Cara Membuat Pelet Kelinci Agar Cepat Gemuk Dengan Bahan Alami

Cara Membuat Pelet Kelinci Agar Cepat Gemuk Dengan Bahan Alami

Ketika pemelihara kelinci tidak memiliki waktu untuk mencari sayuran hijau, maka pelet dapat diberikan sebagai gantinya. Pelet merupakan pakan kering yang dapat menjadi alternatif selain sayuran hijau untuk dikonsumsi oleh kelinci. Pelet ini dapat dibuat sendiri di rumah dalam skala kecil. Berikut ini cara membuat pelet kelinci agar cepat gemuk:

1. Siapkan Bahan dan Alat

Pertama-tama, yang harus disiapkan adalah bahan dan alat untuk membuat pelet kelinci. Bahan-bahan untuk membuat kelinci cepat gemuk ini seluruhnya berasal dari bahan alami yang mudah ditemukan. Berikut ini bahan-bahan untuk membuat pelet kelinci:

Bacaan Lainnya
  • Jagung giling atau menir jagung
  • Bungkil kedelai atau soy bean meal (SBM)
  • Dedak yang halus
  • Tepung tulang hewan ternak
  • Garam

Setelah semua bahan disiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan peralatan. Berikut ini peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pelet kelinci:

Baca Juga : 5 Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer, Bisa Dilakukan Di Rumah

  • Wadah plastik
  • Alat pengaduk
  • Penggiling daging
  • Wadah untuk menjemur pelet
  • Oven (opsional)

2. Campurkan Seluruh Bahan

Jika seluruh bahan dan peralatan telah siap, cara membuat pelet kelinci agar cepat gemuk adalah dengan mencampurkan seluruh bahan tersebut. Campurkan jagung giling sebanyak 42%, bungkil kedelai sebanyak 25%, dedak halus sebanyak 30%, tepung tulang dan garam masing-masing sebanyak 1,5%.

Seluruh bahan tersebut dimasukkan dalam wadah plastik hingga tercampur rata. Takaran jumlah bahan di atas telah disesuaikan untuk membuat kelinci menjadi gemuk. Tetapi takaran tersebut tidaklah mutlak, sehingga masih dapat disesuaikan kembali sebanding dengan kondisi kelinci yang dimiliki. Proses pencampuran ini bisa menggunakan tangan secara langsung.

3. Campurkan Air Hangat ke dalam Adonan

Setelah seluruh adonan tercampur rata, selanjutnya tambahkan air hangat ke dalam adonan. Air hangat ini ditambahkan agar pelet tidak hancur ketika dikepal. Campur kembali hingga air hangat dan adonan menyatu dalam wadah plastik tersebut. Adonan tersebut tidak boleh menjadi terlalu lembek, sehingga jangan menambahkan air hangat terlalu banyak.

Baca Juga : Keunggulan Jenis Kelinci Bligon dan Tips Beternaknya

Takaran pasti untuk air hangat ini tidak ditentukan. Jumlah air hangat seluruhnya disesuaikan dengan kondisi bahan-bahan yang telah dicampurkan sebelumnya. Air hangat bisa ditambahkan lagi jika adonan dirasa terlalu kering, tetapi ingat jangan sampai menjadi lembek. Jika merasa terlalu panas mencampurkan dengan tangan secara langsung, maka bisa juga menggunakan alat pengaduk.

4. Cetak Adonan dalam Penggiling Daging

Setelah tercampur rata, masukan adonan dalam penggiling daging. Alat penggiling daging ini digunakan untuk mencetak pelet. Jika adonan terlalu kering, maka hasil cetakan peletnya akan pecah. Itulah mengapa jumlah takaran air hangat dalam cara sebelumnya sangat menentukan hasil cetakan pelet ini.

Pencetakan adonan dalam penggiling daging ini bisa diulangi hingga 2 sampai 3 kali jika bentuk pelet yang keluar tidak memuaskan. Hasil pelet yang baik biasanya berbentuk lonjong yang agak memanjang. Semua hasil pencetakan pelet dapat ditampung dalam wadah sementara ataupun langsung dalam wadah untuk menjemur.

5. Keringkan Pelet

Hasil penggilingan dan pencetakan pelet tersebut biasanya masih memiliki kadar air di dalamnya. Untuk itu pelet perlu dikeringkan terlebih dahulu. Pelet dapat diletakkan dalam wadah seperti tampah. Setelah itu letakkan tampah tersebut di bawah sinar matahari secara langsung untuk mengeringkannya. Jemur hingga kadar air pada pelet benar-benar habis.

Jika memiliki oven, maka pengeringan dapat dilakukan di dalam oven sehingga hasilnya lebih cepat kering. Setelah kering, masukkan pelet ke dalam wadah plastik yang benar-benar tertutup rapat. Kemudian simpan pelet tersebut di tempat yang kering. Hal ini dilakukan agar kualitas pelet terjaga dalam kurun waktu yang panjang.

Baca Juga : 5 Cara Memberi Minum Kelinci, Pemula Wajib Tahu

Itulah cara membuat pelet kelinci agar cepat gemuk dengan bahan alami. Pelet yang telah dibuat selanjutnya dapat diberikan sebagai pakan untuk kelinci. Tetapi perlu diingat bahwa pelet merupakan makanan alternatif, bukan makanan utama. Jadi, tetap berikan makanan utama berupa sayuran hijau seperti kangkung agar kelinci menjadi lebih cepat gemuk.

Pos terkait