Resep Nasi Kuning yang Gurih dan Nikmat
Resep Nasi Kuning - Selingkaran

Resep Nasi Kuning yang Gurih dan Nikmat

Selingkaran.com – Nasi Kuning merupakan kuliner khas dari daerah Indonesia, biasanya nasi kuning dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti halnya ulang tahun, memperingati hari besar dan juga pada saat-saat selametan atau yang lainnya, dan ini biasanya identik dengan nasi tumpeng.

Rasa dari nasi kuning ini sama seperti halnya nasi uduk yang membedakannya hanyalah pada bagian warnanya, nah bagi netizen yang penasaran bagaimana cara membuatnya? yuk disimak resep nasi kuning berikut ini


Cara membuat Nasi Kuning

Bahan untuk Membuat Nasi Kuning

  • 1 kg gram beras super
  • 1500 ml air santal kental (pilih kelapa yang tua)
  • 4 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan diikatkan
  • 2 batang serai geprak sekali saja
  • 1 sendok garam
  • 2 jempol kunyit

Cara Pembuatan Nasi Kuning

  1. Pertama beras dicuci sampai bersih lalu tiriskan
  2. Parut kunyit setelah itu parutan dicampur dengan sedikit air, saring dan buang ampas kunyitnya
  3. Panaskan santan, tambahkan air kunyit, garam, daun serai dan daun salam sambil diaduk hingga mendidih, lalu masukan beras aduk terus hingga airnya habis dan menjadi aronan, lalu angkat.
  4. Selanjutnya siapkan panci untuk mengukus masukan santan didalam air kukusan, jika sudah mendidih masukan aronan beras , kukus kurang lebih ½ jam atau sampai benar-benar matang.
  5. Sajikan nasi kuning dengan tambahan ayam suwir, kering tempe, dan sambal.
  6. Jika ingin memasaknya dengan rice cooker caranya sama saja dengan kita memasak nasi, masukan beras, daun salam, air kunyit, daun serai, garam dan santan aduk hingga tercampur lalu masak sampai matang.
  7. Siapa yang ingin menikmati nasi kuning? Ngga harus menunggu sampai ada acara tentent hari-hari biasa pun kamu bisa membuatnya dengan mudah lohh.

Sebagai pelengkap nasi kuningnya anda bisa menggunakan ayam goreng, kering tempe, irisan telur dadar, sambal goreng, irisan mentimun dan masih bayak lagi, selamat mencobanya dirumah..

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook