Keunikan Batu Sungai Dareh dan Khasiatnya

Keunikan Batu Sungai Dareh dan Khasiatnya

Selingkaran.com – Batu Sungai Dareh, batu yang berwarna hijau seperti lumut ini akhir akhir ini tengah booming dikalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya penghobi dan juga pengkolektor batu banyak berburu batu yang berasal dari Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat.

Kepopuleran baatu sungai dareh semakin mencuat ketika Presiden Amerika Serikat mengenakan batu ini pada pergelangan jarinya, Presiden Barack Obama dikabarkan pernah mengenakan batu cincin ini, kemungkinan hingga saat ini presiden AS tersebut masih mengenakannya di jari jemarinya.

Mulai dari situlah kepopuleran batu sungai dareh mulai terangkat lagi, sampai-sampai penghobi dan pengkolektor batu dunia berkumpul untuk berburu batu yang unik ini.

Di Indonesia sendiri masyarakat kita banyak mengenal batu ini dengan nama-nama yang mungkin sudah ada yang menemukan sebelumnya, batu ini memiliki banyak sebutan, ada yang bilang batu lumuik, batu giok sumatera, batu lumut, batu giok kandi dan batu sungai dareh.

Lalu kenapa batu ini bisa sangat terkenal hingga ke penjuru dunia, tidak bisa dipungkiri memang batu ini memang sangat unik dan mewah dari warnanya yang hijau seperti air dan didalamnya mengalir lumut membuat batu ini memiliki daya tarik tersendiri, selain itu batu ini juga memiliki sejarah tersendiri loh netizen.

Asal Muasal Batu Sungai Dareh

Tentunya yang namanya batu mulia, pasti sudah ada penemunya dari zaman dahulu, karena pada umumnya batu mulia dahulu sering diburu untuk perhiasan para Raja dan Ratu pada suatu kerajaan. Tetapi untuk batu yang satu ini, konon batu cincin ini ditemukan baru sejak tahun 1970-an, sayangnya pada tahun tersebut batu akik hanya dikenal dikalangan orang tua saja, tidak seperti sekarang yang menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda. Batu cincin ini memiliki tingkat kekerasan pada 7 skala mohs, dan ini setara dengan Giok China loh netizen.

Pada awal penemuannya atau sekitar taun 1970-an, batu ini dikenal dengan nama Giok Kandi, mengapa begitu? ini dikarenakan batu cincin ini pertama kalinya ditemukan di Sungai Kandi dan juga Bukit Putri Bungsu Solok Selatan Sumatera. Untuk masalah harga saat ini harga batu cincin relatif , tergantung dari minat sang pembeli dan kualitas dari batunya. Baca : Batu Cincin Termahal

Adapun khasiat yang dimiliki batu cincin ini, sudah pasti setiap batu cincin dipercaya memiliki khasiatnya tersendiri ya netizen.

Khasiat pada Batu sungai Dareh

  • Dipercaya dapa meningkatkan keselarasan dengan alam sekitar
  • Menjaga agar tidak cepat emosi
  • Membuat tubuh lebih semangat dan kuat
  • Konon juga bisa menetralisir racun yang ada pada tubuh
  • Konon batu ini juga dapat menjadi pelindung bagi pemakainya tetapi ingat “Hanya ALLAH lah pelindung dari sebaik-baiknya pellindung” umat manusia.

Jenis Batu Sungai Dareh

Anda juga harus mengenali jenis jenis apasajakah yang ada untuk batu sungai dareh ini, batu ini sama sepertihalnya batu lainnya yang juga memiliki aneka ragam jenis, yaitu :

  • Batu sungai dareh pucuk pisang
  • Batu Kumbang jati
  • Batu sungai dareh kristal, dll.

Gambar Batu Sungai Dareh

Bongkahan Batu Sungai Dareh 5

Batu Sungai Dareh 1

Batu Sungai Dareh 2

Batu Sungai Dareh 3

Batu Sungai Dareh 4

Batu Sungai Dareh 6

Tak hanya batu cincin ini yang terkenal dimasyarakat kita, ada seperti batu bacan, batu kalimaya, batu black opal atau sering kita kenal kalimaya banten, kecubung, bungur tanjung bintang dan masih banyak lagi netizen, batu kini menjadi sarana bisnis tersendiri bagi para pengusaha batu, karena untung nya tak tanggung-tanggung loh, para penjual batu mulia bisa mendaptakan omset jutaan, ratusan juta hingga milyaran loh netizen, tidak percaya? Silahkan buktikan 🙂


Komentar Facebook