5 Cara Merawat Jalak Kebo Agar Rajin Bunyi Terbukti Berhasil

5 Cara Merawat Jalak Kebo Agar Rajin Bunyi Terbukti Berhasil

Keindahan bulu hitam pekat milik jalak kebo mampu membuat siapa pun tertarik untuk memeliharanya. Di samping warna bulunya yang indah memukau, jalak kebo memiliki bunyi cuitan yang sama indahnya. Namun, untuk mendengar cuitan yang indah diperlukan cara merawat jalak kebo agar rajin bunyi alias bersiul.

Merawat jalak kebo sebenarnya adalah hal yang mudah. Kunci utamanya adalah kesabaran dan ketelatenan. Jika sudah yakin akan kedua hal tersebut, lakukan langkah ini untuk merawat jalak kebo:

1. Jaga Kebersihan Kandang

Agar jalak kebo rajin bersiul, kebersihan kandang harus dijaga. Banyak manfaat penting yang didapat jika kandang burung hitam ini rajin dibersihkan. Kandang yang bersih membuat jalak kebo bisa hidup dengan sehat tanpa penyakit. Kebersihan kandang juga membuat jalak kebo nyaman dan bisa bersiul sekuat mungkin setelah bisa nanti.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Kutilang Agar Bersuara Merdu

Cuci kandang secara rutin dengan sabun dan air mengalir. Bersihkan kotoran burung jalak dengan telaten. Jangan lupa untuk mengganti air secara rutin, begitu pula dengan tempat makannya. Dengan begitu, jalak kebo dipastikan nyaman di kandangnya.

2. Mandi dan Jemur Jalak Kebo dengan Rajin

Selain membersihkan kandang, kebersihan jalak kebo juga harus diberi sorotan. Jangan biarkan jalak kebo menjadi dekil dengan debu atau kotoran menempel di sekujur tubuhnya. Kebersihan jalak kebo sendiri pasti berpengaruh pada kesehatannya. Tubuh yang kotor dapat membuat burung jalak kebo sakit dan tidak semangat berkicau.

Memandikan jalak kebo cukup dengan sprayer saja, jangan sampai basah kuyup. Setelah dimandikan, jemur jalak kebo dalam waktu tidak lebih dari satu jam. Memandikan jalak kebo lebih baik dilakukan saat hari masih pagi, sekitar jam 7-8 pagi. Jika terlalu siang, jalak kebo akan lemas.

3. Hindari Melatih di Bawah Terik Matahari

Untuk mempercepat dan membuat jalak kebo rajin berbunyi, haruslah dilakukan tahap pelatihan atau pemasteran. Pemasteran berguna untuk mengajari jalak kebo bagaimana cara berbunyi sekaligus mempercepat belajar bersiulnya. Pemasteran bisa dilakukan dengan modal audio bersuara burung jalak kebo yang sudah gacor.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Burung Cendet Cek Disini

Tahap pemasteran lebih baik dilakukan pada jam jam pagi saat matahari belum terik. Itu dikarenakan jalak kebo sangat tidak kuat terhadap sinar matahari yang terik menyengat. Terik matahari mampu membuatnya lemas dan tidak berdaya. Selain itu, hindari juga melatih saat matahari tenggelam. Lebih baik biarkan jalak kebo beristirahat.

4. Latih di Luar Sangkar

Tahap pemasteran harus tetap dilakukan sampai burung jalak kebo mulai mengeluarkan kicauannya. Namun, ada catatan penting mengenai cara merawat jalak kebo agar rajin bunyi, yaitu dengan melakukan pemasteran di luar sangkar. Pelatihan di luar sangkar bisa membuat jalak kebo merasa lebih bebas dan menyatu dengan alam.

Meletakkan beberapa biji bijian di tangan saat jam makan jalak kebo, burung hitam yang kelaparan itu akan keluar sendiri mencari makanan. Lakukan secara berulang sampai jalak kebo hafal dan menjadi jinak. Burung yang jinak akan lebih mudah dilatih untuk berkicau.

5. Beri Makan dengan Pakan yang Tepat

Terakhir, berilah makanan yang tepat pada jalak kebo. Makanan memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan setiap makhluk hidup. Dengan makanan yang benar dan sehat, jalak kebo dapat tumbuh dengan baik. Pertumbuhan yang baik dapat merangsang jalak kebo untuk terus berkicau aktif.

Jalak kebo bisa diberi dengan makanan buah seperti pepaya atau pisang. Meskipun begitu, jangan lupa untuk tetap memberinya pakan burung. Serangga kecil seperti jangkrik dan kroto juga bisa dimasukkan sebagai menu pilihan. Biji bijian juga termasuk ke dalam list makanan yang baik untuk jalak kebo.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

Sekian ulasan mengenai cara merawat jalak kebo agar rajin bunyi. Sangat disarankan untuk terus mengulang kelima cara tersebut hingga jalak kebo mulai berkicau dan terus berbunyi. Kembali lagi, kuncinya adalah sabar dan telaten. Ketika sudah berhasil bunyi, jalak kebo akan menjadi salah satu burung indah yang memiliki nilai jual tinggi.

Pos terkait