8 Daftar Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA

8 Daftar Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA

Pada sekolah menengah atas (SMA) para murid dibagi menjadi beberapa jurusan sesuai minat dan kemampuan. Pada umumnya jurusan di SMA terbagi tiga yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Untuk jurusan IPA itu sendiri tidak hanya mempelajari materi yang berkaitan dengan ilmu alam. Berikut daftar mata pelajaran SMA jurusan IPA pada sebagian besar sekolah SMA di Indonesia:

1. Bahasa Indonesia

Pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran dasar yang harus dipelajari bagi semua murid. Selain sebagai mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional belajar Bahasa Indonesia penting. Hal ini karena sebagai bahasa pengantar di dunia pendidikan. Mempelajarinya juga dapat melatih otak dalam menangkap suatu permasalahan. Oleh karenanya para siswa harus dapat mempelajari dan memahaminya dengan baik dan benar.

Bacaan Lainnya

2. Bahasa Inggris

Selain Bahasa Indonesia, saat duduk dibangku SMA para murid juga harus mempelajari Bahasa Inggris. Tentu saja karena Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Pada Ujian Nasional, Bahasa Inggris juga turut diujikan sebagai mata pelajaran penentu kelulusan. Para murid akan diajarkan tata bahasa serta kosa kata dalam Bahasa Inggris mulai dari vocabulary, grammar, speaking hingga reading.

Baca Juga : Ketahui 5 Materi Ujian Nasional Biologi SMA Berikut Ini!

3. Sejarah

Baik murid IPA maupun IPS sangat penting belajar mengenai sejarah. Mempelajari sejarah akan menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri. Disamping itu, para murid juga akan lebih menghargai dan mencintai tanah air. Mata pelajaran sejarah di SMA yang akan diajarkan diantaranya mulai dari zaman praaksara, jaman Hindu Budha, kerajaan Islam hingga proklamasi kemerdekaan RI.

4. Matematika

Melengkapi daftar mata pelajaran sma jurusan ipa yaitu Matematika. Pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang akan selalu dijumpai sèjak dari duduk di bangku SD bahkan SMP. Berhitung dapat menjadi cara untuk meningkatkan kinerja otak.

Bahkan banyak yang percaya bahwa dengan mempelajari matematika artinya otak akan terlatih untuk memecahkan masalah dan mencari solusi. Tidak heran jika pelajaran ini tetap akan dijumpai meskipun telah duduk di bangku SMA baik pada jurusan IPS maupun IPA.

Baca Juga : Berikut Materi Aljabar SMA Pembahasan Sifat dan Operasi Aljabar

5. Biologi

Mata pelajaran Biologi mempelajari struktur tumbuhan, genetika, klasifikasi makhluk hidup serta organ tubuh manusia. Bagi murid yang memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap organisme dapat mempelajari mata pelajaran ini secara mendalam. Pada saat jam pelajaran praktek para murid juga dapat mempelajari dan melihat keberlangsungan hidup organisme terkecil sekalipun menggunakan mikroskop.

6. Kimia

Mata pelajaran kimia terkenal dengan percobaan-percobaan dengan bahan kimia dan menghasilkan temuan baru yang luar biasa. Hal ini karena pelajaran ini memang mempelajari tentang struktur, sifat serta susunan dari suatu materi yang ada di alam.

Murid-murid akan belajar mengenai hukum kimia dasar, atom, senyawa, elektron hingga sistem periodik unsur. Belajar kimia akan membuat murid mengetahui apa saja unsur yang membentuk suatu zat. Seperti dapat mengetahui apa saja zat yang terkandung dalam makanan maupun produk-produk yang sering digunakan.

7. Fisika

Fisika masuk dalam daftar mata pelajaran SMA jurusan IPA yang terakhir. Pelajaran Fisika mempelajari tentang dasar pembentukan alam dan apa yang mempengaruhinya. Murid SMA jurusan IPA akan mempelajari ilmu fisika dasar seperti gaya, gerak benda, usaha, energi, keseimbangan, hukum pascal dan masih banyak lagi. Murid juga mempelajari terbentuknya alam semesta dan astronomi.

Baca Juga : Ketahuilah 5 Materi UTBK Ekonomi Sebelum Mengikuti SBMPTN

Jika mengacu pada pengertiannya, mata pelajaran IPA memang hanya berkaitan dengan alam yaitu Biologi, Kimia dan Fisika. Namun di Indonesia beberapa mata pelajaran umum seperti Bahasa, PKN dan sejarah masih dipelajari hingga bangku SMA.

Pos terkait