeksekusi.


Cara membuat Website 8Setelah step 2 selesai maka anda akan diarahkan ke halaman Konfirmasi Order seperti halaman diatas, silahkan diisi form yang dibutuhkan seperti yang ditandai tanda panah diatas, lalu klik Order, maka anda akan diarahkan ke halaman berikut

Cara membuat Website 9

Jika sudah ada keterangan seperti itu berarti akun hosting anda sudah dibuat dan anda sudah memilki Hosting Gratis sendiri, nah sekarang mari kembali ke Beranda.

Cara membuat Website 10

Setelah keberanda, silahkan langsung klik Kotak Biru yang bertuliskan Hosting, anda akan diarahkan kehalaman daftar hosting anda.

Cara membuat Website 11

Jika dudah ada tampilan seperti diatas, maka silahkan pilih Icon yang bergambar 2 Gerigi atau Kelola, anda akan langsung ke halaman Panel Hosting anda.

Cara membuat Website 12

Halaman diatas adalah Panel Hosting dari domain Pucingpalabebi.tk , disitu ada keterangan bahwa Nameserver belum terpointing dengan domain, maka langkah yang perlu anda lakukan adalah langsung menuju ke akun Dot TK anda atau di akun Domain anda, lalu Login , dan anda akan diarahkan kehalaman seperti berikut.

Cara membuat Website 14

Setelah itu pilih menu Domains>My Domains,

Cara membuat Website 15

Nah jika sudah ke halaman seperti diatas, silahkan klik tombol Manage Domain, anda akan diarahkan kehalaman berikut.

Cara membuat Website 16

Silahkan pilih Management Tools>Nameservers, dan isikan datanya seperti gambar berikut ini , sebelum anda mengisikan datanya anda harus tahu dulu Nameservers dari Id Hostinger, biasanya dikirim melalui Email, tetapi disini kami lampirkan juga datanya..

Cara membuat Website 13Cara membuat Website 25Nah silahkan isi seperti data yang tampil diatas ya netizen, lalu klik tombol Change Nameservers.

Jika sudah maka anda bisa kembali lagi ke Panel Hosting, Apakah notif yang tadi masih ada? jika tidak ada maka anda bisa langsung mengakses Domain anda dibrowser, maka tampilan akan seperti berikut ini.

Cara membuat Website 17

Tampilan diatas dikarenakan anda belum menginstal CMS (Content Management System) seperti WordPress, nah untuk menginstalnya anda bisa langsung ke Panel Hosting lalu cari tombol seperti berikut ini

Cara membuat Website 18Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman seperti berikut ini, lalu cari CMS WordPress ya netizen..

Cara membuat Website 19Nah setelah itu anda harus mengisikan beberapa setingan seperti dibawah ini, harap pastikan  data yang anda inputkan anda mengingatnya ya netizen..

Cara membuat Website 20Lalu Klik tombol instal, maka CMS WordPress akan otomatis terinstall, dan silahkan menunggu beberapa saat sampai proses instalasinya selesaiCara membuat Website 21Nah jika tidak selesai-selesai maka anda bisa refresh page tersebut, ini mungkin dikarenakan proses Javascript yang kurang sempurna, tetapi sebenarnya sudah selesai, nah sekarang anda bisa cek Website Pucingpalabebi.tk di browser anda, dan tampilan akan seperti berikut ini

Cara membuat Website 22Taraaaaa!!! Jika tampilannya sudah seperti itu berarti andasudah berhasil membuat sebuah website anda sendiri, untuk mengakses halaman admin, silahkan kunjungi Pucingpalabebi.tk/wp-admin atau, www.websiteanda.tk/wp-admin, dan anda akan diarahkan ke form login seperti berikut, dan isikan Username dan Password seperti saat anda daftarkan ketika anda menginstal CMS WordPress

Cara membuat Website 23Jika sudah diinputkan, silahkan klik Login, maka anda langsung diarahkan ke Dashboard website anda, seperti berikut ini :

Cara membuat Website 24

Anda telah sukses membuat sebuah website, dan sekarang tinggal membuat sebuah artikel yang berguna untuk para Neztizen lainnya, dan silahkan pelajari Menu-menu yang tersedia diatas, setelah terbiasa anda pasti akan bisa dengan mudah untuk mengoprasikannya.

Cara diatas merupakan Cara Membuat Website secara gratis.

[/sociallocker]

Jika anda ingin tau cara membuat website secara premium, caranya hampir sama seperti diatas, yang membedakan adalah anda perlu mengeluarkan sedikit dana untuk Membeli Domain dan Membeli Hosting di salah satu penyedia jasa penjualan Hosting dan Domain.

Untuk membangun sebuah website yang profesional, anda tentunya harus tahu dahulu apa yang dibutuhkan para netizen lainnya, dan apa yang akan anda sajikan, nantikan tips-tips berikutnya dari kami. Selamat Berkarya.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook