7 Makanan Anak Kelinci Umur 2 Minggu Yang Wajib Diketahui

7 Makanan Anak Kelinci Umur 2 Minggu Yang Wajib Diketahui

Bagi siapapun yang ingin memelihara anak kelinci, baik dengan membeli, mengadopsi atau merawat kelinci yang ditinggal induknya maka harus dilakukan dengan benar dan tepat. Anak kelinci rentan terhadap penyakit. Makanan yang diberikan juga harus diperhatikan. Berikut makanan anak kelinci umur 2 minggu yang wajib diketahui. Jika salah memberikan makanan maka kelinci bisa sakit.

Seperti anak hewan pada umumnya anak kelinci juga sangat membutuhkan kasih sayang dan perawatan tanpa henti. Hal tersebut dilakukan agar anak kelinci bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak kelinci yang memakan makanan sesuai dengan umurnya tidak akan mengalami masalah pencernaan yang serius. Dibawah ini beberapa makanan untuk anak kelinci umur 2 minggu:

Bacaan Lainnya

1. Susu

Makanan anak kelinci yang pertama yaitu susu. Susu yang bisa anak kelinci bisa diberikan kepada anak kelinci bermacam-macam, jenisnya diantaranya pet milk, susu kucing, susu bayi usia 0-6 bulan, dan susu kambing etawa. Takaran susu yang diberikan juga harus pas. Untuk kelinci umur 2 minggu takaran yang pas yaitu 7-13 ml dalam sekali pemberian dan diberikan 2 kali sehari.

Baca Juga : 5 Makanan Kelinci Agar Cepat Hamil, Peternak Kelinci Wajib Baca!

2. Pelet Khusus Anak Kelinci

Seperti hewan-hewan lainnya pelet juga sangat banyak manfaatnya untuk anak kelinci. Pelet dapat membantu peningkatan berat badan dan penyembuhan, namun jangan terlalu sering memberikan pelet. Hal itu disebabkan karena tekstur pellet yang kadang tidak sesuai dengan sistem pencernaan anak kelinci umur 2 minggu.

Penggunaan pelet yang berlebihan bisa menyebabkan anak kelinci mengalami mencret, terkena dehidrasi bahkan bisa menyebabkan kematian. Jadi usahakan dalam pemberian pelet juga dibarengi dengan asupan makanan yang bergizi dan alami.

3. Apel

Apel memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk anak kelinci. Pemberian apel pada anak kelinci umur 2 minggu harus dilumatkan atau dipotong-potong kecil. Tujuannya agar anak kelinci bisa dengan mudah mencernanya. Apel sangat baik untuk anak kelinci karena mengandung banyak serat. Akan tetapi jangan terlalu sering memberikan apel ke anak kelinci karena apel mengandung gula yang tinggi.

4. Roti

Makanan anak kelinci selanjutnya yakni roti. Jika ingin memberikan roti pada kelinci harus dipotong-potong kecil terlebih dahulu. Kandungan yang ada pada roti baik untuk pertumbuhan anak kelinci. Namun perlu diingat jangan terlalu banyak karena roti banyak mengandung karbohidrat.

Baca Juga : Cara Membuat Pelet Kelinci Agar Cepat Gemuk Dengan Bahan Alami

5. Oatmeal Kelinci

Kandungan serat pada oatmeal sangat baik untuk pencernaan anak kelinci. Oatmeal boleh diberikan kepada anak kelinci karena tidak memiliki efek yang negatif untuk anak kelinci. Kadar serat yang sangat baik pada oatmeal tidak menjadikan pencernaan anak kelinci kaget dengan kadar naik turunnya serat.

Oatmeal mengandung karbohidrat dan berbagai sumber mineral diantaranya magnesium, kalsium dan lain sebagainya. Oatmeal bisa dibeli di marketplace seperti shopee, bukalapak, dan tokopedia. Harga oatmeal kira-kira 55.000 per bungkus. Oatmeal juga sangat bagus untuk bulu kelinci.

6. Rumput Timothy

Rumput Timothy bisa diberikan ke anak kelinci umur 2 minggu, rumput timothy merupakan bagian dari rumput lapangan. Jenis rumput ini sangat mudah ditemukan karena banyak tumbuh di padang luas. Rumput ini mengandung serat dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan tersebut baik untuk pencernaan dan pertumbuhan anak kelinci.

7. Rumput Alfalfa

Rumput ini dipercaya sebagai rumput paling tua di bumi. Jenis rumput alfalfa merupakan rumput terbaik untuk makanan kelinci. Di dalam rumput alfalfa terdapat kandungan protein 18%. Kandungan tersebut baik untuk tumbuh kembang anak kelinci.

Baca Juga : 5 Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer, Bisa Dilakukan Di Rumah

Nah itu dia 7 makanan anak kelinci umur 2 minggu yang wajib diketahui para pecinta kelinci. Makanan-makanan diatas harus diberikan sesuai porsinya. Jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan hal yang fatal.

Pos terkait