4 Mata Kuliah Public Relation Dasar dan Wajib Dikuasai

Mata Kuliah Public Relation Dasar dan Wajib Dikuasai

Program studi Public Relation adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana seseorang dapat membangun hubungan yang baik dengan masyarakat. Di program studi ini, mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Lalu, apa saja mata kuliah Public Relation yang dipelajari? Ini daftarnya:

1. Mata Kuliah Public Speaking

Mata kuliah Public Speaking ialah mata kuliah dasar yang harus dipahami mahasiswa Public Relation. Di dalam mata kuliah ini, akan dijelaskan bagaimana cara menyusun suatu konsep pembicaraan publik dengan menggunakan teknik atau seni. Serta keterampilan menyampaikan pendapat di depan publik.

Bacaan Lainnya

Setelah mempelajari Public Speaking ini, mahasiswa sebaiknya bisa menjelaskan serta mempraktekkan teknik berbicara di depan umum. Kemudian mahasiswa juga mampu mengolah dan mengatur diri untuk menyampaikan pesan dengan baik dan benar di depan umum. Pada umumnya, mata kuliah Public Speaking ini harus disertai dengan praktek secara langsung.

Baca Juga : 8 Daftar Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA

Public speaking juga menjadi suatu skill atau kemampuan yang harus dimiliki setiap orang dari latar belakang pendidikan apapun. Karena, dengan menguasai public speaking, diharapkan seseorang bisa berani menyuarakan pendapatnya di hadapan publik.

2. Manajemen Komunikasi

Selanjutnya ada mata kuliah Manajemen Komunikasi. Mata kuliah ini mempelajari perspektif, teori, dan konsep komunikasi dari berbagai aspek manajerial untuk kepentingan sumberdaya komunikasi. Secara umum, orang mengenalnya dengan ilmu mempengaruhi orang lain. Karena ilmu manajemen komunikasi memang berkaitan dengan cara menyampaikan suatu hal kepada orang lain.

Konsep dari mempelajari ilmu ini adalah memberi suatu hal bahwa pada hakikatnya ilmu komunikasi adalah sesuatu yang dapat dipelajari oleh siapa saja. Dengan menguasai mata kuliah manajemen komunikasi ini, diharapkan mahasiswa mampu menjadi komunikator yang baik dan mempunyai kredibilitas.

Baca Juga : Mata Kuliah Kedokteran Hewan, yang Bercita-cita Jadi Vet Wajib Tahu!

3. Public Relation Writing

Mata kuliah Public Relation berikutnya adalah Public Relation Writing, atau biasa disingkat menjadi PR Writing. Mata kuliah ini mempelajari suatu keterampilan menulis untuk menghasilkan suatu naskah yang diperlukan untuk kepentingan publik. Untuk mempelajari mata kuliah PR Writing ini, biasanya disertai dengan teknik jurnalistik layaknya wartawan.

Di dalam mata kuliah yang satu ini juga terdapat beberapa jenis penulisan hubungan masyarakat. Diantara jenis-jenis tersebut ialah siaran pers, surat pembaca, advertorial, brosur, press conference, dan masih banyak lagi.

Ketika mahasiswa mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang baik dan benar. Sebab PR Writing adalah bagian penting dari tugas pokok dan juga fungsi hubungan masyarakat itu sendiri. Sehingga harus benar-benar dikuasai dengan baik oleh setiap mahasiswa yang mempelajari mata kuliah ini.

4. Dasar-Dasar Komunikasi

Mata kuliah Dasar-Dasar Komunikasi juga menjadi salah satu bagian mata kuliah dasar dan wajib yang ada di jurusan Public Relation. Dengan mempelajari mata kuliah ini bertujuan untuk memahami prinsip dan konsep dari dasar-dasar komunikasi pada manusia. Di dalam mata kuliah ini akan dipelajari banyak hal terkait dengan komunikasi.

Mahasiswa akan mempelajari semua tentang komunikasi mulai dari pengertian, teori dan sejarahnya. Selain itu, terkandung juga proses mendengarkan dan penerimaan informasi. Juga mempelajari pesan verbal, pesan non verbal, kedudukan dan definisi persepsi.

Baca Juga : Apa Saja Mata Kuliah S2 Manajemen, Berikut Informasinya!

Mempelajari ilmu ini sangat penting untuk dapat menguasai teknik-teknik berkomunikasi yang benar. Diharapkan setiap mahasiswa yang mempelajarinya dapat dengan benar memahami dan mempraktekannya di kehidupan sehari-hari.

Demikian beberapa mata kuliah public relation yang dasar dan wajib dikuasai. Diharapkan mahasiswa dapat mampu menguasainya dengan baik dan benar serta mampu mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari.

Pos terkait