6 Obat Kutu Anjing Alami Paling Ampuh

6 Obat Kutu Anjing Alami Paling Ampuh

Hewan anjing sangat digemari banyak kalangan untuk dijadikan peliharaan. Selain sebagai hewan peliharaan yang bisa diajak bermain, anjing juga bisa dijadikan pengawal rumah yang handal. Namun dalam memelihara anjing juga terdapat banyak kendala. Salah satu kendalanya yaitu anjing memiliki kutu. Tapi jangan khawatir karena sekarang sudah banyak obat kutu anjing alami. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan.

Kutu anjing memang masalah yang ringan namun bisa juga menjadi besar bila tidak segera diatasi. Kutu bisa mengakibatkan infeksi bakteri yang dapat memicu rasa gatal di tubuh anjing. Jika tidak diatasi dapat menyebabkan infeksi kulit yang serius dan dapat menyebabkan kematian. Dibawah ini bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat kutu anjing:

Bacaan Lainnya

1. Minyak Kelapa

Obat kutu anjing alami yang pertama yaitu minyak kelapa. Sejak dulu minyak kelapa sudah terkenal manfaatnya untuk pengobatan pada manusia. Kandungan asam laurat yang terdapat di minyak kelapa bisa membantu melawan virus, antibakteri, anti inflamasi, dan anti jamur.

Baca Juga : Tips Merawat Jenis Anjing Pomeranian Untuk Pemula

Minyak kelapa tidak hanya dapat bermanfaat bagi manusia namun juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada anjing. Selain bisa menghilangkan kutu minyak kelapa juga dapat memberikan kelembaban pada tubuh dan bulu anjing. Cara memberikan minyak kelapa pada anjing yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke tubuh anjing secara langsung.

2. Lemon

Kandungan asam yang ada di buah lemon sudah terbukti ampuh sebagai obat semprot kutu. Cara mengolah buah lemon untuk obat kutu yaitu dengan mengiris lemon kemudian rebus sampai mendidih. Tunggu sampai larutan dingin baru bisa disemprotkan ke anjing. Ketika menyemprot cairan lemon pastika tidak mengenai area wajah. Walaupun memakai bahan alami namun cairan lemon berbahaya untuk mata anjing.

3. Daun Rosemary

Jika anjing senang bermain air, campuran daun rosemary akan terlihat seperti permainan yang sangat menyenangkan daripada sebagai obat kutu untuk anjing. Rendamlah daun rosemary segar ke dalam air mendidih. Kemudian saring campuran tersebut dan tuangkan kedalam air hangat. Setelah air telah memiliki suhu yang nyaman, tuangkan campuran tersebut ke atas anjing dan biarkan kering dengan alami.

Baca Juga : 5 Obat Untuk Anjing Muntah Busa Putih Dari Bahan Alami

4. Bawang Putih

Bawang putih tidak cuma bisa digunakan untuk masakan namun juga dapat dimanfaatkan untuk obat kutu anjing. Ada dua cara dalam menggunakan bawang putih sebagai obat kutu anjing. Cara yang pertama yaitu dengan membuat air semprotan ekstrak bawang putih. Cara yang kedua yaitu memberi anjing makan bawang putih mentah secara langsung.

5. Cuka Apel

Untuk membasmi dan mencegah kutu dari dalam ke luar, coba tambahkan cuka biasa atau cuka sari apel pada minuman anjing. Minuman yang telah dicampur cuka harus diuji terlebih dahulu apakah anjing menyukainya atau tidak.

Takaran cuka yang harus dimasukan ke air minum yakni 1 sendok teh cuka untuk 4 gelas air. Takaran tersebut merupakan takaran yang pas untuk menghilangkan kutu pada anjing. Tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan kutu namun juga bermanfaat untuk kulit dan bulu anjing.

6. Minyak Neem

Fungsi minyak neem yaitu menolak serangga secara alami. Namun perawatan kutu yang satu ini belum terlalu dikenal. Minyak neem berasal dari Burma, Sri Lanka, dan sebagian India. Terapkan minyak ini ke tubuh anjing. Bisa juga dicampurkan ke shampoo anjing atau cairkan dan semprotkan pada anjing.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Baik

Itu dia 6 obat kutu anjing alami yang dapat dicoba. Hal tersebut dilakukan supaya hewan bebas dan terhindar dari kutu. Penggunaan bahan alami juga bisa menghindarkan anjing terkena bahan kimia yang berbahaya.

Pos terkait