6 Penyebab Kenapa Kucing Belekan dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Kenapa Kucing Belekan dan Cara Mengatasinya

Kucing merupakan hewan peliharaan yang kini banyak diminati. Selain lucu, hewan ini juga memiliki ciri tertentu sesuai dengan ras-nya. Meskipun begitu, kucing juga tidak luput dari terjangkitnya penyakit salah satunya adalah belekan. Kenapa kucing belekan? Berikut penyebab dan cara menanganinya:

1. Infeksi Mata

Penyebab kenapa kucing belekan yang pertama adalah infeksi mata. Infeksi mata sebenarnya bisa terjadi pada semua hewan termasuk manusia. Namun pada kucing, hal ini tentunya sangat mengganggu pandangan kucing dan membuatnya terlihat kotor. Infeksi ini paling banyak diakibatkan oleh adanya virus atau bakteri yang masuk ke bagian mata.

Bacaan Lainnya

Ketika hal tersebut terjadi, pemilik bisa melakukan pertolongan pertama dengan cara memberi antibiotik sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Pemberian antibiotik ini bermanfaat untuk membunuh bakteri/virus penyebab infeksi. Untuk kasus infeksi yang sudah parah, bisa langsung dibawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih intensif.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing Susah Pipis dan Penyebabnya, Pecinta Kucing Wajib Tahu

2. Gangguan Kornea

Penyebab kucing belekan selanjutnya adalah gangguan kornea. Seperti kita tahu, kornea adalah bagian mata yang paling vital dan penting. Jika bagian ini kotor/terluka maka produksi air mata akan semakin meningkat. Hal tersebut yang mengakibatkan belekan serta infeksi jika tidak segera ditangani.

Untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara sering menjaga kebersihan mata kucing. Penggunaan salep juga dianjurkan sesuai dengan instruksi. Namun pada kasus yang lebih serius maka tindakan operasi bisa menjadi opsi selanjutnya.

3. Konjungtivitis

Penyebab kenapa kucing belekan lainnya adalah konjungtivitis. Konjungtivitis lebih mengarah pada peradangan bagian lapisan merah mudah sekitar mata. Hal tersebut menyebabkan mata kucing menjadi merah dan bengkak. Pada beberapa kasus, kucing yang mengalaminya akan disertai dengan diare dan demam.

Cara mengatasi konjungtivitis salah satunya adalah dengan salep steroid. Sekali lagi, penggunaan obat oles pada mata harus sesuai anjuran agar tidak memperparah kondisi belekan. Sedangkan untuk konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri, bisa menggunakan salep antibiotik agar bakteri pada mata segera mati.

4. Infeksi Saluran Pernafasan Atas

Berbicara soal belekan pada kucing, infeksi saluran nafas bisa dibilang menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini dikarenakan bakteri atau virus penyebab infeksi juga menimbulkan efek pada bagian mata. Gejala ini bisa tergolong ringan namun bisa juga tergolong serius. Tidak hanya mata, infeksi saluran pernafasan juga mempengaruhi cairan dari hidung kucing.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Kucing Pilek Paling Mudah

Jika sudah terjadi hal semacam ini maka pemilik bisa melakukan beberapa tindakan pertolongan. Salah satunya adalah dengan memberikan obat mata baik salep maupun tetes. Pada beberapa kasus bisa juga menggunakan antibiotik atau dekongestan sesuai takaran yang berlaku.

5. Uveitis

Uveitis juga termasuk dalam salah satu kenapa mata kucing sering belekan. Selain belekan, uveitis juga menimbulkan beberapa efek seperti trauma dan yang paling parah adalah kanker mata. Untuk itu, penanganan pada kondisi semacam ini harus optimal karena efek terburuk adalah kucing bisa mengalami kebutaan.

Salah satu pertolongan pertama pada kondisi semacam ini adalah dengan salep mata atau obat tetes mata. Cara ini dimaksudkan agar peradangan dan nyeri yang dirasakan kucing bisa sedikit meredam. Namun untuk kondisi yang parah, alangkah baiknya langsung dibawa ke klinik hewan untuk penanganan yang lebih intensif.

6. Epiphora

Penyebab kenapa kucing belekan yang terakhir adalah karena epiphora. Epiphora adalah kondisi dimana produktivitas cairan pada mata mengalami peningkatan. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh robekan di bagian mata atau bisa juga karena alergi dan virus.

Baca Juga : Gejala Dan Cara Menghilangkan Scabies Pada Kucing

Pertolongan pertama pada kondisi ini adalah menggunakan air garam. Cara tersebut digunakan untuk membersihkan saluran air mata. Selain itu salep dan tetes mata juga bisa digunakan jika terjadi infeksi.

 

Pos terkait