Cara Menghapus Cache di HP Samsung A11

Cara Menghapus Cache di HP Samsung A11

Cara Menghapus Cache di HP Samsung A11 – File cache merupakan salah satu jenis file yang biasanya akan secara otomatis tersimpan di RAM. Terkadang pula tersimpan di memori internal HP dan letaknya tersembunyi. Fungsi utama dari file cache ini sendiri yakni untuk mempercepat loading aplikasi saat dijalankan di momen kedua. Akan tetapi, terkadang file cache sistem yang tersimpan dan menumpuk sering menyebabkan performa HP menurun. Dan tidak jarang juga menyebabkan error pada aplikasi, misalnya saja aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Sebaiknya Anda rutin melakukan penghapusan file cache dari perangkat HP agar performa HP kembali meningkat. Serta juga memperluas ruang di memori HP, baik itu ruang RAM maupun memori internal. Bagi Anda pengguna Samsung A11, berikut ini cara menghapus cache di HP Samsung A11 yang bisa Anda terapkan.

Bacaan Lainnya

Cara Menghapus Cache di HP Samsung A11

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus file sampah atau cache aplikasi dan sistem di Samsung Galaxy A11. Cara-cara tersebut tentunya mudah untuk diterapkan, bahkan bagi Anda yang masih pemula. Adapun cara menghapus cache di HP Samsung A11 selengkapnya, sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Menampilkan Watermark Samsung A11 di Kamera

1. Lakukan Restart HP

Cara yang paling praktis untuk menghapus file cache di Samsung A11 yakni dengan melakukan restart. Bahkan tidak hanya untuk Samsung A11 saja, cara ini juga bisa Anda terapkan di merek dan tipe HP lainnya.

Melakukan restart akan menghapus permanen file cache yang tersimpan otomatis di RAM. Cara ini juga akan membantu meningkatkan performa HP saat dioperasikan.

2. Hapus Cache Lewat Fitur Perawatan Perangkat

Alternatif lainnya untuk membersihkan file cache di RAM Samsung A11 yakni dengan melalui fitur Perawatan Perangkat. Ini merupakan fitur bawaan dari Samsung yang ditujukan untuk mengoptimalkan kinerja perangkat smartphonenya. Fitur ini sendiri bisa Anda akses melalui menu Pengaturan.

Untuk cara menghapus file cache menumpuk di RAM HP Samsung A11 lewat fitur Perawatan Perangkat tersebut, yakni:

Baca Juga : Cara Membuat 2 Layar di HP Samsung A11

  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung A11.
  • Kemudian klik pada opsi Perawatan Perangkat dan Baterai.
  • Selanjutnya klik pada tombol Optimalkan Sekarang yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda klik pada opsi Memori. Tunggu sampai sistem selesai memeriksa. Kemudian Anda klik tombol Hapus Sekarang untuk menghapus file cachenya.

3. Hapus File Cache Aplikasi Secara Manual

Selain cara di atas, Anda juga bisa menghapus file cache yang tersembunyi di memori HP dengan cara manual. Di sini Anda akan menghapus file cache satu per satu dari aplikasi yang terpasang di HP Samsung A11. Cara melakukannya terbilang mudah, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung A11.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Lanjutkan dengan klik pada aplikasi yang ingin dihapus cachenya.
  • Lalu masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Memori.

Anda bisa melakukan cara yang sama seperti di atas pada semua aplikasi yang terdapat di smartphone Samsung A11. Tenang saja, menghapus cache tidak akan berpengaruh pada data aplikasi sehingga aman untuk dilakukan.

Baca Juga : Cara Menghapus File Sampah Di Ram Smartphone Samsung Paling Mudah

4. Hapus File Cache dengan Aplikasi Tambahan

Dan cara yang terakhir untuk menghapus file cache tersembunyi di Samsung A11 yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Melakukan cara ini diklaim lebih efektif untuk menghapus file cache atau sampah yang tersimpan di memori. Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

Itulah tadi beberapa cara menghapus cache di HP Samsung A11 yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Pos terkait