Daftar Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan
Sayur Mayur

Daftar Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan

Selingkaran.com – Makanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita, ada beberapa makanan yang konon jika dikonsumsi terus menerus tidak baik bagi kesehatan kita, ya walaupun di awal makanan tersebut dikatakan baik, tetapi jika dikonsumsi terus menerus dan secara berlebihan makanan tersebut dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh manusia.

Tidak hanya itu, dalam setiap makanan pasti memiliki kandungan gizi yang berbeda beda, begitupun juga pada minuman pasti juga memiliki kandungan yang berbeda-beda pula bukan, nah kali ini yang akan kita bahas adalah makanan yang dapat menambah darah untuk tubuh kita.

Makanan ini sangat dibutuhkan sekali bagi tubuh kita, biasanya pada saat sehabis kita mendonorkan darah, maka tubuh akan kekurangan darah nah hal ini harus segera diatasi dengan mengkonsumsi makanan penambah darah, apasajakah itu? yuk kita simak ulasannya..

Makanan Penambah Darah

1. Telur Ayam Setengah Matang

Telur Setengah Matang - Selingkaran

Telur Setengah Matang

Telur ayam memiliki banyak kandungan gizi, kandungan yang terdapat didalamnya seperti kalsium, karbohidrat, vitamin B1, vitamin A dan masih banyak lagi, dan yang paling adalah kandungan zat besinya yang baik untuk penambah darah didalam tubuh.

Telur ini bisa disajikan secara setengah matang ataupun matang, kangungannya tetap sama, tetapi lebih efektif ketika setengah matang, karena kandungan gizi tidak banyak terbuang, biasanya disajikan pada saat kita sehabis mendonorkan darah atau darah kita sedang drop, maka telur ayam sangat cocok untuk menambah darah didalam tubuh.

2. Susu Kedelai/Susu Sapi

Susu

Susu

Susu adalah minuman sehat yang kaya akan kalsium dan protein, kalsium yang tinggi sangat bermanfaat sekali untuk pertumbuhan tulang apalagi untuk anak-anak yang masih dimasa pertumbuhan untuk memaksimalkan tinggi badan yang mereka miliki (Baca: Cara Meninggikan Badan), tetapi selain untuk pertumbuhan susu juga sangat baik untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh.

Susu memiliki kandungan yang amat tinggi seperti kalsium, dan juga kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalium, fosfor,vitamin B1, vitamin C, dan juga zat besi yang sangat baik untuk menambah darah dalam tubuh, minum susu sangat efektif ketika tubuh terasa lemas dan pucat karena darah rendah.

3. Daging

Daging - Selingkaran

Daging

Dalam kehidupan tidak jarang kita menemukan kuliner dengan berbahan dasar daging, entah itu daging sapi, daging kambing ataupun daging ayam,  untuk menu berbahan dasar daging memang sedikit lebih mahal ketimbang sayuran ya netizen, tetapi sesuai lah dengan manfaatnya.

Daging pada umumnya memiliki kandungan Protein, Zat Besi, Sumber Vitamin, Mineral yang  tinggu dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, untuk menambah darah pada tubuh Zat Besi pada daging sangat dibutuhkan, karena Zat Besi dapat mempercepat proses pembentukan sel-sel darah merah secara optimal, jika anda adalah seorang Anemia maka sangat cocok untuk mengkonsumsi daging, terutama daging kambing dan sapi. Eh, tetapi ingat jangan berlebihan ya netizen, daging juga memiliki kolesterol dan kandungan lemak jenuh yang tinggi jadi kurang baik jika dikonsumsi terus menerus. Hal ini akan menyebabkan Obesitas atau Kelebihan berat badan.

4. Ikan

Ikan Mas - Selingkaran

Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan dalam kelompok 4 sehat 5 sempurna, karena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi selain itu juga ikan memiliki kandungan seperti lemak, mineral dan vitamin. Walaupun kandungan zat besi nya sangat kecil, tetapi kandungan vitamin yang dimiliki oleh ikan sangat baik untuk membentuk sel sel darah merah pada tubuh, ikan juga baik untuk mencegah anemia.

5. Kurma

Buah Kurma - Selingkaran

Buah Kurma

Kurma adalah buah yang sangat digemari dan sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, buah kurma banyak tumbuh di negara Arab Saudi, dan sangat banyak sekali kita temukan di Indonesia terutama pada bulan Ramadhan atau Bulan puasa.

Kurma merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita,  kurma juga merupakan sumber serat alami yang bagus untuk pencernaan dan banyak kandungan-kandungan yang lainnya, termasuk untuk menambah darah dalam tubuh, dan memicu terbentuknya sel-sel darah merah yang baru. Kandungan yang terdapat pada 100 Gram Buah kurma sbb:

Zat gizi Jumlah Zat gizi Jumlah
Air 18.27 Vitamin
Energi 251 kkal Vitamin A 9 IU
Protein 2.81 g Vitamin B1 (tiamin) dengan 0.046 mg
Karbohidrat 66.78 g Vitamin B2 (riboflavin) dengan 0.059 mg
Serat 7.1 g Vitamin B3 (niasin) dengan 1.134 mg
Gula 56.38 g Vitamin B5 (asam pantotenat) dengan 0.525 mg
Total lemak 0.35 g Vitamin B6 (piridoxin) dengan 0.147 mg
Lemak jenuh 0.0028 g Vitamin B9 (folat) dengan 17 mcg
MUFA 0.0032 g Vitamin B12 0 mcg
PUFA 0.017 g Vitamin C 0.4 mg
kolesterol 0 mg Vitamin E 0.04 mg
Mineral Vitamin K 2.4 mcg
Kalsium 35 mg Fitonutrisi
Zat Besi 0.91 mg Beta karoten 5 mcg
Magnesium 38 mg Beta kriptoxantin 0 mcg
Fosfor 55 mg Likopen 0 mcg
Kalium Sebanyak 484 mg Lutein dan zeaxantin dengan 67 mcg
Sodium 2 mg
Seng 0.26 mg

6. Buah Alpukat

Buah Alpukat - Selingkaran

Buah Alpukat

Buah alpukat, buah yang satu ini memang kaya akan gizi dan vitamin, dan banyak yang menggunakan buah alpukat sebagai bahan untuk kecantikan, seperti untuk membuat masker, atau yang lainnya, selain itu buah alpukat sangat enak jika dikonsumsi apalagi jika dibuat jus atau sop buah hmmm..

Buah alpukat memiliki amat banyak kandungan vitamin dan gizi, seperti Vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin C, dan terdapat kandungan lainnya seperti Kalori 85,00 kal, Protein 0,90 g, Lemak 6,50 g, Karbohidrat 7,70 g, Kalsium (Ca) 10,00 mg, Fosfor (P) 20,00 mg, Zat Besi (Fe) 0,90 mg, yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh kita.

Terutama Zat Besi yang terkandung didalamnya, yang memiliki peran penting dalam membangun sel-sel darah merah yang baru secara optimal, sehingga tubuh tidak mengalami anemia atau kekurangan darah.

7. Sayur Mayur

Sayur Mayur - Selingkaran

Sayur Mayur

Sayur mayur tentunya sudah kita ketahui akan pentingnya mengkonsumsi sayur mayur dalam keseharian kita, didalam sayur banyak kandungan gizi, protein , dan vitamin lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh, untuk menjaga keseimbangan tubuh kita dan juga sayur mayur kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan dan sistem metabolisme pada tubuh.

Didalam sayuran juga terdapat banyak kandungan zat besi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah pada tubuh kita, sehingga tubuh tetap semangat karena kondisinya terjaga, jadi jika anda mengalami anemia atau kekurangan darah anda bisa mengkonsumsi beraneka ragam sayuran tetapi jangan dahulu mengkonsumsi buah semangka dan mentimun ya netizen, nanti keadaannya akan berbalik loh.

Nah bagaimana netizen? cukup banyak bukan makanan-makanan yang dapat menjaga tubuh kita dari gejala atau sakit anemia, anemia sendiri banyak yang menganggapnya sepele, tetapi jika terus dbiarkan maka akan berakibat fatal seperti terjadinya pusing berlebihan seperti vertigo, atau benda-benda sekeliling terasa berputar , atau juga pingsan, dan jiga tekanan dara terus rendah maka berpotensi menyebabkan kematian loh.

Jadi apakah anda akan terus menjaga kesehatan tubuh anda?

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook