Tips Merawat Jenis Anjing Pomeranian Untuk Pemula

Tips Merawat Jenis Anjing Pomeranian Untuk Pemula

Anjing pomeranian adalah jenis anjing yang difavoritkan untuk menjadi hewan peliharaan. Merawat anjing jenis ini tentunya akan berbeda dengan anjing lainnya. Pomeranian dikenal juga dengan sebutan anjing toy karena memiliki hobi bermain dengan pemilik. Anjing pomeranian terkenal lincah, berani dan hiperaktif. Berikut adalah tips merawat jenis anjing pomeranian:

1. Perhatikan Porsi Makanan

Tips pertama untuk merawat jenis anjing pomeranian adalah memperhatikan porsi makanan. Anjing pomeranian memiliki sistem metabolisme lebih tinggi dari kebanyakan jenis anjing lainnya. Tempat makanan anjing tidak boleh sampai benar-benar kosong. Porsi makanan anjing jenis ini umumnya cukup banyak, dalam sehari bisa 3 hingga 4 kali makan.

Bacaan Lainnya

Makanan yang diberikan harus mencukupi kebutuhan nutrisi anjing. Makan pagi, siang dan malam bisa diberikan makanan anjing kering dan susu, sedangkan pada sore hari diberikan cemilan. Mengkombinasikan antara makanan kering dan makanan basah juga boleh dilakukan agar anjing tidak bosan.

Baca Juga : 5 Obat Untuk Anjing Muntah Busa Putih Dari Bahan Alami

2. Mandikan Sebulan Sekali

Anjing Pomeranian dikenal sebagai anjing rumahan yang aktif sehingga mandi sebulan sekali sudah cukup. Bulu lebat dan cantik harus selalu dirawat dengan mandi rutin, jika pomeranian aktif bermain di luar bisa lebih sering dimandikan. Memandikan anjing pomeranian harus menggunakan sampo dan kondisioner khusus anjing.

Mengeringkan anjing setelah mandi sebaiknya menggunakan sikat yang licin agar bulu bisa tertata rapi. Bulu yang kusut tentunya akan menjadi masalah setelah mandi selesai. Hal tersebut bisa diatasi menggunakan cairan anti kusut ketika merapikan bulu dengan tangan. Memandikan pomeranian selain menjadi aktivitas bulanan juga menjadi aktivitas sebelum memotong bulu anjing.

3. Siapkan Tempat Tidur yang Nyaman

Tips ketiga untuk merawat jenis anjing pomeranian adalah menyiapkan tempat tidur yang nyaman. Tidak seperti kebanyakan anjing lain yang membutuhkan kandang, pomeranian lebih membutuhkan tempat tidur. Membiarkan anjing pomeranian bergerak bebas di rumah tanpa kandang adalah pilihan terbaik. Pomeranian hanya butuh tempat tidur untuk beristirahat ketika lelah.

Kasur dan sarung bantal yang bersih dan wangi adalah hal wajib yang harus disediakan jika ingin memelihara anjing ini. Hal yang harus dilakukan jika tidak ingin anjing berkeliaran bebas di rumah adalah memberikan kandang yang luas. Anjing pada umumnya akan sangat mudah stres jika tidak melakukan aktivitas.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Baik

4. Luangkan Waktu untuk Bermain

Jenis anjing apapun akan senang jika diajak bermain tidak terkecuali pomeranian. Anjing yang terkenal lincah dan hiperaktif ini sangat senang jika diajak bermain bersama. Satu jam bermain bersama tentunya bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Bermain bersama anjing pomeranian juga dilakukan untuk melatih anjing lebih peka. Pilihan permainan yang bisa dilakukan misalnya dengan menyembunyikan mainan yang bisa digunakan anjing untuk bermain. Hal tersebut tidak sekadar bermain, tetapi melatih indra penciuman pomeranian.

5. Lakukan Perawatan Rutin Harian

Tips kelima dalam merawat jenis anjing pomeranian adalah melakukan perawatan rutin harian. Perawatan harian dilakukan sebagai bentuk kasih sayang dan tentunya untuk menjaga anjing dari penyakit tertentu karena tubuh yang kotor. Jenis perawatan harian yang bisa dilakukan adalah membersihkan gigi, memotong kuku dan membersihkan bagian telinga.

6. Melatih Buang Kotoran dengan Benar

Hal yang sering menjadi permasalahan ketika memelihara anjing adalah anjing sering membuang kotoran sembarangan. Membuang kotoran dengan benar harus dilatih sejak anjing masih kecil agar terbiasa dan bisa diajak hidup bersama

Baca Juga : 5 Jenis Anjing Pudel Paling Lucu dan Menggemaskan

Anjing pomeranian adalah anjing yang mengikuti kebiasaan yang dimiliki sejak kecil. Meninggalkan anjing sendirian di rumah tentunya akan lebih tenang jika sudah bisa membuang kotoran dengan benar. Cara melatih hal tersebut bisa dimulai dengan menyiapkan sekotak pasir dan diberi penanda bahwa itu tempat membuang kotoran.

6 tips tersebut bisa coba diterapkan dalam merawat jenis anjing pomeranian. Kasih sayang dan kesabaran adalah kunci dalam merawat segala jenis anjing.

Pos terkait