5 Cara Overclock Android Tanpa Root Yang Patut Dicoba

5 Cara Overclock Android Tanpa Root Yang Patut Dicoba

Setiap benda elektronik yang diciptakan di dunia ini memiliki masa pakainya masing masing, begitupun dengan android. Ponsel yang sudah lama dipakai akan menurun kondisinya secara perlahan sehingga diperlukan tindakan overclock root untuk meminimalisir kelemotan android. Namun, ternyata ada cara overclock android tanpa root yang dapat diandalkan oleh pengguna android.

Overclock diperlukan agar kinerja ponsel kembali membaik dibanding sebelumnya. Rooting android biasanya turut dibutuhkan, namun jika melakukan cara ini, kegiatan root tidak diperlukan lagi. Langsung saja, ikuti cara overclock android anti rooting berikut ini:

Bacaan Lainnya

1. Kurangi Aplikasi yang Tidak Terpakai

Penyumbang terbesar dalam hal memperlambat kinerja android adalah beban aplikasi yang tidak ringan. Aplikasi yang telah terinstal ini selalu berjalan, baik secara langsung maupun lewat latar belakang. Aktivitas aplikasi tersebut lama lama akan menumpuk dan menjadikan kinerja android menjadi lelet.

Baca Juga : 5 Cara Upgrade Android Oppo F1S Untuk Tampilan Lebih Keren

Kurangi beberapa aplikasi yang memenuhi ruangan. Cobalah untuk menghapus aplikasi yang jarang dipakai atau bahkan hanya pernah sekali dipakai. Perhitungkan juga aplikasi yang tidak terlalu penting namun memakan banyak ruang, kemudian hapus juga aplikasi tersebut. Dengan begitu, android dapat bernafas lebih lega.

2. Bersihkan Cache Secara Menyeluruh

Setiap aplikasi yang terunduh dalam ponsel pasti mengandung cache yang ukurannya semakin lama bisa membesar. Cache yang memberat ini sama fungsinya dalam membuat penurunan kinerja android. Maka dari itu, beban cache harus dibuang.

Hapus satu persatu cache yang terdapat di masing masing aplikasi terunduh. Lakukan hal ini secara rutin agar android tetap dalam performa yang bagus. Bila perlu, gunakan aplikasi pihak ketiga yang bertugas membersihkan sampah sampah aplikasi.

3. Kurangi Widget

Sedikit banyak widget memiliki pengaruh yang cukup untuk membuat android mengalami kemunduran efektivitas. Widget adalah macam macam tampilan yang terdapat pada layar beranda ponsel. Contohnya adalah tampilan musik, jam, cuaca, dan sebagainya.

Baca Juga : 2 Cara Memperbarui Android OPPO dengan Mudah Agar Bisa Menikmati Fitur Terbarunya

Tampilan widget ini sebaiknya dikurangi. Widget yang tidak terlalu penting lebih baik dihapus saja, menyisakan widget yang keberadaannya memang berguna. Cukup sisakan satu atau dua widget untuk dipakai sementara hapus lainnya. Dengan begitu, android tidak akan mengalami pemberatan beban kerja sehingga bisa kembali bekerja normal.

4. Matikan Tampilan Animasi

Mematikan tampilan animasi di ponsel adalah salah satu cara overclock android tanpa root yang tidak boleh dilewatkan. Tampilan animasi yang digunakan memang berguna untuk mempercantik tampilan ponsel, tetapi hal itu sekaligus bisa memberatkan ponsel di saat yang bersamaan.

Lebih baik tampilan animasi seperti live wallpaper dimatikan saja. Ganti dengan tampilan biasa yang lebih sederhana. Meskipun tampilan berubah biasa, itu lebih baik dibanding dengan android yang sulit digunakan karena mengalami kelebihan muatan beban.

5. Cara Overclock Android dengan Menonaktifkan Sesekali Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis adalah salah satu fitur yang cukup berguna di android. Fitur ini membuat android bekerja secara langsung dalam hal memasukkan seluruh informasi update mengenai ponsel. Sistem android akan terus update dan data aplikasi akan selalu menyajikan yang paling baru.

Meskipun begitu, ada kekurangan dalam sinkronisasi otomatis. Dikarenakan hidupnya update data secara terus menerus, otomatis android juga akan menerima hujanan update yang memakan ruang. Hal ini berdampak besar pada kinerja android yang semakin melemah. Nonaktifkan sesekali sinkronisasi untuk mencegah android menerima beban data yang terlalu banyak.

Baca Juga : 5 Cara Upgrade Android Yang Sudah Di Root Dengan FlashFire

Jika android memang berada dalam fase penurunan kualitas kerja, cobalah untuk mempraktikkan kelima cara overclock android tanpa root di atas. Jaga terus kondisi android agar jangan sampai memberat. Penggunaan yang baik dan teratur akan menjaga android berada di kondisi prima dalam waktu yang lama. Android akan lebih awet dan terawat.

Pos terkait